Cari Cincin Lamaran atau Pernikahan? Simak 3 Tips Ini

Ilustrasi cincin tunangan/ ilustrasi diberi cincin
Sumber :
  • Pixabay/Courtney

VIVA – Banyak hal yang dipersiapkan jelang lamaran. Memang semua harus dipersiapkan dengan matang oleh calon pengantin agar nantinya proses lamaran menjadi berkesan. Salah satunya dari cincin yang akan dikenakan sang calon mempelai wanita.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Tentunya anda ingin memberikan yang terbaik bagi pasangan, namun tidak harus mengeluarkan uang lebih banyak dari budget yang sudah ditentukan untuk membeli cincin untuk lamaran. Hal terpenting setelah melamar adalah mempersiapkan pernikahan dan kehidupan setelah menikah dan semua itu masih membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Berikut beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk mendapatkan harga yang relatif murah saat akan membeli cincin untuk lamaran pernikahan dikutip dari laman gallery-kohinoor.

Soal Cincin di Jari Manis dan Dilamar di Bali, Ini Kata Syifa Hadju

1. Pilih material yang tepat

Ilustrasi Cincin

Photo :
  • gallery-kohinoor
Beda Gerhana Matahari Total, Cincin, Hibrida dan Sebagian

Untuk meminimalkan biaya, anda dapat memilih material cincin pertunangan yang lebih terjangkau daripada emas putih yang cenderung lebih mahal, contohnya paladium dan emas kuning. Meski demikian, umumnya calon pengantin juga kerap memilih bentuk yang tipis. Pilihan ini berisiko patah apabila material cincin berkualitas rendah.

"Karena cincin akan dipakai dalam waktu lama, maka sebaiknya harus memilih material yang baik, agar nantinya awet dan tidak mudah rusak," ujar Amir Hamzah, yang merupakan owner dari CV KOHINOOR, yang bergerak dalam bidang jual beli emas, baik batangan maupun aksesories. 

2. Manfaatkan potongan harga

Ilustrasi diskon atau sale.

Photo :
  • Pixabay

Tidak ada salahnya membeli cincin tunangan saat toko emas memberikan potongan harga. Dikutip dari akun Instagram @gallerykohinoor, seringkali toko emas menawarkan promo spesial menjelang akhir tahun dan hari Valentine dan lainnya.

3. Tidak harus cincin berlian

Cincin pertunangan

Photo :
  • Etsy.com

Sebenarnya tidak ada aturan yang mewajibkan cincin tunangan dan pernikahan harus berupa berlian. Jika Anda ingin berhemat, ada banyak jenis batu permata lainnya yang juga indah, namun harganya lebih hemat dan lebih terjangkau daripada berlian.

Jadi untuk membeli cincin dan juga emas yang dibutuhkan, perlu kecermatan dan kecerdasan anda dalam membelanjakan uang, agar mendapatkan cincin emas yang diinginkan dengan harga yang lebih terjangkau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya