10 Prospek Kerja Lulusan Manajemen, Bisa Jadi Profesi Masa Depan

Ilustrasi kuliah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Salah satu jurusan perkuliahan yang banyak diminati adalah manajemen. Meski demikian, tak sedikit yang ragu karena masih belum mengetahui prospek pekerjaan dari jurusan ini.

Perkuat Sektor Jasa Keuangan, OJK Gandeng Asosiasi Profesi

Sebelum memilih jurusan kuliah, anak-anak tentu harus tahu pilihan pekerjaan yang didapat dari jurusan yang mereka pilih. Selain itu, mereka pun bisa dengan mudah menjalani pendidikan bila sesuai minat.

Lantas, apa saja profesi yang bisa digeluti oleh lulusan manajemen? Berikut penjelasannya.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Peminatan jurusan manajemen

Ilustrasi kuliah.

Photo :
  • U-Report
IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Peminatan ini bisa ditemui di berbagai universitas. Peminatan itu di antaranya:

- Manajemen keuangan
- Manajemen pemasaran
- Manajemen industri
- Manajemen sumber daya manusia
- Manajemen informasi
- Manajemen dan bisnis
- Manajemen dakwah

Setiap peminatan tersebut tentu akan mempelajari hal berbeda yang disesuaikan dengan minat anak. Maka, penting untuk berdiskusi dan memikirkan peminatan mana yang sesuai dengan minat dan cita-cita anak.

10 prospek kerja jurusan manajemen

Beberapa profesi yang bisa digeluti oleh lulusan manajemen di antaranya adalah:

Konsultan bisnis

Konsultan bisnis sangat diperlukan oleh setiap perusahaan. Seorang konsultan bisnis bisa memberikan ide dan masukan kepada sebuah perusahaan bagaimana cara untuk mengatur perusahaannya. Mulai dari mengatur pegawai, mengatur keuangan perusahaan hingga bagaimana menghasilkan profit yang maksimal sehingga perusahaan bisa bertahan lama.

Mengingat perannya yang sangat penting, profesi ini dibutuhkan setiap saat dan tidak akan bisa digantikan oleh teknologi. Sehingga menjadi seorang konsultan bisnis merupakan profesi yang menjanjikan.

ilustrasi pekerjaan

Photo :
  • U-Report

Bagian penjualan

Sama dengan konsultan bisnis, bagian penjualan atau sales juga akan dibutuhkan setiap saat oleh perusahaan. Semua bidang industri akan membutuhkan bagian penjualan, baik untuk menjual barang atau jasa. Seorang sales harus mengetahui secara detail produk yang ditawarkan perusahaannya.

Metode penjualan yang digunakan pun saat ini semakin beragam seiring dengan berkembangnya teknologi. Besarnya peranan seorang sales membuatnya sering disebut sebagai garda terdepan. Sebab, keberhasilan suatu perusahaan salah satunya idtentukan dari hasil penjualannya.

Dosen

Dosen juga bisa menjadi salah satu prospek pekerjaan jurusan manajemen yang bisa menjadi profesi masa depan anak. Hanya saja, biasanya untuk menjadi dosen, harus melanjutkan kuliah ke jenjang S2.

Bila ingin menjadi dosen, Anda juga diharuskan menguasai semua materi agar bisa meneruskannya kepada mahasiswa. Saat menjadi dosen, Anda bukan hanya bisa mendapatkan gaji, tapi juga bisa mengamalkan ilmu kepada semua mahasiswa.

Ilustrasi belajar di kelas.

Photo :
  • U-Report

Pegawai bank

Bukan cuma menjadi teller, profesi di bank bagi lulusan manajemen juga bisa menjadi seorang analis keuangan hingga manajemen risiko keuangan.

Saat ini banyak bank yang beroperasi di Indonesia, mulai dari bank pemerintah hingga bank swasta. Bank juga menjadi salah satu industri yang tidak akan pernah mati, bahkan di masa pandemi seperti saat ini. Sehingga, prospek kerja di bank akan selalu ada setiap saat tanpa mengenal zaman.

Masih ada beberapa profesi lain yang bisa digeluti lulusan manajemen. Baca selengkapnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya