6 Fakta Mengenai Islam dan Perang Dunia yang Ada Dalam Hadis

Pria dengan senjata dan kendaraan perang Rusia yang hancur di Bucha, Ukraina
Sumber :
  • AP Photo/Serhii Nuzhnenko

VIVA – Akhir-akhir ini perang Rusia dan Ukraina semakin memanas. Pada 24 Februari 2022, Rusia melancarkan invasi berskala besar ke Ukraina, salah satu negara tetangganya di sebelah barat daya. Invasi ini menandakan peristiwa penting dalam perang Rusia-Ukraina yang dimulai tahun 2014.

Tak Diinginkan Kelahirannya, Perjalanan Wanita Ini Jadi Mualaf Menguras Air Mata

Menurut sumber, agama di Rusia paling banyak adalah Islam dan Kristen Ortodoks. Islam menjadi agama terbanyak kedua yang dianut warga Rusia.

Kristen Ortodoks adalah agama mayoritas di Rusia dengan jumlah kira-kira 80 persen dari jumlah penduduknya. Sementara itu, agama terbanyak yang dianut penduduk Rusia setelah Kristen Ortodok dan Islam, yakni Buddha dan Yahudi. Sedangkan Ukraina juga terdapat orang yang menganut agama Islam.

Kronologi Komandan Hizbullah Tewas Terkena Serangan Udara Militer Israel

Lantas, apakah perang diperbolehkan dalam islam? Simak fakta mengenai islam dan perang dunia yang ada dalam hadis berikut, dikutip dari BBC UK.

1. Islam dan perang

Belajar Jadi Pendeta, Wanita Ini Malah Mantap Mualaf dan Berhijab

Islam menetapkan pedoman yang jelas tentang kapan perang itu benar secara etis, dan pedoman yang jelas tentang bagaimana perang semacam itu harus dilakukan.

Singkatnya, perang dalam Islam diperbolehkan asalkan seperti alasan berikut:

  • Dalam membela diri
  • Ketika negara lain menyerang negara Islam
  • Jika negara lain menindas umat Islamnya sendiri

Bagaimana cara islam berperang?

  • Perang dilakukan secara disiplin
  • Untuk menghindari melukai non-pejuang
  • Dengan kekuatan minimum yang diperlukan
  • Tanpa amarah
  • Dengan perlakuan manusiawi terhadap tawanan perang

2. Islam berperang di jalan Allah

Muslim hanya harus berperang sesuai dengan prinsip keadilan Allah.

“Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah, dan orang-orang yang kafir berperang di jalan setan.” Qur'an 4:76.

Islam mengizinkan perang untuk membela diri (Qur'an 22:39), untuk membela Islam (bukan menyebarkannya), untuk melindungi mereka yang telah diusir dari rumah mereka dengan paksa karena mereka adalah Muslim (Qur'an 22:40 ), dan untuk melindungi orang-orang yang tidak bersalah yang ditindas (Qur'an 4:75).

Tetapi beberapa pemikir Muslim di masa lalu, dan beberapa pemikir Muslim yang lebih radikal saat ini, mengambil pandangan yang berbeda. Mereka mengatakan bahwa ayat-ayat lain dalam Al Qur'an, yang disebut 'ayat pedang', telah "mencabut" (mencabut atau membatalkan) ayat-ayat yang mengizinkan peperangan hanya untuk pertahanan.

Mereka menggunakan 'ayat-ayat pedang' ini untuk membenarkan perang melawan orang-orang kafir sebagai alat untuk menyebarkan Islam (Qur'an 9:5, 9:29).

Yang lain mengambil ini lebih jauh dan menganggap non-Muslim, dan Muslim yang tidak mematuhi aturan Islam secara ketat, sebagai non-Muslim dan dengan demikian sebagai "musuh Tuhan" terhadap siapa itu sah untuk menggunakan kekerasan.

3. Islam diperbolehkan perang asal tak melampaui batas

Tapi gagasan tentang konflik total dan tak terbatas sama sekali tidak Islami.

“Berperanglah di jalan Allah melawan orang-orang yang memerangi kamu, tetapi jangan melampaui batas. Tuhan tidak menyukai pelanggar.”Al-Qur'an 2: 190.

Islam mendukung perdamaian dan menentang kekerasan. Membunuh orang yang tidak bersalah menyebabkan hukuman di Neraka:

“Jika seseorang membunuh seseorang, kecuali untuk pembunuhan atau untuk menyebarkan kerusakan di negeri ini seolah-olah dia membunuh seluruh orang.”Qur'an 5:32.

4. Tujuan perang bagi Islam

Al-Qur'an menekankan bahwa perang harus dilakukan hanya untuk tujuan mulia tanpa mencari imbalan duniawi:

“Mereka yang siap berperang di jalan Allah adalah mereka yang meninggalkan dunia ini demi akhirat. Barang siapa berperang di jalan Allah, kemudian terbunuh, atau mencapai kemenangan, pasti kami akan memberinya balasan yang besar.”Qur'an 4:74.

5. Perilaku perang Islam

Islam melarang pembunuhan non-pejuang (Qur'an 2:190, di atas), atau seorang pejuang yang telah ditangkap. Muslim dilarang menyerang tentara yang terluka (kecuali orang yang terluka itu masih berperang).

Pandangan Nabi tentang non-pejuang ditunjukkan oleh sebuah hadits di mana Muhammad melihat seorang wanita terbunuh di medan perang dan mengutuk tindakan tersebut.

Ketika musuh dikalahkan, dia harus dijadikan tawanan daripada dibunuh:

“Maka apabila dalam peperangan kamu bertemu dengan orang-orang kafir, maka penggallah leher mereka sampai kamu dapat mengalahkan mereka, lalu jadikan (mereka) tawanan, dan setelah itu bebaskan mereka sebagai suatu nikmat atau biarkan mereka menebus (diri mereka sendiri) sampai perang berakhir.”Qur'an 47:4.

6. Islam dilarang jadi pengkhianat

Abu Bakar (Khalifah Pertama) memberikan aturan-aturan ini kepada pasukan yang dia kirim untuk berperang:

“Jangan melakukan pengkhianatan atau menyimpang dari jalan yang benar. Anda tidak boleh memutilasi mayat. Tidak membunuh seorang anak, atau seorang wanita, atau seorang pria tua. Janganlah merusak pohon-pohon, atau membakarnya dengan api, terutama yang berbuah. Jangan bunuh kawanan musuh, kecuali makanan Anda. Anda kemungkinan besar akan melewati orang-orang yang telah mengabdikan hidup mereka untuk pelayanan monastik; tinggalkan mereka sendiri.”Abu Bakar.

Sebuah contoh mulia dari perilaku perang Muslim yang ideal adalah penaklukan Yerusalem oleh Saladin pada tahun 1187. Meskipun sejumlah tempat suci Muslim telah dilanggar oleh orang-orang Kristen, Saladin melarang tindakan balas dendam, dan pasukannya sangat disiplin sehingga tidak ada kematian atau kematian. Kekerasan setelah kota itu menyerah. Penduduk ditawan, tetapi uang tebusan mereka ditetapkan dalam jumlah kecil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya