6 Cara Hilangkan Stres saat WFH, Nomor Terakhir Paling Penting

Ilustrasi bekerja.
Sumber :
  • Pixabay/hamonazaryan1

VIVA – Work from home (WFH) atau bekerja dari rumah di masa pandemi virus corona atau COVID-19 awalnya terdengar menyenangkan. Selain lebih hemat, bekerja di rumah bisa bebas dan santai, tanpa perlu menggunakan pakaian rapi. Namun, lama-kelamaan, ternyata bekerja di rumah juga bisa membosankan, bahkan menimbulkan stres. 

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Ada banyak hal yang bisa membuat Kamu merasa stres saat bekerja di rumah, termasuk terlalu banyak gangguan, kurang fokus sehingga sulit berkonsentrasi, kurang tidur, kesulitan dalam menetapkan batasan dan lain-lain.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya seperti dilansir dari laman Boldsky, Kamis, 16 April 2020.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Atur rutinitas

Atur rutinitas untuk diri sendiri dan terapkan setiap hari. Bekerjalah tepat waktu untuk mencegah gangguan. Misal, selesaikan terlebih dahulu semua pekerjaan rumah tangga, baru kemudian pekerjaan kantor, supaya tak terganggu. 

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Tetap terhubung

Bekerja dari rumah bisa membuat Kamu merasa sedikit kesepian. Untuk mengatasinya, buatlah jaringan sosialmu sendiri yang dapat kamu ajak bicara setiap kali merasa bosan dan kesepian.

Sangat penting untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang memiliki pemikiran sama untuk berbagi cerita selama masa stres ini. 

Memotivasi diri sendiri

Mengatasi masa yang penuh tekanan ini, penting untuk memberikan penghargaan terhadap diri sendiri. Kamu dapat melakukannya dengan memecah tugas sehari-hari menjadi tujuan yang lebih kecil.

Kemudian, ketika mampu menyelesaikannya, hadiahi diri sendiri untuk pencapaian tersebut. Cara ini akan membuat kamu tetap termotivasi. 

Minta bantuan

Berada di rumah sepanjang hari bukan berarti Kamu mampu mengelola semua pekerjaan rumah tanpa bantuan. Jika melakukannya sendiri, ini bisa menjadi pemicu stres.

Mintalah bantuan pada pasanganmu, anak, saudara, atau teman-teman jika Kamu tinggal sendirian. Buat jadwal untuk semua tugas-tugasmu supaya terkelola dengan baik. 

Hindari multitasking berlebihan

Multitasking itu baik, tetapi melakukannya secara berlebihan tidak akan membuatmu fokus pada pekerjaan. Buatlah skala prioritas dan tinggalkan hal-hal yang tidak penting. Ini akan membuat multitasking jauh lebih mudah. 

Luangkan waktu untuk diri sendiri

Karena tak bisa keluar rumah, Kamu bisa menghilangkan stres dengan membaca buku, memasak makanan sehat, berjalan kaki 10 menit dan mendengarkan lagu saat beristirahat sejenak di tengah-tengah pekerjaan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya