Atasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata, 10 Bahan Ini Bisa Bantu Anda: Alami dan Efektif

Kantung mata hitam atau mata panda.
Sumber :
  • Freepik/stockking

VIVA Lifestyle – Munculnya lingkaran hitam di bawah mata merupakan hal yang lumrah. Meskipun terdengar lumrah, munculnya lingaran hitam ini kerap membuat penampilan jadi kurang menarik hingga akhirnya percaya diri pun hilang.

Denny Sumargo Gak Setuju Soal Ejekan Aura Magrib, Fuji: Aku Tahu Aku Cantik

Hal ini terkadang disertai dengan kulit kendur di sekitar mata, sehingga membuat mata terlihat longgar.  Baik pria maupun wanita pastinya sangat rentan mengalami lingkaran hitam. Mengingat, kebiasaan serta gaya hidup yang menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah area mata.

Beberapa di antaranya stres, kurang tidur, dan kelelahan adalah penyebab paling umum yang sering dialami kebanyakan orang. Kulit Anda mulai kehilangan kekencangan dan kolagen aslinya seiring bertambahnya usia.

Penampilan Sekarang Beda Banget, Kiky Saputri dan Zsa Zsa Bongkar Rahasia Makin Glowing

Pembuluh darah di bawah kulit Anda mungkin tampak lebih terlihat karena hal ini, sehingga area tipis di bawah mata mungkin tampak lebih gelap dari biasanya.  Kondisi lain mungkin membuat kulit Anda tampak lebih gelap, seperti pembengkakan di sekitar mata atau ketidakseimbangan cairan di sekitar kelopak mata bagian bawah.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Selain itu, seluruh mata bisa tampak lebih gelap karena mata hitam atau cedera pada area tersebut. Namun jangan khawatir, Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan banyak biaya untuk mengatasi masalah satu ini. 

Dengan memanfaat bahan-bahan alami yang ada di rumah, Anda bisa mengatasinya dengan sesegera mungkin. Jadi, apakah ada pengobatan rumahan untuk lingkaran hitam? Bagaimana cara menghilangkan lingkaran hitam secara alami di rumah? 

Jawabannya tentu ada, dalam artikel kali ini, kami telah menyajikan untuk Anda sederet bahan alami yang bisa membantu masalah tersebut. Namun sebelum Anda tahu solusinya, lebih baik kita cari tahu dulu penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Penyebab Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Kantung mata atau mata panda

Photo :
  • Freepik/KamranAydinov

Penyebab lingkaran hitam di bawah mata pada umumnya sama, yaitu karena kulit di area sekitar mata lebih tipis dan transparan ketimbang bagian wajah yang lain.

Kondisi kulit mata seperti itu tentu membuat jaringan halus dan pembuluh darah di sekitar mata tidak tertutupi dengan sempurna, sehingga tampak seperti lingkaran gelap.
Berikut sederet penyebab lingkaran hitam muncul di bawah mata, yang perlu Anda ketahui;

Kurang tidur

Saat kurang tidur, pembuluh darah di bawah mata melebar tapi retensi cairan meningkat.

Alergi

Saat hidung tersumbat karena alergi, aliran darah terhambat dan membuat pembuluh darah di bawah mata melebar dan menjadi lebih gelap. Hidung tersumbut juga bisa disebabkan oleh pembengkakan amandel.

Usia

Dalam kebanyakan kasus, seiring bertambahnya usia, lingkaran hitam muncul akibat pigmentasi.

Menekan Mata

Ketegangan pada mata akibat penggunaan komputer, telepon, televisi, dll. yang berlebihan dapat menyebabkan pembesaran pembuluh darah di sekitar mata, sehingga menyebabkan lingkaran hitam.

Anemia

Penelitian juga menunjukkan bahwa lingkaran hitam akibat anemia memiliki tingkat prevalensi lebih besar pada wanita. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam. Karena hemoglobin membawa oksigen, anemia dapat mengurangi aliran oksigen ke kulit, sehingga membuat kulit di sekitar mata tampak lebih gelap.

Paparan sinar matahari berlebihan

Kulit Anda terkena sinar UV yang berbahaya dapat menyebabkan peningkatan pigmentasi, sehingga area bawah mata tampak lebih gelap. Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan kulit bagian bawah mata menjadi kering dan berkerut sehingga membuatnya tampak lebih gelap.

Cara Atasi atau Meminimalisir Lingkaran Hitam

Sebenarnya cara paling mudah untuk mengatasi lingkaran hitam pada mata itu adalah dengan mendapatkan cukup tidur dan istirahat yang berkualitas.

Namun jika Anda ingin segera mengatasinya agar lebih cepat meminimalisirkan masalah tersebut, simak selengkapnya ulasan berikut ini dilansir dari salah satu sumber.

Kunyit.

Photo :

Minyak Almond Manis

Minyak almond ini mengandung sklerosani  Ini dapat membantu mengurangi tampilan pembuluh darah di bawah kulit dengan memperbaiki warna kulit Anda. 

Oleskan 2-3 tetes minyak almond manis pada bola kapas. Oleskan ke lingkaran hitam dan pijat ke kulit Anda. Biarkan semalaman dan bersihkan di pagi hari. Lakukan ini setiap malam sebelum tidur hingga lingkaran hitam memudar.

Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya mengandung aloesin, senyawa yang menghambat aktivitas tirosinasei  (Ini juga dapat menghidrasi kulit di area sekitar dan membuatnya kenyal.Ini dapat membantu mencegah pigmentasi berlebihan pada kulit Anda).

Ambil satu sendok teh gel lidah buaya dan pijat ke area yang terkena. Biarkan semalaman dan bersihkan di pagi hari. Anda dapat mengikutinya setiap malam hingga lingkaran hitam memudar.

Mentimun

Anda membutuhkan satu mentimun dan satu sendok teh gel lidah buaya. Haluskan bahan untuk membuat pasta kental. Oleskan pasta ini ke area yang terkena dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air biasa. Anda dapat mengoleskan pasta ini sekali setiap hari.

Ilustrasi tomat.

Photo :
  • Pixabay/Condesign

Tomat

Ini dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam yang muncul di bawah mata. Buat pasta dengan mencampurkan jus tomat dan lemon. Oleskan ini di sekitar mata Anda dan biarkan selama 20 menit. Bilas sampai bersih. Lakukan ini sekali atau dua kali seminggu.

Jus Lemon

Lemon merupakan sumber yang kaya akan vitamin C. Vitamin C menunjukkan sifat anti-pigmentasi dan dapat membantu meningkatkan ketebalan kulit di bawah mata. Hal ini dapat membantu menyembunyikan pembuluh darah yang terlihat akibat penipisan kulit dan mencerahkan lingkaran hitam.

Ekstrak jus lemon segar. Bubuhkan bola kapas ke dalam jus ini dan oleskan ke lingkaran hitam. Biarkan selama 15 menit dan bilas. Ulangi pengobatan ini dua kali seminggu selama 3-4 minggu.

Jus lemon dapat menyebabkan sensasi perih pada kulit Anda, jadi lakukan uji tempel sebelum mencoba obat ini. Selain itu, pastikan Anda mengoleskan tabir surya sebelum keluar rumah karena jus lemon dapat membuat kulit Anda  

Minyak Rosehip

Minyak rosehip mengandung proanthocyanidins yang menunjukkan melanogenesisi  yaitu produksi pigmen melanin dari melanosit yang menghasilkan pemutihan kulit. 

Oleh karena itu, produk ini dapat menghambat pigmentasi pada kulit di sekitar mata dan mengurangi lingkaran hitam.

Ambil beberapa tetes minyak rosehip. Encerkan dengan minyak kelapa dan oleskan pada lingkaran hitam dengan kapas. Biarkan semalaman dan bersihkan dari kulit Anda di pagi hari. Ulangi pengobatan ini setiap malam hingga lingkaran hitam memudar.

kstrak Licorice

Ekstrak licorice dapat mengurangi lingkaran hitam.  Ekstrak licorice mengandung glabridin, yang menghambat sintesis melanin. Efek ini dapat membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam.11

Ambil beberapa tetes ekstrak licorice dan aduk rata dengan kapsul vitamin K hingga Anda mendapatkan pasta yang halus. Oleskan pasta ini pada lingkaran hitam Anda dan biarkan selama 10 menit. Cuci sampai bersih. Anda dapat mengoleskan pasta ini tiga kali seminggu.

Yogurt

Yogurt mengandung L-sistein yang menghambat aktivitas tirosinase dan mencegah pigmentasi dan lingkaran hitam. Tambahkan satu sendok teh jus lemon ke dalam dua sendok teh yogurt.

Aduk rata, oleskan pasta ini ke lingkaran hitam, dan biarkan selama 15-20 menit. Cuci bersih. Anda dapat melakukan ini setidaknya dua kali seminggu. Catatan: Lemon dapat mengiritasi beberapa jenis kulit. Pastikan untuk melakukan uji tempel sebelum mencoba solusi ini.

Kentang

Bahan alami satu ini dapat membantu memudarkan lingkaran hitam di bawah mata Anda. Kentang ternyata mengandung asam azelaic yang dapat menghambat aktivitas tirosinase untuk mengurangi pigmentasi.

Ekstrak sekitar 1-2 sendok makan jus kentang ke dalam mangkuk. Oleskan jus tersebut pada lingkaran hitam dan biarkan hingga mengering. Bilas dengan air. Lakukan ini setidaknya dua kali seminggu.

Kunyit

Senyawa ini dapat membantu mencegah pigmentasi berlebihan pada kulit dan mengurangi munculnya lingkaran hitam.14

Ambil 3-4 helai kunyit dan rendam dalam seperempat cangkir susu selama kurang lebih 2 jam. Saring susunya dan oleskan pada kulit di sekitar mata Anda. Anda dapat mencucinya dalam waktu sekitar 10 menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya