Hindari Kesalahan Berikut Cegah Tungku Kompor Berkarat

Ilustrasi kompor
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA –  Bagi beberapa orang memasak menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan sekaligus terapi penghilang stres. Namun sayangnya, terkadang saat memasak, sisa-sisa makanan hingga minyak kerap tertinggal di permukaan kompor.

Intip Kompor Mewah BCL yang Jadi Sorotan Publik, Harganya Ditaksir Hampir Rp100 Juta

Perlu diperhatikan jika kita membiarkan sisa makanan dan minyak yang tertinggal di permukaan kompor bisa menimbulkan noda yang mengeras. 

Jika tetap diabaikan, noda tersebut yang mengeras dan kelembapan area dapur bisa membentuk karat pada kompor. Untuk menghindari terjadinya karat pada kompor penting membersihkan kompor dengan teratur. 

Kurangi Impor LPG, Program Kompor Induksi Bakal Dilanjutkan Sasar Masyarakat Mampu

Tungku atau burner kompor gas yang berkarat dapat dibersihkan dengan aman. Bagaimana? Berikut ini rangkumannya melansir laman the spruce.

Korban Tewas Ledakan Tungku Smelter di Morowali Jadi 19 Orang, Ini Daftarnya

1. Dinginkan 

Sebelum membersihkan komponen apa pun pada kompor gas, biarkan pembakar, jeruji, dan kompor tanam hingga benar-benar dingin.

2. Campurkan Larutan Sabun

Campurkan satu sendok makan cairan pencuci piring yang mengandung pembersih lemak ke dalam satu liter air. 

3. Rendam 10 menit

Angkat tungku kompor dan rendam dalam air sabun panas. Biarkan terendam setidaknya selama 10 menit. Saat direndam, inilah saat yang tepat untuk membersihkan sisa kotoran pada tungku kompor.

Jika lapisan porselen pada tungku kompor terkelupas dan dasar besi tuang terbuka, jangan masukkan tungku ke dalam air hingga terendam. Besi cor akan berkarat jika terkena air terlalu lama.

Idealnya, tungku yang terkelupas harus diganti atau ikuti langkah-langkah membersihkan tungku besi yang tidak dilapisi.

4. Gosok, Bilas, dan Keringkan

Setelah masa perendaman untuk menghilangkan partikel makanan, gunakan sikat atau scrubber nilon berbulu kaku untuk membersihkan sisa makanan.

Bilas dengan air panas dan keringkan dengan kain mikrofiber bebas serabut sebelum memasangnya kembali di atas kompor tanam.

5. Noda membandel 

Jika Anda sudah lama tidak membersihkan, mulailah dengan menggunakan soda kue. Campurkan tiga sendok soda kue dengan satu sendok air untuk membuat pasta. Sebarkan di atas tungku kompir dan sisihkan selama 20 menit.

Bilas lalu ikuti langkah pembersihan selanjutnya, rendam tungku hingga kotoran melunak dan bersihkan.

Berbicara mengenai kompor, MODENA meluncurkan koleksi ekslusif Mickey & Friends Series by Modena. Koleksi ini akan memanjakan dengan rangkaian produk dari lini cooking, cooling hingga cleaning termasuk built in Gas Hob, Portable Cooker, Portable Induction, Cooker Hood, Fry Pan, Water Dispenser, Electric Water Heater dan Gas Water Heater. 

Koleksi ini sendiri telah diluncurkan eksklusif sejak 8 September 2023. Sebagai informasi, hadirnya koleksi ini merupakan langkah lanjutan dari kesuksesan Marvel Series by MODENA yang diperkenalkan di tahun 2021 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya