11 Aturan Aneh saat Upacara Pernikahan Pangeran Harry-Meghan

Serba-serbi Pernikahan Pangeran Harry-Meghan
Sumber :
  • REUTERS/Marco Djurica

VIVA – Hari ini, Sabtu 19 Mei 2018, dongeng di kehidupan nyata akan terjadi. Seorang aktris Amerika bernama Rachel Meghan Markle akan menikahi Pangeran Harry, dalam sebuah upacara di Kapel St. George di Kastil Windsor.

Pangeran Harry Resmi Daftarkan AS Sebagai Tempat Tinggal Utama, Tak Lagi Jadi Bangsawan Inggris?

Dilansir laman Marie Clare dan The Cut, mereka telah mengundang 1200 tamu di acara tersebut. Bahkan diprediksi akan ada 2640 warga ikut hadir menyaksikan upacara pernikahan sakral itu.

Namun, seperti dalam dongeng, banyak aturan tidak tertulis yang harus dipatuhi untuk para tamu yang akan hadir di acara tersebut. Sama halnya ketika Pangeran William dan Kate Middleton menikah, Ratu Elizabeth juga merilis panduan etiket acara sakral pernikahan kerajaan setebal 22 halaman.

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

Berikut 11 etika yang harus dipatuhi, saat menghadiri acara pernikahan keluarga kerajaan Inggris, termasuk saat pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry.

1. Wanita harus pakai topi yang tepat agar tak diejek

Meghan Markle Usir Wanita yang Dekat dengan Pangeran Harry

Kedengarannya cukup sederhana, tetapi ukuran sangat penting. Kenakan topi terlalu mewah dan Anda akan diejek selama sisa hidup Anda. Contoh kasus: Putri Beatrice di pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Topinya dibandingkan dengan "toilet duduk," "perangkat pengendalian kelahiran," dan "rahim". Bahkan lewat laman Facebook ada 140 ribu hinaan dan ejekan yang ditujukan untuk Putri Beatrice ketika itu.

Tetapi jika Anda memakai tutup kepala terlalu kecil, Anda tetap akan jadi pusat perhatian. Ketika istri Perdana Menteri David Cameron, Samantha, hanya mengenakan topi klip kecil berkilauan ke pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, tindakannya dianggap sebagai pengkhianatan. Klip itu seukuran croissant, tapi tetap, menunjukkan rasa hormat Sam.

2. Tidak boleh mengenakan perhiasan

Kadang-kadang wanita mengenakan perhiasan untuk pernikahan formal, tetapi menurut The Ladyship’s Guide to the British Season, hanya wanita yang menikah yang diizinkan untuk memakainya. Wanita lajang dilarang karena perhiasan mewakili pertunangan.

Ratu kemungkinan akan meminjamkan (atau memberi) perhiasan untuk Meghan untuk dikenakan pada hari besar. Jika ada tamu yang mengenakan perhiasan di hari besar Meghan, ini dianggap kecerobohan besar apalagi ketika pengantin wanita berencana mengenakannya. Jadi, akan lebih baik, tinggalkan perhiasan milik Anda di rumah jika ingin hadir di acara pernikahan khusus ini.

Pangeran Harry (kanan) menjelang pernikahannya dengan Meghan Markle (kiri)

3. Tidak Menggunakan Kamera atau Ponsel

Untuk melindungi privasi acara pernikahan besar ini, para tamu undangan diharapkan untuk tidak menggunakan kamera atau ponsel selama acara resepsi berlangsung, dan nanti pihak keamanan pun akan meminta para tamu undangan untuk menyerahkan ponsel mereka.

4. Tidak Salah dalam Berpakaian

Untuk semua tamu undangan diharapkan untuk tidak salah dalam menggunakan pakaian ke resepsi pernikahan pangeran. Para tamu pria diharapkan menggunakan jas dan pakaian formal sementara untuk wanita mengenakan gaun dan ciri khas lain yaitu topi.

5. Dilarang membawa Tas Besar

Untuk menghindari kekacauan dalam pernikahan akibat benda-benda yang tidak diinginkan ataupun hal lainnya, para tamu dilarang untuk membawa tas besar. Pihak keamanan akan sangat ketat menjaga sebelum para undangan memasuki area pernikahan.

6. Tidak ada Hadiah Pernikahan

Para tamu diharapkan untuk tidak membawa hadiah pernikahan ataupun kado pernikahan. Jika ingin memberi kado maka tamu harus memberikannya di waktu yang lain secara pribadi kepada kedua mempelai.

7. Dilarang Mendekati Ratu

Para tamu undangan diharapkan untuk mematuhi aturan protokol yang ada di dalam istana sewaktu pernikahan berlangsung, para tamu undangan diharapkan untuk tidak mendekati apalagi menyentuh sang Ratu.

Pada tahun 2009, Michelle Obama merangkul ratu, menyebabkan kegemparan di istana. The Daily Mail melaporkan, "Dalam 57 tahun, ratu belum pernah terlihat melakukan gerakan seperti itu dan tentu saja melawan semua protokol untuk menyentuhnya."

Myka Meier, pakar etiket Plaza Hotel, mengatakan, "Seseorang seharusnya tidak pernah menyentuh ratu kecuali dia mengulurkan tangannya kepada Anda."

8. Hindari menggunakan kata toilet saat ingin ke kamar kecil

Jika Anda membutuhkan kamar mandi, jangan pernah mengatakan kata toilet. Menurut aturan kerajaan, “Ini sebutan untuk kaum bawah orang-orang Inggris. Ini aturan yang sangat penting.

Pangeran Harry menjelang pernikahannya dengan Meghan Markle

9. Jangan mengatakan "Senang bertemu denganmu."

Logika di balik ini adalah bahwa jika Anda baru saja bertemu seseorang, bagaimana Anda bisa menyatakan pertemuan itu menyenangkan atau menyenangkan di awal hubungan?

Sebaliknya, beri salam kepada orang-orang dengan, "Bagaimana kabar Anda?" Dan jika seseorang tiba di sana lebih dulu, jawaban yang benar untuk pertanyaan ini bukanlah, "Baik, terima kasih," tetapi sebuah gema yang membingungkan dari "Bagaimana kabar Anda?"

Ibu Kate, Carole Middleton, melanggar aturan ini ketika bertemu ratu untuk pertama kalinya, dan menjadi berita utama nasional.

10. Sebelum Ratu selesai makan, Anda harus selesai lebih dulu

Jika Anda makan bersama ratu, maka Anda harus menyelesaikan makan begitu ia mengambil seteguk terakhirnya. Dan tamu, dilarang makan setelah dia selesai makan. Ini adalah aturan makan resmi.

"Pelayan istana akan berdiri di belakang ratu," kata Darren McGrady, mantan koki pribadi ratu yang sudah 11 tahun mengabdi. "Begitu dia meletakkan pisau dan garpunya, dia akan menekan tombol lampu untuk memberi tanda pada pelayan untuk masuk. Jika Ratu telah selesai makan, pelayan akan mulai membersihkan meja, bahkan jika Anda belum selesai, mereka akan membersihkan meja."

11. Pidato-pidato brutal

Tujuan dari pidato pernikahan Inggris adalah untuk mempermalukan pengantin pria dan pengantin wanita setidaknya selama 10 menit. Di pernikahan Pangeran William, Pangeran Charles, ayahnya sendiri, menggodanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya