8 Kebohongan Dunia Terbesar Sepanjang Sejarah 

Tembok Besar China.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kebohongan dunia terbesar masih saja membuat orang ingin tahu. Kita semua tahu, bahwa tidak boleh mempercayai semua yang Anda lihat pada internet, tapi nyatanya kita juga tidak boleh percaya dengan semua yang diajarkan di sekolah, baik buku teks kita dipenuhi dengan informasi yang salah dan berlebihan.  Seperti beberapa kebohongan dunia terbesar berikut ini, yang nyatanya memiliki sejarah yang cukup panjang.

Kisah Seorang Wanita Nge-prank Presiden Soeharto dan Masyarakat Indonesia Sampai Bikin Heboh Dunia

1. RRC

Ketika Anda memikirkan keajaiban dunia, apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran Anda? Machu Picchu Piramida atau Tembok Besar China? Bagi kami itu yang terakhir dan untuk alasan yang baik karena keajaiban dunia lain yang terlihat dari luar angkasa persis tapi inilah yang disebut dengan Tembok Besar itu, bahkan yang besar kebenarannya adalah bahwa hal itu tidak dapat dilihat dari luar atmosfer kita,  Bahkan dari bulan yang skema besar alam semesta relatif dekat itu masih tidak terlihat.

Singgung Pemilu, Buya Yahya: Jangan Membuat Kecurangan Palsu dengan Menuduh Orang Lain Curang

Menurut NASA dengan mata telanjang tidak dapat melihat dinding dari orbit rendah Bumi. Meskipun panjangnya 13000 170 mil, sementara itu adalah mahakarya teknik kuno itu tidak sebesar yang Anda pikirkan.

Dalam hal lebar itu hanya 20 kaki di bagian bawah dan 16 kaki di atas. Mitos ini pertama mulai beredar pada 1700-an . Namun itu sebelum kita berhasil mencapai bulan atau mulai menempatkan satelit ke luar angkasa. Sementara lebih dari 10 juta orang mengunjungi Tembok Besar China yang berkelok-kelok setiap tahunnya. 

Pria Israel Ngaku Jadi Korban Serangan Hamas Agar Dapat Sumbangan

2. George Washington Chopped Down A Cherry Tree

Cerita berlanjut bahwa George Washington muda berusia sekitar enam tahun ketika dia diberi kapak yang dengan antusias dia gunakan untuk memotong apa saja yang terlihat. Suatu pagi, dia bahkan menebang pohon ceri, dan akhirnya menebangnya.

Ketika dihadapkan tentang hal itu oleh ayahnya, George ragu-ragu tetapi mengatakan kepada ayahnya, "Saya tidak bisa berbohong." Dia mengakui kejahatan itu. 

Alih-alih menghukum George karena menebang pohon, ayahnya mengatakan bahwa kejujuran putranya lebih berharga daripada seribu pohon. Ini dimaksudkan untuk menjadi cerita yang merupakan pelajaran dalam integritas, dan menunjukkan salah satu dari banyak kebajikan yang seharusnya dilakukan Washington. Tapi apakah ada kebenaran dari cerita itu?

Pertama kali diterbitkan oleh penulis biografi Parson Weems pada tahun 1809, sepuluh tahun setelah kematian Washington, cerita tersebut dilaporkan berasal dari seorang tetangga tua yang tidak disebutkan namanya yang diduga mengenal Washington sebagai anak laki-laki. 

Namun, itu adalah satu-satunya sumber sejarah dari cerita tersebut, dan sebagai sumber yang sah, itu tidak terlalu kredibel. Sangat sedikit yang diketahui tentang masa kecil George Washington, terutama hubungannya dengan ayahnya, yang meninggal ketika Washington baru berusia sebelas tahun. 

Mengingat bahwa Weems diketahui telah menyalin dan mengadaptasi beberapa cerita "George Washington"-nya dalam "biografi" dari cerita rakyat Inggris untuk menggambarkan berbagai sifat yang seharusnya ditunjukkan George Washington dalam sekop ketika dia dewasa, dan bahwa Weems tidak memberikan bukti kuat untuk itu. Kembali ke kisah khusus ini, sejarawan saat ini menganggap kisah pohon ceri sebagai fiksi yang lengkap.

George Washington bapak pendiri yang menjabat sebagai Presiden pertama Amerika Serikat dari tahun 1789 hingga 1797. Kami selalu diberi tahu tentang kisah terkenal tentangnya bersama sang ayah di pohon ceri. 

George Washington pada usia enam tahun diberikan kapak oleh sang ayah untuk ulangtahunnya. Di mana George menggunakan kapak tersebut untuk menebang pohon ceri favorit milik ayahnya.

Sang ayah pun langsung menghadapi George yang bukannya menyangkal, tapi justru mengatakan kata-kata kutipan "Saya tidak bisa berbohong " inilah masalahnya, meskipun saya tidak bisa mengatakan kebohongan . Kebohongan tetaplah kebohongan meskipun Washington sudah menjadi pria hebat, seorang penulis biografi bernama Mason Locke menenun lebih jauh lagi tentang karakteristiknya yang terkenal. Weems hanya mengarang cerita untuk menyoroti kejujuran Washington dan sifat baiknya jika 

3. Bukan Hanya Budak Yang Membangun Piramida

Apa tanggapan Anda tentang siapa yang membangun piramida? Benarkah orang kaya menempatkan budak untuk bekerja menyeret batu yang sangat keras ke atas bangunan piramida? 

Tetapi sebenarnya mayoritas tenaga kerja itu bukanlah para  budak seperti yang ada dipikiran kalian. Tapi pada kenyatannya adalah seluruh populasi sehat kuno Mesir selama rentang 85 tahun antara 2589 dan 2504 yang mengeluarkan keringat darah dan air mata menjadi ikon nasional mereka bagi mereka yang tidak secara fisik mengangkut batu, mereka menyiapkan segala persiapan makanan untuk para pembangun.

Mereka bertindak sebagai keamanan dan beberapa lainnya bahkan menuju perjalanan panjang untuk mencari batu dan logam. Setelah semua pekerjaan kumulatif itu, terbayar Piramida menjadi satu-satunya keajaiban dunia kuno yang masih berdiri hingga sekarang. 

Berlawanan dengan kepercayaan populer, bukan budak yang membangun piramida. Kita tahu ini karena para arkeolog telah menemukan sisa-sisa desa yang dibangun khusus untuk ribuan pekerja yang membangun piramida Giza yang terkenal, hampir 4.500 tahun yang lalu.

Saya memiliki keberuntungan untuk bekerja di situs tersebut pada tahun 2005-2006, dan sungguh luar biasa untuk menyaksikan penemuan-penemuan itu masuk. 

Ada stempel dan stempel nama kuno – bukti birokrasi tentang bagaimana para pejabat melacak operasi besar-besaran untuk memberi makan dan rumah para pekerja. Tulang binatang yang ditemukan di desa menunjukkan bahwa para pekerja mendapatkan potongan daging terbaik. Lebih dari segalanya, ada toples roti, ratusan dan ribuan – cukup untuk memberi makan semua pekerja, yang tidur di asrama panjang yang dibangun khusus. 

Budak tidak akan pernah diperlakukan sebaik ini, jadi kami berpikir bahwa para pekerja ini direkrut dari pertanian, mungkin dari daerah yang jauh di hilir Sungai Nil, dekat Luxor.

Para buruh akan terpikat oleh campuran makanan berkualitas tinggi dan kesempatan untuk bekerja pada proyek bergengsi seperti itu. Saat ini, banyak pekerja arkeologi yang sangat berpengalaman di piramida berasal dari wilayah yang sama, meskipun mereka dibayar dalam mata uang yang keras, bukan daging sapi dan penghargaan utama.

Membangun piramida bukanlah pekerjaan mudah. Kerangka beberapa pekerja menunjukkan bahwa otot-otot mereka berada di bawah tekanan yang besar. Tapi mereka mungkin tidak terlalu membenci pekerjaan mereka – dalam coretan yang ditinggalkan di dekat ruang pemakaman firaun Khufu di Piramida Agung Giza, mereka melukis nama kru kerja mereka: 'The Friends of Khufu Gang'.

4. Loch Ness Photo is Fake / Gambar monster Loch Ness palsu

Bentuk abu-abu kabur yang sesuai - sedikit lebih dari benjolan benar-benar - dipuji tahun lalu sebagai salah satu foto terbaik yang pernah diambil dari penduduk Loch Ness yang paling sulit dipahami.

Tetapi pria yang memberikan apa yang dia klaim sebagai bukti dokumenter tentang monster itu, yang cocok di dekat salah satu tempat favorit Nessie, dekat Kastil Urquhart, kini telah mengakui bahwa itu palsu. Di bawah pertanyaan ketat dari surat kabar lokal, Inverness Courier, George Edwards, yang mengoperasikan kapal pesiar di danau, telah berterus terang. 

Dia mengatakan dia telah memberi tahu turis dalam perjalanan keliling danau tentang dalihnya selama hampir dua tahun. Punuk air, ternyata, sebenarnya adalah model fiberglass palsu yang digunakan kembali yang dibuat untuk film dokumenter National Geographic tentang binatang itu – Kebenaran Dibalik Monster Loch Ness.

Edwards tidak menyesal tentang tipuan itu. "Ini menjaga hal-hal seperti ini selama 80 tahun terakhir yang telah membawa ratusan ribu orang, mungkin jutaan, ke sini," katanya kepada Guardian. "Ini tentang Loch Ness. Monster itu adalah Loch Ness." Dia bersikeras bahwa dia adalah orang yang percaya bahwa sesuatu mungkin ada di sana, dan mengatakan dia bertindak dalam tradisi terbaik dari promotor danau, di mana bahkan badan wisata resmi menggunakan slogan "melihat adalah percaya".

Banyak orang tahu bahwa foto paling terkenal dari Monster Loch Ness adalah tipuan total. "Makhluk" yang digambarkan dalam bidikan Robert Wilson tahun 1934 ternyata tidak lebih dari sebuah kapal selam mainan dengan kepala plastik menempel di atasnya.

Tapi untuk beberapa alasan, legenda itu bertahan selama beberapa dekade — dan, tentu saja, satu foto palsu tidak membuktikan bahwa monster itu tidak ada.

Jadi, baru-baru ini, sepasang ilmuwan memutuskan untuk mengambil tugas membuktikan sekali dan untuk semua bahwa Monster Loch Ness tidak mungkin nyata.

5. Viking Horns are False

Beberapa penggambaran Viking yang paling umum menunjukkan para pejuang besar mengenakan helm bertanduk. Tetapi penelitian baru menemukan bahwa helm terkenal yang ditemukan di Viksø, Denmark, 80 tahun yang lalu sebenarnya berasal dari sekitar 900 SM, hampir 2.000 tahun sebelum Viking.

“Selama bertahun-tahun dalam budaya populer, orang mengasosiasikan helm Viks dengan Viking,” Helle Vandkilde, seorang arkeolog di Universitas Aarhus di Denmark, mengatakan kepada Tom Metcalfe dari Live Science. “Tapi sebenarnya, itu omong kosong. Tema bertanduk berasal dari Zaman Perunggu dan dapat dilacak kembali ke Timur Dekat 
kuno.”

Masyarakat Viking baru berkembang pada abad ke-9 M, dan tidak ada tanda-tanda bahwa Viking benar-benar memakai helm bertanduk. Menurut History.com, legenda itu kemungkinan berasal dari seniman Skandinavia pada 1800-an, yang mempopulerkan penggambaran perampok nomaden yang mengenakan peralatan itu dalam karya mereka.

Penelitian ini juga menunjukkan hubungan antara peradaban Zaman Perunggu di seluruh Eropa dan sekitarnya. Helm mirip dengan penggambaran tutup kepala yang ditemukan dalam seni cadas dan patung-patung yang diproduksi sekitar waktu yang sama di Iberia barat dan pulau Sardinia di Mediterania.

6. Michael Jackson did not invent the moonwalk

Sementara The Moonwalk dibawakan oleh Michael, gerakan lain yang dikenal sebagai backslide dilakukan sebelum tarian populer ini. Faktanya, penemu kemunduran, atau pempopuler, yang mengajarkannya kepada Michael untuk membuatnya sendiri. Pada serial TV AS populer Soul Train, tiga pria melakukan rutinitas yang termasuk backslide.

Orang-orang itu adalah Jeffrey Daniel, yang merupakan pendiri band Shalamar; Kandidat Geron 'Caszper' dan Derek 'Cooley' Jaxson. Derek dan Jeffrey sama-sama berbicara tentang mengajarkan backslide kepada Michael, tetapi tampaknya penyanyi itu awalnya berjuang dengan itu, sehingga dipaksa untuk membuatnya sendiri.

Cooley mengatakan kepada ABC News: “Slide belakang - Anda meluncur ke belakang dan [Anda] membuat Anda terlihat seperti sedang berjalan ke depan.

7. Carbon Dating Doesnt Fully Work

Sejak 1947, para ilmuwan telah menghitung usia banyak benda tua dengan mengukur jumlah karbon radioaktif yang dikandungnya. Namun, penelitian baru menunjukkan bahwa beberapa perkiraan berdasarkan karbon mungkin telah keliru selama ribuan tahun.

Terlalu dini untuk mengetahui apakah penemuan itu akan secara serius mengacaukan perkiraan tanggal peristiwa seperti kedatangan manusia di Belahan Barat, kata para ilmuwan. Tetapi sudah jelas bahwa metode penanggalan karbon harus dikalibrasi ulang dan dikoreksi dalam beberapa kasus.

Para ilmuwan di Lamont-Doherty Geological Laboratory of Columbia University di Palisades, NY, melaporkan hari ini di jurnal Inggris Nature bahwa beberapa perkiraan usia berdasarkan analisis karbon salah sebanyak 3.500 tahun. Mereka sampai pada kesimpulan ini dengan membandingkan perkiraan usia yang diperoleh dengan menggunakan dua metode berbeda - analisis karbon radioaktif dalam sampel dan penentuan rasio uranium terhadap torium dalam sampel. Dalam beberapa kasus, rasio terakhir tampaknya menjadi ukuran usia yang jauh lebih akurat daripada metode penanggalan karbon biasa, kata para ilmuwan.

Pada prinsipnya, setiap bahan yang berasal dari tumbuhan atau hewan, termasuk tekstil, kayu, tulang dan kulit, dapat ditentukan umurnya berdasarkan kandungan karbon 14, suatu bentuk karbon radioaktif di lingkungan yang digabungkan oleh semua makhluk hidup. Karena bersifat radioaktif, karbon 14 terus meluruh menjadi zat lain.

8. Big Tobacco: cigarettes are good for your health

Ada seruan baru dalam kesehatan masyarakat: orang-orang yang bekerja di bidang pengendalian tembakau harus bergabung dengan Big Tobacco untuk mempromosikan produk tembakau yang “lebih aman”.

Ini berjalan seperti ini: sebelum mulai bekerja setiap pagi, karyawan perusahaan tembakau menyanyikan dengan penuh semangat lagu perusahaan "Terima kasih, terima kasih, nikotin yang membuat ketagihan". Tapi mereka benar-benar membenci masalah kecil bahwa merokok membunuh sekitar dua dari tiga pengguna jangka panjangnya lebih awal. Pikirkan saja semua pendapatan yang hilang dari jutaan perokok kolektif yang meninggal dini.

Jadi selama beberapa dekade perusahaan tembakau telah sibuk mencoba untuk mendapatkan ahli kimia dan insinyur untuk mengembangkan produk "lebih aman" (yaitu kurang berbahaya), e-rokok menjadi anak terbaru di blok.

Komunitas kesehatan masyarakat selalu melihat industri tembakau sebagai vektor terbesar kanker paru-paru dan semua penyakit lain yang disebabkan dan diperburuk oleh merokok. 

Apakah Tembakau Besar benar-benar berubah? Inilah mengapa argumen "mereka telah berubah" tentang Tembakau Besar menghantam batu.

Adakah yang bisa menyebutkan satu contoh dari perusahaan Tembakau Besar mana pun yang melepaskan diri dari akselerator oposisi agresif terhadap kebijakan apa pun yang menjanjikan untuk secara efektif mengurangi misi intinya: menjual lebih banyak rokok?

Philip Morris baru-baru ini mencoba dan gagal dalam kasus hukum untuk menghentikan program pengendalian tembakau Uruguay yang keras dan komprehensif. Perusahaan itu tidak diragukan lagi berusaha untuk menggertak sebuah negara kecil agar tunduk, untuk mengirim pesan keras ke negara kecil lainnya yang cukup konyol untuk maju sendiri dengan kebijakan semacam itu.

Semua perusahaan tembakau berjuang sekuat tenaga untuk menghentikan kenaikan pajak. Buka saja umpan twitter British American Tobacco (BAT) Australia, di mana tweet tentang tembakau ilegal banyak ditampilkan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya