Jadi Skincare Viral di Medsos, Ini Alasan Kulit Butuh Kandungan Ceramide

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

JAKARTACeramide belakangan ini menjadi salah satu kandungan skincare yang banyak dibicarakan oleh para beauty influencer di media sosial. Oleh karena itu, produk-produk yang mengandung ceramide pun kerap dicari oleh para netizen yang meyakini khasiatnya untuk kesehatan kulit.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Ceramide adalah salah satu jenis asam lemak yang secara alami terdapat di sel-sel kulit dan membentuk sekitar 50 persen lapisan kulit terluar atau epidermis. Ceramide sebenarnya bisa diproduksi secara alami oleh tubuh, namun kualitas dan jumlah yang dihasilkan dapat menurun seiring bertambahnya usia dan gaya hidup. Yuk, scroll untuk info lengkapnya.

Berkurangnya produksi ceramide secara alami dari kulit juga dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, penggunaan produk perawatan tubuh yang kurang tepat, hingga paparan polusi udara yang membuat kulit mudah kotor. Tetapi, kulit sangat membutuhkan ceramide untuk menjaga kelembapan dna kesehatannya. Maka dari itu dermatolog sangat menyarankan untuk memakai produk dengan kandungan ceramide.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Ilustrasi wanita.

Photo :
  • Freepik/benzolx

"Kulit kita kelembapannya dibuat oleh kadar air dan lemak yang tinggi. Ketika kadar lemak ini hilang, penguapan air jadi lebih tinggi dan kulit jadi lebih kering, mudah terkelupas, menimbulkan berbagai penyakit kulit seperti kemerahan dan gatal," ujar Dermatologist, dr. Ricky Maharis, dalam acara CeraVe Launch & Celebration with Watsons, di Jakarta, Rabu 31 Januari 2024.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Fungsi ceramide yang paling utama adalah untuk mengunci dan menjaga kelembapan kulit untuk mengatasi masalah kulit kering. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan kerusakan skin barrier yang mana dapat terganggu apabila kesehatan kulit tidak terjaga. Akibat dari kulit yang terlalu kering dan rusaknya skin barrier dapat memicu jerawat, perubahan warna, hingga muda teriritasi.

"Healthy dan glowing itu jangan terlalu kering tapi jangan terlalu berminyak, secukupnya lembap. Untuk yang lain seperti eksfoliasi, bisa memakai kandungan AHA, BHA, atau retinol. Tapi harus diingat bahan-bahan itu bisa bikin kulit kering dan iritasi makanya perlu pelembap tambahan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya