6 Hal Menakutkan Tentang Mimpi Buruk yang Tidak Kamu Ketahui

Ilustrasi mimpi buruk.
Sumber :
  • galtime.com

VIVA – Kamu mungkin pernah terbangun di malam hari, gemetar, jantung berdebar, dengan ingatan yang jelas tentang mimpi yang menakutkan. Setiap orang memiliki mimpi buruk sesekali (jika kamu sering mengalaminya, itu bisa menjadi gangguan tidur), tetapi orang dewasa cenderung memilikinya lebih sedikit daripada anak-anak.

Viral, Pria dengan Santai Duduk di Tengah Lautan Ular Besar : Mimpi Buruk!

Mimpi buruk bersifat pribadi, subjektif, dan cepat berlalu yang berarti sulit untuk mempelajarinya dengan benar. Tetapi untuk semua ilmuwan yang tidak mengerti tentang mimpi buruk, ada beberapa hal yang mereka ketahui yang akan mengejutkan kamu dan bahkan mungkin membuat kamu takut. Melansir dari Prevention, berikut beberapa hal menakutkan tentang mimpi buruk yang tidak kamu ketahui.

1. Mereka tidak literal

Heboh, Penyelidikan Bangkai Kapal Misterius yang Tiba-tiba Saja Muncul

Mimpi buruk.

Photo :
  • vstory

Para peneliti setuju bahwa sebagian besar mimpi buruk disebabkan oleh kecemasan, tetapi jarang merupakan interpretasi literal dari apa yang mengganggu kamu. Sebuah studi kecil oleh para peneliti di Universitas Tufts melihat mimpi dan mimpi buruk setelah serangan 9/11; teori mereka adalah bahwa peristiwa tersebut menghasilkan setidaknya beberapa tingkat trauma bagi semua orang di Amerika Serikat.

Viral Pria Gali Lubang 40 Meter Gegara Mimpi Ada Emas, Hal Tragis Ini Malah Terjadi

Sementara semua subjek (tidak ada yang secara langsung terkena dampak serangan) melaporkan peningkatan nyata dalam mimpi dan mimpi buruk yang intens atau jelas, tidak ada dari mereka yang bermimpi secara khusus tentang Menara Kembar, pesawat, atau bahkan tentang gedung-gedung tinggi yang jatuh, terlepas dari gambarnya. 

2. Tidak ada yang akan mendengar kamu berteriak

Mimpi buruk

Photo :
  • inmagine

Di film-film, orang-orang berguling-guling ketika mereka mengalami mimpi buruk. Namun kenyataannya, kamu tidak bisa berteriak atau bergerak. Dalam hal ini, saat kamu mengalami mimpi buruk.

“Selama mimpi tidur, tahap REM, semua otot kita lumpuh, kecuali otot mata dan otot yang kita gunakan untuk bernapas,” kata Aneesa Das, M.D., asisten profesor penyakit dalam yang berspesialisasi dalam pengobatan tidur di The Ohio State University. Pusat Medis Wexner.

Setelah kamu duduk dan berteriak, kamu sudah terangsang dan keluar dari mimpi, ”katanya. Itulah salah satu alasan mengapa kamu mengingat mimpi buruk lebih jelas daripada jenis mimpi lainnya. 

“Kamu langsung terbangun dari mimpi buruk, jadi ingatan kamu lebih baik,” kata Dr. Das, dibandingkan dengan mimpi yang tidak menakutkan, yang tidak membangunkan kamu.

3. Wanita memiliki lebih banyak mimpi buruk daripada pria

Mimpi buruk.

Photo :
  • U-Report

AJ Marsden, PhD, asisten profesor layanan manusia dan psikologi di Beacon College di Leesburg, FL, mengutip penelitian yang dilakukan di Inggris yang menemukan bahwa wanita memiliki lebih banyak mimpi buruk daripada pria. 

"Ini mungkin berkorelasi dengan temuan bahwa wanita juga memiliki lebih banyak masalah dengan kecemasan, dan mimpi buruk sering kali merupakan cerminan dari kekhawatiran dan kecemasan kita," katanya. 

"Wanita biasanya melaporkan mimpi buruk yang lebih intens secara emosional daripada pria, yang berpusat pada ketakutan, kehilangan, dan kebingungan."

4. Mimpi buruk adalah latihan untuk hal yang nyata

Mimpi buruk

Photo :
  • U-Report

Ada banyak teori tentang mengapa kamu bermimpi: Beberapa peneliti percaya bahwa mimpi adalah cerminan dari pikiran bawah sadar, sementara yang lain mengatakan bahwa itu adalah cara agar otak tetap sibuk saat tubuh sedang beristirahat.

Tetapi AJ Marsden, Ph.D., asisten profesor layanan manusia dan psikologi di Beacon College di Leesburg, Florida, mengatakan para peneliti sekarang menemukan gagasan bahwa mimpi adalah cara otak untuk mencoba memecahkan masalah atau menangani emosi yang intens. 

Memiliki mimpi menakutkan tentang seseorang yang membobol rumah bisa menjadi pikiran, baik mempersiapkan untuk menghadapi situasi, atau membantu kamu untuk merasa kurang takut.

5. Kamu dapat mengontrol mimpi buruk

Ilustrasi bermimpi buruk.

Photo :
  • Pexels/Unsplash

Tapi butuh banyak latihan. "Bermimpi jernih" adalah di mana kamu tahu bahwa kamu sedang bermimpi dan dapat mengontrol arah mimpi.

“Beberapa orang dapat mulai mengendalikan mimpinya, tetapi begitu mereka menyadari bahwa mereka sedang bermimpi, mereka biasanya bangun,” kata Marsden.

Para peneliti mulai menggunakan teknik ini untuk membantu orang-orang dengan PTSD, yang sering mengalami mimpi buruk. “Pemikirannya adalah dengan mengajari mereka untuk mengendalikan mimpi buruk mereka, mereka dapat mulai mengatasi trauma mereka,” kata Dr. Das.

6. Ada sesuatu yang lebih menakutkan dari mimpi buruk

Ilustrasi mimpi buruk.

Photo :
  • U-Report

Teror malam, meskipun jarang terjadi pada orang dewasa, mungkin lebih menakutkan bagi orang tua daripada anak-anak yang memilikinya. Sebagai permulaan, kamu mungkin menemukan anak kamu berteriak, seringkali dengan mata terbuka lebar.

Tidak seperti mimpi buruk, kamu tidak bisa membangunkan anak kamu selama teror malam, kata Marsden. Anak-anak dapat mengingat mimpi buruk yang menakutkan, tetapi mereka tidak memiliki ingatan tentang teror malam ketika mereka bangun.

Sementara sebagian besar mimpi terjadi selama tidur REM (rapid eye movement), teror malam terjadi selama tidur tahap 4, yang merupakan tahap terdalam. Marsden mengatakan tampaknya hal itu terjadi karena anak-anak mengalami kesulitan transisi dari tahap tidur nyenyak ini ke tidur REM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya