Awas! 7 Perkataan ini Bisa Menyakiti Hati Orang Lain

Ilustrasi Pertemanan.
Sumber :
  • Traveloka.com

VIVA – Ada beberapa perkataan yang bisa menyakiti hati orang lain sehingga kita harus selalu menjaga lisan supaya tidak menyinggungnya. Sebab, berkomunikasi adalah salah satu hal yang pasti akan dilakukan oleh semua orang. Berkomunikasi juga bisa berbentuk hal yang sangat penting atau sepele, semuanya tentu akan diucapkan bola lawan bicara membicarakannya. Tapi, ketika berkomunikasi, terdapat beberapa batasan supaya tidak menyakiti lawan bicara. 

Jangan Asal Pilih Teman, Begini Kata Ustadz Hanan Attaki

Hal ini tentu saja harus diperhatikan karena kamu perlu menjaga perasaan orang lain bila ingin mempunyai seorang teman. Karena luka yang dihasilkan oleh perkataan tersebut akan membekas dalam waktu lama dan bahkan sampai menghasilkan trauma yang tidak kasat mata. Apalagi bila perkataan-perkataan tersebut menyangkut hal-hal sensitif untuk lawan bicara sampai memantik adanya perdebatan.

Nah, berikut adalah ulasan mengenai perkataan yang bisa menyakiti hati orang lain

Ditanya Punya Teman Berapa, Ria Ricis: Nanti Aku Hitung Ketika Aku Lagi Ada Masalah

Lalu, Apa Saja Perkataan yang Bisa Menyakiti Hati Orang Lain?

1. Perkataan Meremehkan Kemampuan Orang Lain

5 Cara Jitu untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Orang yang suka meremehkan temannya.

Photo :
  • e-g-p.blogspot.com

Kamu perlu tahu bahwa tidak ada orang yang mau diremehkan walaupun hal sepele. Begitu juga saat kamu tengah mengobrol dengan lain, jangan sesekali menyinggung mengenai kemampuan yang dimiliki olehnya. Yakinlah bahwa perkataan tersebut hanya akan menyakiti hati orang lain karena diremehkan. Kamu harus paham bahwa setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Akan lebih baik apabila kamu selalu mengapresiasi kemampuannya tanpa menyinggung kelemahannya ketika mengobrol. Hal ini hukumnya wajib dilaksanakan supaya kamu dapat menjadi teman yang baik. Sebab, menjaga lisan ketika mengobrol dengan orang lain tentunya akan membuat lawan bicara dan kamu juga semakin nyaman. 

 2. Menyindir Secara Langsung atau Tidak Langsung

Ilustrasi berteman.

Photo :
  • U-Report

Kebiasaan buruk yang sering menyakiti hati orang lain ini dianggap oleh banyak orang adalah perbuatan sepele yang tidak masalah untuk dilakukan. Padalah, menyindir secara langsung atau tidak langsung, akan membuat orang tersebut merasa sangat kecewa dan terluka. 

Mereka akan berpikir bahwa apa yang sudah dilakukan seolah-olah tidak dianggap. Apalagi jika dalam kenyataannya sindiran tersebut sama sekali tidak benar. Tentunya yang bersangkutan akan semakin merasa sakit hati. 

3. Adu Nasib

Ilustrasi pria mengobrol.

Photo :
  • U-Report

Curhat adalah sebuah obrolan yang kerap dilakukan saat seseorang tengah mempunyai masalah. Bila ada teman yang tengah curhat kepada kamu, sebisa mungkin kamu harus berusaha supaya bisa menampung keluh kesahnya. Kamu juga perlu menjadi seorang pendengar yang baik, karena ia sedang membutuhkannya. 

Hindari untuk mengadu nasib saat ada orang yang tengah bercerita. Contoh dari hal ini adalah dengan membandingkan masalah yang kamu miliki. Hal ini tentu saja akan sangat tidak sopan lantaran dia hanya membutuhkan telinga bukan untuk dibanding-bandingkan. 

4. Membanding-bandingkan

Ilustrasi membanding-bandingkan orang lain.

Photo :
  • U-Report

Membanding-bandingkan orang yang bersangkutan tentu saja akan menyakiti hati orang tersebut, bahkan ia akan merasa direndahkan dan kehilangan semangat. Sementara itu, kamu tidak mengetahui apa yang telah dialami dalam hidupnya. Jadi, jangan seenaknya kamu menjatuhkan harga diri dengan membandingkan dia dengan orang lain yang lebih baik.

Tanpa disadari, hal ini akan sangat menyakiti hati orang lain dan sampai membekas. Meskipun ia memunculkan senyuman di wajahnya, tapi percayalah bahwa hatinya tengah menangis karena sudah dibanding-bandingkan. 

5. Menyinggung Keluarga

Ilustrasi mengobrol.

Photo :
  • U-Report

Perkataan lainnya yang tidak boleh diucapkan kepada orang lain adalah berhubungan dengan keluarga. Apalagi saat kamu tengah bercanda, jangan sesekali berkata hal-hal buruk yang berhubungan dengan keluarga. Ingat bahwa masalah keluarga adalah masalah pribadi. 

Sebagai orang asing dan teman biasa, kamu tidak diperkenankan untuk menyinggung apa saja yang berhubungan dengan hal itu. Bayangkan saja bila ada seseorang yang menghina keluarga kamu, tentu saja kamu akan merasa sakit hati. Maka dari itu, kurangi hal tersebut, ya!

6. Mengungkit Masa Lalu

Masa Lalu

Photo :
  • U-Report

Hanya karena kamu merasa sudah mengenal seseorang secara dekat, bukan berarti kamu memiliki hal untuk mengorek-ngorek masa lalu dari orang tersebut. Apalagi jika masa lalu tersebut merupakan hal yang sangat menyakitkan dan bukan sesuatu yang indah untuk diingat. 

Membicarakan kembali masa lalu hanya akan menimbulkan kesedihan dan luka yang mendalam. Apalagi bila kamu membahas masa lalu tersebut di depan orang banyak, bukan hanya kecewa, dia juga akan merasa malu dan marah. 

7. Menanyakan Hal Pribadi

Ilustrasi berbicara.

Photo :
  • U-Report

Ingat pertanyaan yang mungkin kita anggap sepele, justru akan menjadi bumerang. Bila sampai menanyakan pertanyaan yang tidak tepat kepada seseorang, maka kamu akan membuat luka orang dengan menciptakan kesedihan di hati orang tersebut. 

Mulai saat ini, sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam mengajukan pertanyaan, terutama untuk yang sifatnya basa-basi. Jangan sampai kamu menyakiti hati orang lain lantaran bertanya mengenai sesuatu yang sangat sensitif atau pribadi. 

8. Bercanda Kelewat Batas

Ilustrasi bercanda.

Photo :
  • U-Report

Tentu kita tahu bahwa bercanda adalah untuk memecahkan suasana supaya tidak canggung. Ketika bercanda, kamu mungkin sering melontarkan kalimat-kalimat secara tidak sengaja. Bahkan tidak jarang tanpa disadari kamu malah mengucapkan sesuatu yang menyakiti hati orang lain. 

Maka dari itu, kontrol diri kamu walaupun tengah bercanda dengan teman-teman. Karena, bila berlebihan, kamu juga yang akan menanggung akibatnya. Karena bercanda yang kelewat batas tentu saja akan menyakiti hati orang lain. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya