7 Tips Memilih Concealer yang Benar dan Sesuai dengan Jenis Kulit

Ilustrasi Kantung Mata
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tips memilih concealer wajib diketahui oleh semua perempuan. Karena, tidak harus make up yang tebal di seluruh permukaan wajah untuk menutupi kantung mata, bekas jerawat, atau noda hitam lain, kamu hanya perlu concealer. Dalam penggunaannya, concealer dapat digunakan sendiri, tapi dianjurkan untuk memakai alas bedak seperti foundation/BB cream lebih dulu guna memperoleh hasil yang maksimal.

Fuji Pernah Insecure Lantaran Warna Kulit, Sampai Tak Mau Lakukan Hal Ini

Layaknya foundation yang mempunyai banyak shade, concealer juga begitu. Sebab, ini menyesuaikan dengan warna kulit pemakainya. Bagi sebagian orang, memilih concealer mungkin gampang-gampang susah. Tapi, kamu tidak usah khawatir karena telah hadir brand kosmetik yang mengeluarkan berbagai shade yang dapat dipilih sesuai dengan warna kulit kamu. Nah, untuk memperoleh concealer yang tepat, perhatikan beberapa ulasan berikut ini.

Lantas, Bagaimana Tips Memilih Concealer?

Tompi Tawarkan Operasi Kantung Mata, Hadiah untuk Capres-Cawapres, Siapa yang Mau?

1. Pilih Warna yang Sesuai

Kuas concealer

Photo :
Tips Ampuh Atasi Lingkaran Hitam di Mata Secara Alami

Concealer masuk ke dalam produk complexion sehingga kamu harus memilih warna yang tepat, sama seperti bedan atau foundation. Jika kamu melihat kode seperti C, N, dan W, berarti warnanya dibagi ke dalam rona kulit, mulai dari cool tone, neutral, dan warm tone. Kamu bisa mengecek tone kulit tersebut dahulu dengan melihat urat nadi yang berada di pergelangan tangan. Bila melihat warna hijau, berarti kamu masuk ke dalam kategori warm tone, warna biru berarti kamu masuk ke dalam kategori cool tone, sedangkan bila melihat kedua warna tersebut, maka tone kulit kamu adalah neutral tone.

2. Pilihlah Tekstur dan Coverage yang Benar

Layaknya foundation, concealer juga demikian, memiliki berbagai tekstur yang berbeda, mulai dari matte/glowing, sheer/light, medium, dan juga full coverage. Hal ini dapat disesuaikan dengan preferensi dan juga jenis kulit kamu. Contohnya, jika kamu mempunyai warna kulit kering dan menginginkan tampilan yang lebih natural, maka dapat memilih medium coverage dengan formula glowing.

3. Pilih Warna 1 Tingkat Lebih Terang

Yoona SNSD dengan mata berkantung

Photo :

Ketika kamu memakai concealer untuk area mata, kamu bisa memilih concealer yang mempunyai warna 1 tingkat lebih terang ketimbang warna kulit kamu. Hal ini supaya menampilkan tampilan mata yang lebih segar dan juga cerah. Kamu juga bisa memakainya untuk highlighter.

4. Pilih Warna yang Sesuai dengan Kulit Wajah

Sebaliknya, jika kamu ingin memakai concealer hanya untuk menutupi bekas jerawat, noda, atau flek hitam, maka wajib hukumnya memilih concealer yang sama persis dengan warna kulit kamu. Bahkan, lebih baik lagi juga menggunakan warna yang setingkat lebih gelap untuk memperoleh hasil yang lebih natural, ketimbang memakai concealer yang lebih terang.

5. Pilih Concealer Plus Color Corrector

Mengatasi kantung mata dengan air garam.

Photo :
  • U-Report

Jika kamu mempunyai masalah pada kantung mata yang sangat gelap atau kemerahan di area wajah karena jerawat, pilihlah concealer sekaligus color corrector. Color corrector sendiri merupakan produk make up yang berfungsi untuk menetralkan warna tertentu. Contohnya warna hijau dipakai untuk meredakan kemerahan, dan warna peach atau pink dipakai untuk menetralkan kantung mata yang kebiruan.

6. Gunakan dengan Baik

Kesalahan umum menggunakan make up adalah pembauran yang tidak nyambung, tidak cukup dicampur. Pastikan kamu menggunakan concealer dalam lapisan terlalu tebal yang akan terlihat menumpuk dan dapat pecah/keriput ketika wajah bergerak. Maka, aplikasikan sedikit demi sedikit dan baurkan dengan menepuk-nepuk, bukan dengan digeser sampai menyatu sempurna dengan kulit yang berada di area concealer.

7. Pilih Tools yang Benar

Wanita Korea dengan kantung mata.

Photo :
  • U-Report

Sejumlah concealer dan juga jenis kulit memerlukan tools guna membaurkan concealer dengan merata. Sebab, pembauran ujung jari akan membuatnya tampak lebih berantakan. Kamu dapat memakai spons make up atau kuas yang digunakan khusus untuk concealer. Selain itu, spons make juga ada ukurannya, kamu dapat memilih ukuran mini contohnya Aeris Baby Blendie yang sesuai untuk menggapai lekukan di sudut wajah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya