Empowerment Dikawinkan Wastra, Tersaji Apik di IFW 2024

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024.
Sumber :
  • IFW.

JAKARTA – Salah satu pagelaran busana terbesar, Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 berlangsung selama lima hari, mulai 27–31 Maret 2024 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC). 

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan

Dalam penyelenggaraannya di tahun 2024 ini, ada 300 desainer yang ikut ambil bagian menampilkan karya-karya mereka di IFW. Sederet koleksi busana dari berbagai desainer dipamerkan dalam gelaran IFW hari ketiga yakni pada Jumat, 29 Maret 2024. Yuk intip beberapa yang menarik. 

Empowerment by SFA
Desainer muda SFA - Sparks Fashion Academy, menjadi salah satu yang memamerkan karyanya dalam IFW 2024 hari ketiga. Kali ini, SFA mengangkat tema besar Empowerment, yakni menampilkan karya busana yang menceritakan kekuatan Kartini Modern di era saat ini.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

Akar budaya Indonesia menjadi kekuatan modernisasi dan menjadi ciri keunikan yang dipresentasikan dalam peragaan koleksi busana SFA kali ini. Koleksi-koleksi yang ditampilkan dibalut dengan kombinasi warna yang klasik terinspirasi dari warna-warna warisan budaya Indonesia.

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

Tiga desainer SFA berbakat yang terlibat antara lain Mira Jooe dengan labelnya Mierto, Dwi Wahyuni dengan labelnya Fiorellya by Dwee, dan Ersiyanti dengan label Flamor Azalea. Karya ketiganya didominasi dengan permainan perkawinan wastra dan budaya Indonesia dengan warna yang classic radiant dan cutting busana yang modern di setiap koleksinya.

"Pada acara ini, siswa dipersiapkan tidak hanya memperkenalkan karya kreatif mereka, namun juga menjadi pembelajaran untuk melihat potensi peluang pengembangan brand, berinteraksi langsung dengan market hingga peningkatan personal branding. Dan ini sejalan dengan program SFA yakni Turning Fashion into Business," kata Floery D. Mustika selaku Founder dan CEO SFA, saat konferensi pers.

Nine Round by Kinto Wardani 
Nine Round by Kinto Wardani, mengangkat gaya busana berkain menjadi tren mode busana keseharian ala Nine Round by Kinto Wardani, yang bisa dipakai untuk kegiatan kegiatan sehari-hari. Tema Sekar Jagad diusung dan menjadi Inspirasi dalam desain busana Nine Round by Kinto Wardani yang tampil dalam fashion show Indonesia Fashion Week 2024.

Busana-busana yang dipamerkan saat fashion show menampilkan keragaman dan keindahan bentuk, motif dari batik dan tenun, keragaman model dan detail-detail busana daerah Jawa dan Betawi, dan keragaman model busana kekinian yang sedang tren. Perpaduan keindahan warna, motif, gaya, dan bahan batik serta tenun, semua menyatu dalam keindahan saat fashion show digelar.

Modern Vintage by Hikmat Fashion 
Hikmat Fashion mempersembahkan koleksi dengan tema 'Modern Vintage'. Koleksi ini terinspirasi dari akulturasi budaya Arab dan modernisasi Jakarta, melalui ornamen seni Arabes dengan warna cerah berani khas Betawi. Sebanyak 12 abaya yang ditampilkan pada pagelaran fashion show IFW kali ini mengajak fashion enthusiast bernostalgia ke masa lalu. Di mana tiap desain yang dipersembahkan menceritakan proses akulturasi budaya Arab ke dalam gaya Betawi.

Modern Vintage menjadi konsep yang dominan dalam koleksi ini, dengan warna hitam dan benang emas yang menghadirkan corak Arabes yang memukau. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya