Contoh Teks Prosedur Lengkap dengan Fungsi, Ciri, Jenis dan Struktur

Ilustrasi menulis I Photo by Jason Tharsiman on Unsplash
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Contoh teks prosedur sebetulnya telah kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Karena teks prosedur merupakan bahan tertulis dalam rangkaian langkah-langkah atau petunjuk untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, aktivitas, atau kegiatan.

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Teks prosedur juga dapat diibaratkan kamu memberikan arahan kepada orang lain untuk melakukan berbagai macam cara. Dalam dunia industri, teks ini lazim digunakan dalam setiap aktivitas produksi atau pemasaran. Tapi, tidak sedikit dari kita yang tidak mengetahui tentang teks prosedur.

Lantas, bagaimana sih contoh teks prosedur tersebut?

Buku Karya Penulis Israel yang Diduga Pengaruhi Zara Lepas Hijab Beredar di Indonesia

Definisi teks prosedur

Teks prosedur merupakan serangkaian kata tentang langkah-langkah sebuah kegiatan atau aktivitas tertentu guna menyelesaikan sebuah pekerjaan. Teks prosedur sangat dibutuhkan apabila kamu akan membuat atau menyusun sesuatu.

Kisah Mualaf Jeffrey Lang, Profesor Amerika yang Pilih Islam Usai Jadi Atheis

Fungsi teks prosedur

Teks prosedur digunakan untuk menunjukkan sebuah proses terjadinya kegiatan kepada para pembaca. Tentunya dengan harapan supaya pembaca dapat mempraktikkan apa yang telah dilakukan oleh penulis dalam serangkaian teks prosedur tersebut. Teks prosedur haruslah mudah dipahami agar dapat mencapai harapan penulis dan pembaca. Oleh sebab itu, penulis harus menggunakan kata dan kalimat yang efektif serta penggunaan paragraf yang tepat.

Teks prosedur sering digunakan oleh para penulis untuk memberikan petunjuk dalam melaksanakan atau membuat sebuah kegiatan. Petunjuk untuk melaksanakan sebuah kegiatan akan dengan mudah dipahami oleh para pembaca jika disajikan dengan teks prosedur yang baik.

Ciri-ciri teks prosedur

Teks prosedur memiliki ciri khas yang terdapat dalam teks prosedur, sehingga bisa dibedakan jenis teks ini dengan beberapa teks lain seperti teks eksposisi, teks anekdot, teks eksplanasi, atau jenis teks yang lainnya.

  • Pola kalimat yang dipakai adalah imperative atau kalimat perintah.
  • Menggunakan konjungsi atau kata hubung
  • Menggunakan kata keterangan untuk menunjukkan waktu, tempat, dan cara agar lebih akurat.
  • Kata kerja yang digunakan adalah kata kerja aktif.

Jenis-jenis teks prosedur

Teks prosedur juga memiliki beberapa jenis yang harus dipahami supaya dapat dibedakan. Pertama, teks prosedur sederhana yang umumnya berisi dua atau tiga langkah saja. Misalnya teks prosedur untuk menggunakan setrika.

Kedua, teks prosedur kompleks yang biasanya terdiri dari banyak langkah atau jenjang pada setiap tahapannya. Misalnya teks prosedur pembayaran tilang polisi. Ketiga, teks prosedur protokol biasanya terdapat langkah-langkah yang dapat dibolak-balik, namun tujuannya tetap tercapai. Misalnya teks prosedur memasak mie instan.

Struktur teks prosedur

Dalam membuat teks prosedur kamu harus memperhatikan beberapa bagian yag harus ada seperti bagian tujuan, material atau bahan, dan bagian langkah-langkah yang dapat dijelaskan secara singkat.

Bagian pertama: tujuan

Pada bagian awal, penulis umumnya akan memberikan penjelasan mengenai tujuan dari pelaksanaan atau pembuatan sebuah kegiatan yang akan dijelaskan. Penjelasan tersebut meliputi penjelasan kegiatan itu sendiri serta penjelasan capaian akhir yang diharapkan dan manfaat yang akan dicapai.

Bagian kedua: material atau bahan

Setelah menjelaskan kegiatan dan capaian akhir yang diharapkan, penulis akan memberikan penjelasan mengenai hal-hal apa saja yang harus disiapkan dan hal-hal apa saja yang akan dibutuhkan dalam pelaksanaan atau pembuatan kegiatan tersebut. misalnya alat dan bahan.

Bagian ketiga: langkah-langkah

Pada bagian ini penulis harus memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam membuat sebuah kegiatan. Langkah-langkah tersebut harus tersusun secara sistematis, mudah dipahami, dan logis.

Contoh teks prosedur sederhana menghidupkan motor matik

Motor matik adalah kendaraan roda dua yang mudah dikendarai, karena tidak ada pedal transmisi manual, kamu perlu mengoperasikannya saat ingin berjalan atau menambah kecepatan. Namun, menyalakan motor matic berbeda dengan motor manual biasa. Berikut cara menghidupkan motor matik.

  1. Masukkan kunci motor pada tempatnya (tombol rana) dan putar kunci sampai terbuka (menyala).
  2. Tekan tombol start di setir kanan dan tarik tuas rem belakang di stang kiri.
  3. Pastikan mesin moto metric dalam keadaan hidup dan siap.

Contoh teks prosedur kompleks cara membuat bihun goreng

Anda bisa mencoba beberapa resep bihun goreng ini di rumah. Bihun yang diolah dengan beberapa bumbu sederhana bisa menjadi sajian yang istimewa. Semuanya cocok untuk sarapan atau makan siang.

Bihunnya terbuat dari bihun, sehingga warnanya sering putih setelah direbus. Bihun biasanya diolah dengan cara digoreng atau direbus.

Bihun goreng merupakan jenis bihun yang sering diolah. Karena bihun goreng sangat praktis, bisa juga dijadikan sebagai kaldu. Bagi yang suka penggemar, mari kita membuatnya sendiri.

Bahan-bahan:

  • 4 sendok makan minyak sayur
  • 3 siung bawang putih yang telah dicincang halus
  • 10 ekor udang yang telah dikupas dan diiris kasar
  • 50 gram daging ayam
  • 2 batang sawi
  • 50 gram kol
  • 200 ml air kaldu
  • 200 gram bihung yang telah diseduh

Bumbu halus:

  • 4 sdm kecap manis
  • 2 sdm kecap asin
  • 3 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kaldu bubuk
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam

Tambahan:

  • 3 sendok makan bawang merah goreng

Cara melakukannya:

  1. Panaskan minyak dan tumis bawang putih.
  2. Masukkan udang dan ayam, aduk hingga berubah warna.
  3. Tambahkan sayuran dan bumbu lalu aduk sampai sayuran layu. Tuangkan air dan didihkan.
  4. Tuang bihun yang sudah direndam kemudian aduk sampai bumbu dan bihun tercampur rata.
  5. Angkat, taburi dengan bawang merah goreng, dan sajikan selagi panas.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya