6 Kota Bawah Tanah Paling Misterius di Dunia, Jadi Bunker Perang Dunia

Wieliczka Salt Mine, Polandia
Sumber :
  • wikipedia.org/ Adam Kumiszcza

VIVA Lifestyle – Diperkirakan ada enam kota bawah tanah paling misterius di dunia. Kota tersebut dikenal misterius karena letaknya dan juga kerap dipakai sebagai tempat persembunyian. Sejumlah kota bawah tanah paling misterius ini kerap dijadikan sebagai bunker untuk berlindung dari perang. Meski berada di bawah tanah, tapi kota-kota itu mempunyai keistimewaan sendiri. 

Ghost Story: Love Destiny, Game Penuh Mistis dan Misterius

Bahkan, kota-kota tersebut sama seperti yang lainnya yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menghadapi situasi darurat. Tidak ketinggalan, sekolah, tempat ibadah, sampai rumah sakit ada di dalam kota paling misterius itu. Nah, untuk kamu yang tertarik mengunjunginya, berikut ulasan kota bawah tanah paling misterius yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Yuk scroll ke bawah!

Sekjen Gerindra: Jangan Harap Kekuasaan Prabowo Jadi Bunker bagi Mereka yang Ingin Berbuat Buruk

1. Derinkuyu

Pemandangan yang terlihat di dalam Derinkuyu, Turki, saat ini

Photo :
  • rarelyknown.org
Selebgram Alami Hal Mistis di Tol Cikampek KM 58, Mencium Bau Bunga dan Lihat Sosok Misterius

Berada di Cappadocia, Turki, kota bawah tanah paling misterius itu terdiri atas komplek labirin yang berjumlah 18 tingkat. Konon katanya, kota ini dibangun sejak abad ke-8 SM yang dipakai sebagai tempat perlindungan selama periode perang. Kota ini baru ditemukan kembali pada 1963 silam. 

Kemudian pada 1965, Derinkuyu baru dibuka untuk umum tapi hanya 10 persen bagian kota ini yang dapat diakses oleh para pengunjung. Derinkuyu sama seperti kota pada umumnya. Di sana kamu akan menemukan rumah, tempat ibadah, kilang anggur. Menjadi tempat hunian, kota ini diperkirakan bisa dihuni hingga 20 ribu orang. 

2. Naours

Kota Bawah Tanah Naours

Photo :
  • au.france.fr

Kota bawah tanah Naours dibangun sejak abad ketiga Masehi yang berada di utara Perancis. Pada awalnya, tempat ini adalah wilayah tambang era Romawi. Tapi wilayah ini diperluas untuk menjadi sebuah hunian bawah tanah karena ada invasi abad pertengahan yang mengancam warga. Kota ini terdiri atas 2 mil terowongan dan ada sekitar 300 kamar buatan. 

Naours mempunyai ruang yang cukup untuk menampung lebih dari 3.000 orang. Di sana ada gereja, kandang kuda, sumur, dan toko roti. Kota bawah tanah paling misterius itu dihiasi dengan 2.000 potongan grafiti yang ditinggalkan tentara sekutu ketika Pertempuran Somme. Naours pernah ditutup selama beberapa dekade dan dibuka kembali di abad ke-19. 

3. Wieliczka

Wieliczka Salt Mine, Polandia

Photo :
  • wikipedia.org/ Adam Kumiszcza

Kota bawah tanah paling misterius berikutnya adalah Wieliczka yang sudah dilengkapi dengan kamar, lorong, dan patung-patung kuno serta berada di pinggir kota Krakow, Polandia. Kota tersebut diperkirakan dibangun pada 1200-an ketika penambang menemukan garam batu dalam bumi. Tambang ini berhenti beroperasi tahun 2007 setelah 700 tahun beroperasi. 

4. Dixia Cheng

Dixia Cheng bunker di China

Photo :
  • Dailymail

Tahun 1960-an sampai 1970-an China dihantui dengan ancaman invasi, pengeboman, dan juga serangan nuklir. Menjadi tempat perlindungan, pemerintah China kemudian membuat tempat persembunyian raksasa yang berada di bawah kota Beijing bernama Dixia Cheng. Kota ini diperkirakan bisa menampung hingga 1 juta orang. 

Dalam kota bawah tanah paling misterius itu bisa ditemukan bangunan sekolah, rumah sakit, lumbung, ruang tidur, dan restoran yang memang dipersiapkan sebagai tempat untuk berlindung di periode lama. Pada tahun 2000, Dixia Cheng dibuka untuk umum tapi pada tahun 2008 ditutup karena renovasi. 

5. Orvieto

Kota Bawah Tanah Orvieto

Photo :
  • Italy by Events

Berada di salah satu bukit di Italia, kota ini pernah menjadi pusat penting peradaban Etruria. Diperkirakan ada lebih dari 1.200 terowongan yang semuanya dibuat oleh tenaga manusia di era Etruscan. Baru ditemukan tahun 1970, kota ini menjadi warisan sejarah dan arkeologi di Italia. Ketika Perang Dunia II, masyarakat sekitar memakainya sebagai tempat berlindung. 

6. Burlington

Kota Bawah Tanah Burlington

Photo :
  • Atlas Obscura

Bunker Burlington mempunyai luas wilayah mencapai 35 hektare. Kota ini pada awalnya adalah sebuah tambang terbengkalai yang berada 100 kaki di bawah desa Corsham. Dibangun pada 1950, kota ini mempunyai fasilitas seperti ruang kantor, kafetaria, telepon, fasilitas media, studio penyiaran BBC, dan kamar tidur. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya