4 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Muslimah saat Memakai Kerudung

Ilustrasi kerudung/headscarf/penutup kepala.
Sumber :
  • Pixabay/Smu93

Jakarta – Selain menjadi simbol keimanan dan identitas agama, hijab atau kerudung juga mencerminkan nilai-nilai seperti kesopanan, kerendahan hati, dan kepatuhan.

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Namun, dalam praktiknya, tidak sedikit wanita Muslimah yang berhijab mungkin lalai hingga melakukan beberapa kebiasaan yang salah.

Lantas, kesalahan apa saja yang kerap dilakukan wanita Muslimah dalam berhijab?

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

1. Hijab dipadukan dengan baju yang ketat

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

Salah satu kesalahan umum yang kerap dilakukan muslimah berhijab adalah memakai kerudung namun dipadukan dengan pakaian ketat yang memperlihatkan bentuk tubuh.

Jika Anda tidak menyukai baju yang tidak pas di badan alias longgar, ada baiknya memilih kerudung yang dapat menutup dada sehingga menciptakan penampilan yang sesuai jika memakai kerudung.

2. Tidak memperhatikan kombinasi warna

Kombinasi warna dan gaya pakaian adalah bagian penting dalam berhijab. Kadang-kadang, orang mungkin tidak memperhatikan keselarasan warna hijab dengan pakaian yang dikenakan. 

Selain itu, memahami jenis kain dan gaya hijab yang sesuai dengan bentuk wajah juga penting. Penting untuk selalu memperhatikan detail-detail ini agar penampilan tetap rapi dan sesuai dengan budaya berhijab.

Berburu Kerudung Model Artis di Tanah Abang

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

3. Tidak merawat rambut dengan baik

Meskipun rambut dan kulit tidak lagi terlihat secara langsung saat berhijab, itu tidak berarti kamu dapat mengabaikan perawatan mereka. Merawat rambut dan kulit adalah bagian penting dari menjaga kesehatan dan kecantikan. 

Kebanyakan orang yang berhijab mengalami masalah dengan rambut dan kulit terutama karena mereka tertutup sepanjang waktu. Oleh karena itu, perawatan rutin seperti perawatan rambut dan perawatan kulit adalah hal yang penting.

4. Mengabaikan keseimbangan antara modest dan fashionable

Seorang wanita Muslimah tidak harus mengabaikan gaya dan mode hanya karena dia berhijab. Namun, terkadang orang dapat terjebak dalam tren mode tanpa memperhatikan aspek kesopanan yang penting dalam berhijab. 

Itu sebabnya, penting untuk mencari keseimbangan antara menjadi modis namun tetap sopan sesuai dengan syariat agama. Kini sejumlah mode berbusana untuk muslimah dapat dengan mudah dijumpai di media sosial.

Ilustrasi Busana Muslimah

Photo :
  • Wearing Ameera
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya