3 Rahasia Rumah Bahagia, Bikin Jauh dari Stres dan Depresi

Ilustrasi rumah yang bahagia
Sumber :

VIVA – Apa yang dapat membuat rumah terasa nyaman dan membuat bahagia penghuninya? Pertanyaan itu sering terlintas di benak desainer interior ketika menata rumah. Mereka berupaya untuk meningkatkan kesehatan mental bagi yang menempati rumah itu.

Tak Boleh Kurang atau Lebih, Waktu Tidur Ternyata Berpengaruh pada Kondisi Mental

Ada beberapa unsur penting yang menunjang suasana rumah terasa nyaman, sehingga menjauhkan penghuninya dari stres dan depresi. Seperti dilansir dari The Times, Senin 29 Januari 2018, berikut ini.

1. Penerangan

Psikolog Bagikan Tips Jitu Merawat Kesehatan Mental Ibu saat Mengasuh Anak

Pencahayaan buruk sering dikatkan dengan depresi. Namun, sebuah studi mengatakan pencahayaan yang terang, seperti di rumah sakit atau laboratorium dapat meningkatkan fokus seseorang.

Menurut Ben Channon, sorang ahli kesehatan mental di Assael Architrcture mengatakan, setiap orang membutuhkan tingkat pencahayaan yang berbeda. Namun, terlalu sering duduk di tempat gelap, atau terlalu terang dapat memengaruhi ritme yang mengakibatkan sulit tidur dan berdampak negatif pada kesehatan mental.

Selena Gomez Pilih Rehat dari Sosial Media, Ternyata Ini Alasannya

2. Alam
Para ahli mengatakan bahwa hidup yang dekat dengan alam melahirkan manfaat untuk kesehatan mental. Karenanya, merupakan hal yang baik bila Anda meletakkan tanaman hias pada teras, atau menanam tanaman pada taman belakang, untuk menjaga hubungan dengan alam. Pikiran pun jadi lebih tenang.

3. Warna
Cara sederhana untuk memberikan kesan pada ruangan, yakni melalui warna. Kuning misalnya dapat merangsang pelepasan serotonin, yang dapat membuat bahagia, sedangkan hijau dan biru dapat melahirkan ketenangan. (asp)

Untuk mencapai kesehatan secara menyeluruh didukung oleh beberapa aspek. Sumber: Canva

Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat Soroti Kesehatan Mental Generasi Muda Indonesia

Lestari Moerdijat, atau yang akrab disapa Rerie, menekankan bahwa hanya generasi muda yang memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang kuat yang dapat mengatasi tantangan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024