Memukau, Atlet Ice Skating Malaika Khadija Fatiha Masuk 7 Besar Kompetisi di Eropa

Atlet Ice Skating Malaika Khadija Fatiha
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Lagi-lagi negara Indonesia menorehkan prestasi di kancah kompetisi olahraga tingkat mancanegara. Kali ini, atlet ice skating remaja Malaika Khadija Fatiha berhasil masuk ke dalam 7 besar dalam kompetisi Challenge Cup di Tilburg, Belanda, yang digelar pada tanggal 22-25 Februari 2024.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Sebagai satu-satunya yang berasal dari benua Asia, tentu Khadija merasa bangga. Apalagi ia menjadi satu-satunya atlet yang mengenakan hijab dengan penampilan yang spektakuler saat unjuk gigi di depan para juri.

Sebelumnya, seperti diketahui, Khadija juga telah mengikuti kompetisi di Singapura, Malaysia dan Thailand. Bahkan ia pernah mendapat undangan latihan di Jepang.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Kini, ia menunjukkan keahliannya bertanding dengan 10 negara dari belahan benua Eropa. Khadija bertanding di level basic novice melawan skaters yang mayoritas berasal dari Eropa. Sementara, ia sendiri satu-satunya skater yang berasal dari Asia untuk kategori tersebut.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

"Alhamdulillah Khadija masuk 7 besar dari 10 negara yang ikut, jadi ada sebanyak 20 skater. Ini adalah kompetisi pertama Khadija di Eropa, tentunya vibesnya sangat beda dari kompetisi di negara Asia sebelumnya," kata Astrid Suhaimi sang ibunda kepada awak media, melalui sambungan telepon, Jumat, 23 Februari 2024.

Sebelum kompetisi, Khadija dan sang ibunda memang sudah tiba di Tilburg. Khadija beberapa kali mencoba latihan di rink yang telah ditentukan.

"Beda bangetlah vibesnya, luar biasa banget. Sebelum tiba, Khadija juga latihan selama 10 jam seminggu. Di sini juga latihan," ungkap Astrid lagi.

Putri sulung motivator sekaligus pengusaha Ippho Santosa itu sangat antusias mengikuti kompetisi tersebut. Sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia, Khadija tentu ingin mengharumkan nama bangsa.

Atlet Ice Skating Malaika Khadija Fatiha

Photo :
  • Istimewa

"Mewakili Indonesia, satu-satunya dari Asia, one and only berhijab. Jadi ya dia sangat antusias, benar-benar spesial, dan orang-orang banyak memperhatikan karena dia pakai kerudung jadi cukup menarik perhatian," tutur Astrid menjelaskan.

Khadija merasa bangga terhadap dirinya sendiri karena bisa mengikuti perjalanan olahraga yang ia senangi sejauh ini. "Aku bangga sama diri aku sendiri. Aku sama sekali tidak ada rasa kecewa dan akan berusaha lebih baik lagi ke depannya," tutur Khadija yang akrab disapa Kha tersebut.

Keberhasilan Khadija tak luput juga atas sponsor dari British Propolis dan Emina Cosmetics. Selamat Khadija!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya