Malaika Khadija Fatiha Raih Top 5 SEA Open Trophy 2022

Malaika Khadija Fatiha
Sumber :
  • Instagram

VIVA Lifestyle – Malaika Khadija Fatiha putri dari Ippho Santosa dan Astrid Suhaimi berlaga di South East Asia (SEA) Open Trophy 2022, di Singapura pada awal September 2022. Tak tanggung-tanggung, dia meraih top 5 SEA Open Trophy.

Memukau, Atlet Ice Skating Malaika Khadija Fatiha Masuk 7 Besar Kompetisi di Eropa

Sosok gadis berusia 12 tahun itu menjadi sorotan, karena menjadi satu-satunya atlet ice skating yang berhijab pada SEA 2022. Astrid Suhaimi, sang ibunda menjelaskan, ini kali pertama si sulung beraksi di SEA Open Trophy 2022. Karenanya, pencapaian masuk Top 5 jadi kebanggaan tersendiri.

“Terasa spesial karena memang enggak mudah. Di Indonesia, ice skating belum familiar. Belum banyak atletnya, belum mumpuni jika dibandingkan dengan negara seperti Taipei, Hongkong, Korea, Thailand, Australia,” katanya kepada awak media belum lama ini.

Harumkan Nama Bangsa, Atlet Cilik Medina Khaira Fastabiqa Juarai Kompetisi Ice Skating di Malaysia

Malaika Khadija Fatiha

Photo :
  • Instagram

Rajin berlatih, Malaika punya persiapan yang fokus pada elemen tertentu untuk menandingi lawan-lawannya dari berbagai negara itu. "Kalo latihannya sebenarnya normal masih tetep sama kayak kemaren. Sekarang lebih fokus pada beberapa element tertentu. Jadi kemaren atlet yang di atas Kha (Malaika) sudah pakai element yang Kha belum bisa, tentu saja skill skating dan konsisten pada element itu juga mempengaruhi hasil dan score. Next Kha sedang mempersiapkan ini," ungkap Astrid melanjutkan.

Harumkan Nama Bangsa, Atlet Ice Skating Mikaila Kaia Fathima Raih 3 Medali di Ajang Internasional

Meski demikian, Astrid Suhaimi menyarankan putrinya lebih konsisten berlatih seraya menjaga rasa percaya diri dan ketebalan mental kala berlaga di negeri orang. Insyaallah ke depan performa Malaika Khadija Fatiha lebih baik. Nantinya akan ada kompetisi besar pada akhir tahun 2022, yakni Asian Trophy.

“Karena insyaallah ada kompetisi besar lagi di Desember 2022 yakni Asian Trophy. Insyaallah acaranya ada di Jakarta. Orangtua pasti fully support, sebisa mungkin memberi waktu, tenaga, biaya baik secara moril juga materiil,” ujar dia.

Malaika Khadija Fatiha

Photo :
  • Instagram

Astrid bangga karena sang putri dapat mengharumkan nama bangsa apalagi satu-satunya peserta yang memakai hijab. Astrid dan suami memang mengajarkan kepada ketiga putrinya untuk menjalankan kewajiban sebagai umat Islam salah satunya menutup aurat bagi wanita.

“Orang tua pasti mendukung penuh, sebisa mungkin memberi waktu, tenaga, biaya baik secara moril juga materiil,” tutur Astrid Suhaimi yang juga seorang pengusaha muda itu.

Sebelumnya, Malaika juga berhasil meraih prestasi gemilang dalam ajang Skate Asia 2022, di Sunway Pyramid Ice, Malaysia, bulan lalu. Pada pertandinga Skate Asia 2022 di Malaysia tersebut, tiga anak Ippho Santosa dan Astrid Suhaimi meraih juara. Hasil tersebut sekaligus buat mengharumkan nama bangsa.

“Anak-anak saya mewakili level dengan kelompok usia mereka. Anak yang nomor tiga kemarin tanggal 7 Agustus ikut technical delta, untuk usia 7 tahun. Dia berempat lawan Malaysia, anak saya juara 1 di level itu,” ujar Astrid Suhaimi kala itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya