WFH, 10 Tips Produktif Kerja dari Rumah Selama Wabah Corona

Ilustrasi belanja online/ ibu bekerja di rumah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Terkait merebaknya virus corona, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, memutuskan untuk meliburkan seluruh sekolah di Ibu Kota hingga dua pekan ke depan, di mulai hari ini, Senin, 16 Maret 2020. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Selain sekolah, beberapa perusahaan juga membuat kebijakan work from home (WFH), atau bekerja dari rumah untuk memastikan para stafnya aman dari infeksi COVID-19. 

Tetapi, bagi orang-orang yang terbiasa bekerja di kantor, bekerja di rumah dirasa kurang efektif karena suasananya sudah pasti berbeda. Supaya kamu tetap efektif dan produktif saat bekerja di rumah, berikut 10 tips yang bisa kamu terapkan, seperti dilansir dari Boldsky.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Pastikan daya ponsel dan laptop terisi penuh

Pastikan ponsel dan laptop kamu terisi daya, sehingga pekerjaan kamu tidak akan terganggu jika listrik tiba-tiba padam. Karena kamu tidak pernah tahu, kapan ada pemadaman listrik di rumah kamu. 

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Siapkan ruang kerja

Tidak perlu ruang kerja khusus. Kamu dapat mengatur ruang kerja di sudut ruang tamu atau kamar tidur. Kamu bisa mengatur meja dan kursi supaya kamu bisa bekerja dengan tenang dan nyaman. Dengan cara ini, kamu dapat mempersiapkan diri secara mental agar bisa bekerja secara efektif. 

Berpikir layaknya kamu bekerja di kantor

Bekerja di rumah mungkin bisa membuat kamu kurang fokus dan mudah bosan. Mandi, kenakan pakaian bersih, dan sarapan seperti yang biasa kamu terapkan sebelum ke kantor. Duduk di ruang kerja dan mulailah bekerja seperti yang kamu lakukan di kantor seperti biasanya. 

Jalani rutinitas efektif

Bekerja dari rumah bisa sangat efektif dan efisien jika kamu memiliki rutinitas yang tepat. Diperbolehkan bekerja dari rumah, bukan berarti kamu bebas bekerja kapan pun sesuai yang kamu inginkan. Cobalah untuk memulai pekerjaan di waktu yang sama dengan di kantor dan istirahatlah di waktu yang sama juga. 

Beri tahu anggota keluarga

Bekerja di rumah mungkin kamu akan menghadapi banyak gangguan, terutama jika kamu tidak tinggal sendirian. Karena itu, pastikan untuk memberi tahu anggota keluarga atau teman sekamarmu bahwa kamu akan bekerja di rumah. 

Tetap terhubung dengan tim

Penting untuk tetap terhubung dengan anggota tim kamu, entah bekerja di kantor atau di rumah. Kamu tetap bisa berkomunikasi via telepon, panggilan video, email dan pesan, untuk membagikan detail pekerjaan atau mendiskusikan pekerjaan kamu. 

Atur rapat online jika dibutuhkan

Jika ada kebutuhan untuk rapat, kamu dapat menjadwalkan dan mengatur pertemuan via online. Jika kamu berada di tempat yang memiliki zona waktu berbeda, informasikan kepada rekan kerjamu untuk memastikan semua orang dapat bergabung. 

Bagikan tujuan dan laporan kerja kamu

Penting untuk membagikan tujuan dan laporan kerja, baik pada rekan atau atasanmu. Kamu bisa mengirim email mengenai laporan kerjamu dan lain-lain, kepada siapapun yang terkait dengan pekerjaanmu. 

Patuhi etika kerja

Mau berada di kantor atau di rumah, kamu tetap harus mengikuti etika kerja. Misalnya, jika kamu menjadwalkan melakukan rapat online, pastikan semua orang yang terlibat merasa nyaman dengan waktunya. Jika kamu melakukan panggilan video, pastikan itu saat yang tepat untuk berbicara. Atau jika kamu melakukan rapat online, hindari mengenakan pakaian santai. 

Memotivasi rekan kerja

Cobalah untuk memberikan motivasi kepada tim kerjamu agar tetap tenang dalam menghadapi pandemi virus corona ini. Hindari memberikan komentar negatif pada rekan kerjamu. Cobalah memilah-milah pembicaraan, untuk menjaga efisiensi kerja dan bisa melanjutkan pekerjaan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya