5 Ciri Kemasan Skincare yang Aman dan Memenuhi Standar, Jangan Cuma Lihat Isi dan Kandungan

Ilustrasi skincare.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA Lifestyle – Kemasan skincare memainkan peran penting dalam menjaga kualitas dan keamanan produk. Kemasan yang tidak aman dapat menyebabkan kontaminasi produk, mudah bereaksi dengan bahan-bahan skincare, dan bahkan membahayakan kesehatan pengguna.

Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta Pamerkan Hasil Inovasi di Ajang 2nd PBL Expo, Ini Karyanya

Oleh karena itu, penting untuk memilih kemasan skincare yang aman dan berkualitas. Berikut beberapa alasan mengapa memilih kemasan skincare yang aman dan berkualitas itu penting. Yuk, scroll!

Melindungi Produk dari Kontaminasi
Kemasan yang aman dan berkualitas dapat membantu melindungi produk skincare dari kontaminasi bakteri, jamur, dan mikroorganisme lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan pada produk dan berbahaya bagi kulit.

6 Rahasia Manfaat Ampas Kopi untuk Kesehatan Kulit dan Rambut, Bisa Bikin Awet Muda

Menjaga Kestabilan Produk
Kemasan yang tepat dapat membantu menjaga stabilitas produk skincare, terutama produk yang mengandung bahan-bahan aktif yang sensitif terhadap cahaya, udara, atau perubahan suhu. Kemasan yang tidak tepat dapat menyebabkan produk menjadi tidak efektif atau bahkan berbahaya.

Ilustrasi lotion/pelembap/skincare.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com
Komitmen DJKI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional Lewat Kekayaan Intelektual

Meningkatkan Keamanan Pengguna
Kemasan yang aman dan berkualitas harus dirancang untuk mencegah kebocoran, tumpahan, atau pecah yang dapat menyebabkan cedera pada pengguna. Kemasan juga harus bebas dari bahan-bahan berbahaya yang dapat bermigrasi ke dalam produk dan membahayakan kesehatan kulit.

Berikut ciri-ciri kemasan skincare yang aman dan memenuhi standar

Terbuat dari Bahan yang Aman
Kemasan skincare harus terbuat dari bahan yang aman untuk bersentuhan dengan kulit dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti BPA, PVC, atau ftalat.

Kedap Udara dan Cahaya
Kemasan yang kedap udara dan cahaya dapat membantu menjaga stabilitas produk dan mencegah kontaminasi.

Tahan Lama
Kemasan skincare harus tahan lama dan tidak mudah rusak atau bocor.

Memiliki Label yang Jelas
Kemasan skincare harus memiliki label yang jelas dan mudah dibaca yang berisi informasi tentang produk, seperti bahan-bahan, cara penggunaan, dan tanggal kedaluwarsa.

Memenuhi Standar Keamanan
Kemasan skincare harus memenuhi standar keamanan yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau organisasi terkait lainnya.

Bicara kemasan skincare, unit bisnis J99 Corp., Kosmepack, memperkenalkan beberapa produknya, di mana produksi kemasan untuk industri kosmetik masih menjadi bisnis utamanya. Kemudian, disusul food and beverages, jamu, houseware, dan industri kecil lainnya.

Untuk kemasan produk kosmetik, Kosmepack di antaranya memproduksi kemasan MS GLOW, Melia, KLT, Skin Theory, Beeganic, Kithosindo serta beberapa merek pendatang baru seperti Himawari, Moin, BBS dan masih banyak lagi. 

Riza P. Wicaksana selaku Direktur Kosmepack menyampaikan, Kosmepack merupakan one stop packaging shopping solution yang menyediakan berbagai kebutuhan kemasan, mulai dari kemasan primer, sekunder, hingga dekorasi pada kemasan untuk meningkatkan nilai jual produk. 

"Kami juga menyediakan konsultasi dan mock up desain gratis bagi pelanggan. Kualitas pun menjadi prioritas dan guideline kami dalam bekerja, dengan didukung oleh mesin high end untuk pembuatan produk paper printing dan plastic packaging," ujar Riza dalam keterangannya, dikutip Sabtu 25 Mei 2024. 

Lebih lanjut Riza mengatakan, semua proses produksi kemasan di Kosmepack telah terjamin kualitasnya sesuai standar sertifikasi ISO 9001:2015 serta didukung oleh tim yang ahli dan berpengalaman di bidangnya. 

Ganesya W. Pradana selaku CEO J99 Corp. menuturkan bahwa Kosmepack senantiasa menjunjung tinggi komitmen dalam memberikan produk dan layanan yang inovatif dan berkualitas.

"Agar bisa terus bersaing di industri packaging, Kosmepack sebagai bagian dari J99 Corp. terus tumbuh dan berkembang dengan dukungan orang-orang yang kompeten di bidangnya, memastikan seluruh customer mendapatkan layanan dan produk dengan standar kualitas terbaik," tutur Ganesya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya