5 Tips Memilih Warna Pintu Rumah Agar Semakin Nyaman

Ilustrasi pintu
Sumber :
  • Pixabay/ Qimono

VIVA – Tips memilih warna pintu rumah tidak bisa dilewatkan begitu saja. Karena, bentuk dan warna sebuah pintu merupakan gambaran dari karakter seorang penghuni. Kamu juga harus menyadari bahwa warna pintu rumah merupakan daya tarik tertentu untuk orang yang berkunjung. Hal ini tak terlepas dari adanya hubungan di antara desain dan dekorasi rumah, termasuk pemilihan warna dari pintu rumah, dengan karakter dan juga kondisi psikologis. Contohnya, kamu adalah orang yang ingin memperlihatkan karakter pribadi yang ceria dan selalu bahagia, kemungkinan besar kamu akan mengasosiasikannya dengan warna-warna yang cerah.

Meramaikan Destinasi Wisata Lewat Warna

Salah satu tandanya, saat ini banyak orang yang mewarnai rumah dengan berbagai warna yang kontras dengan warna dinding rumah yang dimilikinya. Apabila hal tersebut dilakukan dengan benar, maka rumah kamu akan tampak semakin menarik dan berbeda dari yang lainnya. Selain itu, pintu juga merupakan titik fokus nyata dari eksterior rumah kamu. mewarnai pintu rumah dengan warna favorit akan membuat tampilannya menjadi semakin menarik banyak orang yang berkunjung. Nah, bila kamu berniat untuk mengganti warna pintu rumah, berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memilih warna pintu rumah tersebut.

Lantas, Apa Saja Tips Memilih Warna Pintu Rumah?

Motor Listrik Ini Punya Baju Baru, Lebih Catchy dan Mencolok

1. Sesuaikan dengan Eksterior Rumah

Pintu depan rumah

Photo :
  • U-Report
Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Tips memilih warna pintu rumah yang pertama adalah dengan menyesuaikan pada gaya eksterior rumah. Tapi, bila kamu ingin menyelaraskan dengan tema rumah secara keseluruhan, kamu bisa memilih warna pintu rumah dengan warna yang netral, natural, atau hanya dengan memakai pelitur yang menunjukkan warna kayu. Bila rumah kamu mengusung tema kontemporer, kamu bisa memilih warna yang terang atau hijau terang.

2. Sesuaikan dengan Hiasan

Pintu rumah elegan.

Photo :
  • U-Report

Banyak orang yang tidak membuat tampilan pintunya menjadi semakin menarik dengan memakai hiasan-hiasan tertentu. Setidaknya kamu harus menyesuaikan dengan warna pintu dan berbagai bagian seperti gagang atau bingkai pintu. Kamu juga bisa memasang aksesoris lain dalam pintu seperti pengetuk pointu atau nomor rumah supaya dekorasi dari pintu rumah menjadi semakin cantik.

Tentunya kamu harus menyesuaikan seluruh aksesoris yang akan dipakai dengan gaya pintu. Saat ini, berbagai macam aksesoris banyak terbuat dari bahan kayu, alumunium, plastik, sampai besi. Contohnya, bila kamu mengusung pintu rumah dengan warna gelap, pemilihan aksesoris warna emas tentunya akan semakin mempercantik tampilan pintu rumah.

3. Sesuaikan dengan Kepribadian

Pintu dan Jendela rumah di Korea Menggunakan Kertas Hanji

Photo :

Tips memilih warna pintu rumah selanjutnya adalah dengan menyesuaikan pada kepribadian kamu. Tentunya kamu sudah memahami bahwa rumah merupakan cerminan dari kepribadian. Karena itu, kamu dapat memilih dan bahkan sangat diperbolehkan memilih warna pintu rumah sebaik dengan menyesuaikan pada karakter pribadi.

Bila kamu adalah orang yang tenang, warna pastel tentunya akan cocok digunakan ketimbang warna terang. Tentunya, dengan memilih warna yang kamu sukai akan semakin membuat nyaman untuk tinggal di dalam rumah.

4. Pakai Cat yang Sesuai

Pintu depan rumah sewaan Obama

Photo :

Tentunya kamu harus memakai cat yang sesuai dengan fungsinya. Untuk bagian luar, kamu bisa memakai cat yang memang ditujukan untuk eksterior rumah. Sedangkan untuk bagian dalam, kamu bisa menggunakan cat khusus interior. Sebab, memakai cat yang disesuaikan dengan warna akan membuat cat semakin awet.

Apalagi untuk bagian luar rumah, cahaya matahari akan semakin cepat menghilangkan pigmen warna dan warnanya akan semakin cepat pudar. Itulah sebabnya, kamu harus memakai cat eksterior yang mempunyai kandungan kimia yang bisa menahan pigmen warna tersebut, sehingga cat tidak akan cepat pudar.

5. Pakai Contoh Warna

Laba-laba raksasa di pintu rumah.

Photo :
  • U-Report

Bila kamu masih kebingungan dalam memilih warna cat pintu yang sesuai. Tidak usah khawatir, karena kamu bisa meminta contoh warna cat yang ada di toko bangunan dan kemudian menempelkan warna tersebut di dalam pintu maupun dinding eksterior rumah. Dengan demikian, kamu akan mengetahui apakah perpaduan warna antara warna tersebut nyambung dengan eksterior rumah atau tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya