6 Tempat Wisata Paling Angker di Jakarta, Penggemar Horor Wajib Datang

kereta antik pengangkut jenazah di Museum Taman Prasasti
Sumber :
  • mitramuseumjakarta.org

VIVA Lifestyle – Ibu kota Indonesia, DKI Jakarta kerap disebut sebagai poros utama urbanisasi di Tanah Air. Sebab, orang-orang yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia berduyun-duyun mengadu nasib di Jakarta. Selain itu, Jakarta juga dikenal sebagai daerah yang dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit. 

Kisah Mistis di Pergudangan Ngagel Surabaya, Ada Sosok Medon Bersuara Mirip Burung

Karena itu, DKI Jakarta pun menjadi tempat para tokoh ternama bermukim. Kota ini, ternyata mempunyai banyak tempat wisata, mulai dari taman hiburan dan museum, yang bisa dikunjungi oleh masyarakat. Tapi, di balik semua itu, Jakarta juga memiliki tempat wisata bernuansa angker. Keangkeran itu bahkan sudah dikenal oleh banyak orang. 

Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan mengenai tempat wisata paling angker di Jakarta. 

Selebgram Alami Hal Mistis di Tol Cikampek KM 58, Mencium Bau Bunga dan Lihat Sosok Misterius

1. Menara Saidah

Menara Saidah

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
Bocah Terperosok ke Celah Peron Stasiun Manggarai Gegara Terdorong Saat Hendak Turun dari KRL

Menara Saidah merupakan nama yang dimiliki oleh sebuah gedung terbengkalai di Jalan MT Haryono, Jakarta. Menara Saidah saat ini menjadi tempat yang memiliki segudang cerita mistis. Bangunan yang terdiri atas 28 lantai itu diresmikan sejak tahun 2001 dan namanya diambil dari pemiliknya, yaitu Saidah Abu Bakar Ibrahim. 

Namun, Menara Saidah ini sudah menjadi tempat terbengkalai di Jakarta sejak tahun 2017 silam. Karena itu, ada banyak sekali cerita horor yang tersebar di masyarakat. Salah satunya adalah terkait sosok kuntilanak yang disebut-sebut menghuni lantai 14 gedung tersebut. 

2. Sumur Lubang Buaya

wisata lubang buaya

Photo :
  • U-Report

Sumur Lubang Buaya adalah salah satu bagian dari monumen yang diabadikan di Museum Lubang Buaya di Jakarta dan bahkan sudah terkenal di Tanah Air. Sumur Lubang Buaya dikenal lantaran menjadi lokasi dari pembantaian dan tempat pembuangan mayat para jenderal ketika insiden G30S PKI. 

Menurut kabar, sejumlah saksi mata sering mendengar teriakan minta tolong yang berasal dari dalam sumur. Selain itu, ada banyak cerita mistis lain yang tersebar dari mulut ke mulut. Sehingga menjadikan salah satu tempat wisata paling angker di Jakarta. 

3. Danau TMP Kalibata

Pekerja memperbaiki makam yang rusak akibat tertimpa pohon di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Danau yang kerap dijadikan sebagai spot pemancingan untuk masyarakat setempat atau pendatang dari luar itu juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata paling angker di Jakarta. Menurut kabar, masyarakat setempat kerap melihat sosok anak kecil. Namun, masih belum diketahui dengan pasti asal-usul dari cerita mistis di Danau TMP Kalibata tersebut. 

4. Jembatan Ancol

Jembatan Ancol.

Photo :
  • yosepraharjo.wordpress.com

Jembatan Ancol juga termasuk ke dalam salah satu tempat wisata paling angker di Jakarta. Saat ini, Jembatan Ancol menjadi tempat yang tampaknya biasa-biasa saja. Bahkan, menjadi tempat nongkrong anak muda di kawasan Jakarta Utara. Namun, siapa sangka bahwa tempat tersebut sangat kental dengan aura mistis. 

Bahkan, cerita mistis di tempat itu pernah diangkat ke dalam film layar lebar, yang berjudul Si Manis Jembatan Ancol. Kisah tersebut terkenal sejak tahun 90-an. Si Manis adalah hantu dari wanita cantik korban pemerkosaan pada zaman kolonial Belanda tahun 1817. Lalu, wanita itu dibuang di sekitar Jembatan Ancol tersebut. 

Stasiun Manggarai pada tahun 2009

Photo :
  • Bambang Priyo Cahyono

Stasiun Manggarai merupakan stasiun kereta api Jabodetabek yang berada di Jakarta Selatan. Meski saat ini Stasiun Manggarai tidak seseram zaman dulu karena sudah direnovasi dengan bangunan yang lebih mewah. Namun, cerita mistis di Stasiun Manggarai tetap menjadi kisah seram dan bahkan sering terdengar kereta hantu di luar jam operasional. 

6. Museum Taman Prasasti

kereta antik pengangkut jenazah di Museum Taman Prasasti

Photo :
  • mitramuseumjakarta.org

Museum Taman Prasasti merupakan museum peninggalan Belanda yang saat ini menjadi museum cagar budaya yang berada di Tanah Abang, Jakarta. Dalam museum itu, peti jenazah presiden pertama Indonesia disimpan sampai patung bernuansa ala Eropa. 

Selain itu, tempat wisata paling angker di Jakarta ini juga menyimpan kisah mistis. Menurut kabar yang beredar, museum ini menyimpan tengkorak manusia. Hal ini menurut pengakuan pengunjung yang melihat tengkorak di museum itu mengeluarkan air mata. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya