Harga Tanah di Jakarta Tinggi, Gaji Pas-pasan Bisa Gak Sih Punya Rumah?

Ilustrasi rumah/hunian.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

JAKARTA – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2022, Jakarta menjadi kota dengan proporsi 'rumah milik sendiri' pada posisi terendah yaitu sebesar 50,57 persen secara nasional. 

Terlibat Narkoba Hingga Terlantarkan Keluarga, 3 Anggota Polisi di Tangerang Dipecat

Pengertian dari 'rumah milik sendiri' menurut BPS yaitu bangunan tempat tinggal yang dimiliki kepala keluarga atau salah satu anggota rumah tangga. Bangunan tempat tinggal yang dibeli secara angsuran melalui kredit bank juga dianggap sebagai rumah milik sendiri. Scroll untuk info selengkapnya.

Jakarta merupakan kota percontohan yang memperlihatkan bergeraknya roda ekonomi di Indonesia secara makro. Namun, di balik itu semua dilansir dari The Conversation dalam sebuah survei menemukan bahwa harga rumah yang tidak terjangkau menjadi salah satu hambatan untuk memiliki rumah di Jakarta. 

Pertunjukan Panggung Musikal Keluarga Cemara: Tawa, Haru, dan Kejutan Menanti!

Oleh karena itu, orang-orang kerap mencari alternatif dengan mencari hunian yang masih dekat dengan Jakarta namun harganya masih cenderung terjangkau, seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. 

5 Cara Jitu Renovasi Rumah Tanpa Bikin Dompet Kering

Wakil Direktur Utama PT Jaya Real Property, Tbk, Ir. Yohanes Hengky Wijaya, MM, mengatakan, kawasan Botanica di Bintaro bisa menjadi salah satu solusi, karena memiliki fasilitas lengkap dengan akses terbaik sehingga memudahkan mobilitas langsung ke Jakarta dan segala arah. 

"Ini merupakan jawaban dari kebutuhan konsumen yang menganggap harga tanah dan bangunan di Jakarta sudah tidak lagi terjangkau. Terlebih, Botanica Aralia merupakan kawasan  dengan tata letak yang sangat baik dan teratur sehingga menjadi salah satu nilai lebih untuk menjadi hunian idaman," ujar Yohanes dalam keterangannya, dikutip Sabtu 18 November 2023. 

Lebih lanjut Yohanes menjelaskan, Botanica Aralia mempunyai lokasi strategis sekaligus akses yang mudah karena memiliki dua akses tol yang terhubung langsung dengan Jalan Boulevard Bintaro Jaya yakni Gerbang Tol Pondok Ranji dan Gerbang Tol Parigi. 

"Botanica Aralia saat ini tersedia beberapa tipe bangunan di antaranya, Aralia 9 (9x16), Aralia 8 (8x16), dan Aralia 7 (7x16) dengan keunikan dari tipe-tipe tersebut yang bernuansa tropis," jelasnya. 

"Rumah contoh yang tersedia dilengkapi side yard dengan tanaman tematik dengan kombinasi material aluminium motif kayu se rta homogenous tile dengan motif batu alam menambah suasana modern tropis pada Botanica Aralia," imbuh Yohanes. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya