Deretan Lagu Terpanjang di Dunia, Ada yang Mencapai Durasi 14 Jam!

Ilustrasi orang sedang Mendengarkan musik
Sumber :
  • pixabay.com

VIVA Lifestyle – Pernahkah Anda membayangkan, kira-kira apa lagu terpanjang di dunia? Baik itu yang terpanjang atau terpendek, Anda tidak dapat menyangkal kemampuan unik lagu rupanya dapat menyentuh jiwa seseorang. 

Alan Walker Banjir 15 Ribu Pesan WhatsApp dalam 2 Jam dari Penggemar Indonesia

Lagu memiliki kekuatan untuk menggerakkan emosi seseorang, dan terkadang tujuan lagu tersebut mampu bisa menginspirasi pendengar atau membuat seseorang sedih.

Lagu memang selalu ada untuk memotivasi kita dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh hal lain. Inilah sebabnya mengapa menulis lagu dianggap sebagai bentuk seni. Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang proses yang diperlukan untuk menulis sebuah lagu? 

Dari FTV, Chelsea Tilford Kini Terjun Sebagai Penyanyi

Ilustrasi tertidur sambil mendengarkan lagu.

Photo :
  • U-Report

Seperti yang mungkin Anda bayangkan, dibutuhkan pengalaman bertahun-tahun, semangat, kerja keras, kreativitas, dan banyak pengeditan terhadap sebuah lagu. Oleh karena itulah, mengapa menciptakan lagu-lagu yang panjang merupakan sebuah bentuk prestasi tersendiri.

Dikenal Tajir, Intip 4 Properti Mewah Milik IU yang Seharga Rp152 Miliar

Sekarang apakah Anda pernah bertanya pada diri sendiri, “Apa lagu terpanjang di dunia?” Ini sebenarnya lebih lama dari grup lagu delapan menit yang mungkin pernah Anda dengarkan. 

Sebenarnya, lagu-lagu terpanjang yang pernah direkam melebihi durasi hingga berjam-jam. Kami sadar bahwa membuat satu lagu berdurasi tiga menit itu cukup sulit, tetapi hampir tidak mungkin untuk membuat satu lagu yang berdurasi satu jam. 

Namun, karena orang-orang berbakat yang ada di dunia ini, lagu-lagu ini memang ada. Itu sebabnya kami berusaha keras untuk membuat daftar semuanya agar bisa dibaca semua orang. 

Seperti deretan lagu terpanjang di dunia berikut ini yang menarik untuk tahu, sudah kami suguhkan dan kami lansir dari laman facts.net:

Ilustrasi musik

Photo :
  • U-Report

As Slow As Possible

Panjang Lagu: 2001–2640
Artis: Cage

“ Organ2 / (Selambat Mungkin) ” mungkin merupakan entri paling unik dalam daftar lagu terpanjang yang pernah ada. Sama seperti "Lover, Leaver (Taker, Believer)" dari Greta Van Fleet, lagu ini adalah sebuah pertunjukan. Namun, penampilan organ belum berakhir meskipun pertunjukan dimulai pada tahun 2001.

“ASLSP” pada organ adalah jenis durasi yang berbeda karena pertunjukan tidak akan berakhir hingga tahun 2640. Ini adalah karya musik yang dibuat oleh John Cage , seorang komposer musik Amerika, ahli teori musik, artis, dan filsuf. Cage menulis bagian untuk organ alat musik sebagai adaptasi untuk komposisinya "ASLSP" di piano yang dibuat pada tahun 1985. Penampilan "ASLSP" dalam versi piano berlangsung 20 hingga 70 menit tergantung pada pianisnya.

Organ yang menampilkan karya ini berada di gereja St. Burchardi di Halberstadt. Perubahan not selanjutnya dalam pementasannya dimulai pada tanggal 2 Februari 2022. Sedangkan organ sendiri dijadwalkan pada 2640. Selain organ di gereja St. Burchardi, ada pertunjukan lain. Diane Luchese menampilkan karya tersebut pada pukul 8 pagi dan mengakhirinya pada pukul 11 ??malam tanggal 5 Februari 2009. Hingga saat ini, penampilan Luchese adalah penampilan individu terlama dari karya tersebut, dengan durasi 14 jam dan 56 menit.

Symphony of the Crown

Panjang Lagu: 48:39:35
Artis: Earthena

Lagu terpanjang di dunia akhirnya hadir untuk Anda dalam bentuk " Symphony of the Crown " Earthena. Sebagai lagu terpanjang dari semua lagu terpanjang yang pernah ada, "Symphony of the Crown" mengumpulkan durasi 48 jam, 39 menit, dan 35 detik.

Sementara lagu-lagu seperti "Organ ASLSP" ada, "Symphony of the Crown" Earthena membuktikan haknya atas takhta karena Guinness Book of World Records mengakui Earthena memenangkan babak ini sebagai lagu resmi terpanjang. Di Spotify, mereka membuat lagu tersebut menjadi sebuah album dan memotongnya menjadi beberapa bagian, dengan bagian terakhir berlangsung 39:35.

Mereka merilis “Symphony of the Crown” pada 1 Oktober 2021. Pembuatan lagu itu sendiri memakan waktu lebih dari setahun. Earthena menciptakan dan secara resmi merilis lagu tersebut di King City, Ontario di Kanada . Lagu ini diisi dengan ketukan synth dan memiliki pola yang konsisten. Jika Anda ingin mendengarkannya, tersedia di profil Spotify Earthena.

Ilustrasi Musik Game

Photo :
  • pixabay

The Ring Cycle

Panjang Lagu: 15:00:00
Artis: Richard Wagner

Richard Wagner menggubah empat bagian drama musik Jerman, "The Ring Cycle". Kita juga mengenalnya sebagai “Der Ring des Nibelungen (Cincin Nibelung)”, “Cincin Wagner”, dan “Cincin”. Wagner membutuhkan waktu 26 tahun untuk menyelesaikan mahakaryanya dari tahun 1848 hingga 1874. Empat bagian Siklus Cincin adalah “The Rhinegold,” “The Valkyrie,” “Siegfried,” dan “Twilight of the Gods.” Wagner menciptakan "Siklus Cincin" untuk dibawakan bersama-sama, tetapi sebagian besar dilakukan dalam bagian-bagian yang terpisah.

Dari lagu-lagu terpanjang yang ada di dunia, "Wagner's Cycle" mengambil kue dalam hal kinerja. Seluruh produksi "The Ring Cycle" akan memakan waktu empat hari di Opera untuk mengumpulkan seluruh 15 jam epik. Lagu-lagu secara longgar didasarkan pada legenda di Jerman dengan legenda Nordik dan konsep Nibelungenlied . Wagner mengambil inspirasi dari The Song of the Nibelungs , sebuah puisi Jerman Menengah Atas yang dibuat pada tahun 1200-an. Dengan harmoni yang berulang, “The Ring Cycle” menunjukkan keahlian Wagner dalam leitmotif.

The Rise and Fall of Bossanova Section IV

Panjang Lagu: 13:00:00
Artis: PC III

Berbagai pengguna Spotify telah mengkompilasi banyak lagu terpanjang menjadi satu playlist. Tapi apa lagu terpanjang di aplikasi musik? Ini sebenarnya "Kebangkitan dan Kejatuhan Bossanova bagian IV", yang berlangsung sekitar empat jam. Namun, sebenarnya lagu tersebut tidak dibagi menjadi beberapa bagian. Mereka cukup membaginya untuk dijadikan satu album. Durasi sebenarnya dari "The Rise and Fall of Bossanova" adalah 13 jam, dan itu awalnya adalah lagu terpanjang di dunia sampai seseorang baru-baru ini mencopotnya pada tahun 2021.

Michael J. Bostwick menciptakan lagu (yang kemudian dijadikan album) untuk proyek musiknya, The Pipe Choir Three , juga dikenal sebagai PC III. Michael secara resmi merilis lagu tersebut pada 1 November 2016 dengan label independen Creative Commons Pipe Choir. Ini memegang gelarnya sebagai lagu terpanjang yang pernah ada selama empat tahun sebelum "Symphony of the Crown" dirilis. Seorang YouTuber bernama Elise Ecklund, yang meliput konten terkait musik, terus-menerus mendengarkan selama 13 jam menggambarkannya membuatnya merasa mengantuk. Ulasan lain juga menggambarkan lagu tersebut memiliki kemampuan untuk membuat mereka rileks.

Opus Clavicesmbalisticum

Panjang Lagu: 4:00:00
Artis: Kaikhosru Shapurji Sorabji

Kaikhosru Shapurji Sorabji menyelesaikan karyanya “Opus Clavicesmbalisticum” pada tanggal 25 Juni 1930. Apa yang tidak diketahui oleh seluruh dunia dan Sorabji sendiri selama waktu itu adalah bahwa “Opus Clavicesmbalisticum” menjadi salah satu lagu terpanjang yang pernah ada. Namun, itu juga memegang gelar bagian piano terpanjang. Teknik kompleks dan kekuatan mental yang dibutuhkan untuk memainkan “Opus Clavicesmbalisitcum” masih merupakan prestasi yang mengesankan bahkan hingga saat ini. Tergantung pada tempo penampilan Anda, lagu tersebut dapat bertahan selama empat setengah jam.

Setelah Sorabji menyelesaikan lagunya, dia menulis kepada temannya tentang kelelahannya tetapi kepuasannya karena akhirnya menyelesaikan “Opus Clavicesmbalisticum.” Sorabji menyebut beberapa bagian terakhir dari lagu itu mengandung harmoni menggigit yang mirip dengan asam nitrat dan tandingan dengan pembalasan ilahi yang lambat namun tak terhindarkan.

The Whirlwind

Panjang Lagu: 77:54
Artis: Transatlantik

"The Whirlwind" oleh Transatlantic adalah salah satu dari banyak lagu-lagu terpanjang dalam daftar ini yang akan dibagi menjadi beberapa bagian agar sesuai dengan satu album. Album ketiga Transatlantic, The Whirlwind , adalah salah satu lagu panjang yang dirilis pada 23 Oktober 2009. Ada dua belas bagian dalam "The Whirlwind", dimulai dengan Overture/Whirlwind dan diakhiri dengan Dancing with Glory/ Whirlwind (reprise.) Transatlantic dirilis “The Whirlwind” dalam tiga versi berbeda: standar, deluxe, dan edisi khusus double-disc. Edisi deluxe menyertakan video berdurasi 105 menit tentang proses bagaimana lagu itu muncul. 

Mahakarya Transatlantik berhasil menceritakan sebuah kisah yang banyak dari kita akan berhubungan dengannya dalam bentuk "Angin Puyuh." Ini membahas tragedi mendadak yang dihadapi kebanyakan manusia meskipun derajat dan waktu yang berbeda-beda. Meskipun lagu tersebut tidak menunjukkan tragedi yang tepat, lagu tersebut juga dapat melekat pada peristiwa sejarah, seperti perbudakan, perang, dan bentuk lain dari tindakan opresif terhadap umat manusia.

Namun, itu juga dapat diterima di antara orang-orang biasa yang hatinya baik hati tersapu oleh beberapa peristiwa tak terduga, seperti masalah keuangan, hubungan, dan bahkan masalah keluarga. “Angin Puyuh” berakhir dengan pengingat yang menghibur bahwa peristiwa-peristiwa ini membawa kita ke jalan yang benar untuk pertumbuhan kita, mendapatkan penyelesaian kita, dan bahwa suatu hari kita akan menari dengan gembira dan bersyukur atas hal-hal yang telah menyebabkan kita sangat menderita.

Apparente Liberta

Panjang Lagu: 76:44
Artis: Giancarlo Ferrari

Tidak hanya " Apparente Liberta " salah satu lagu terpanjang, tetapi juga lagu pop terpanjang yang pernah direkam pada tahun 2022. Ferrari membuat lagu pada tahun 2005, kemudian merilisnya sebagai salinan fisik (CD) pada tahun 2008. Penyanyi Italia adalah korban kecelakaan pinggir jalan pada tahun 1998, yang dapat menjelaskan distorsi trek vokal yang membuat liriknya agak sulit dipahami. Artis itu sendiri juga merupakan pelopor dan anggota pendiri Some Sad Clowns , sebuah band gothic yang ada dari tahun 1992 hingga 1996.

Makna di balik “Apparente Liberta” berasal dari pandangan sejarah itu sendiri. Ini membahas bagaimana orang cenderung membentuk sejarah menjadi pandangan yang aneh, tergantung pada orang yang berbicara. “Apparente Liberta” menyebut polusi, rasisme, kelas pekerja, perbudakan, politik, dan media massa dalam lagu ini. Ini adalah synthpop dengan nada berulang, pop seni, dan menggunakan sequencer dan pelacak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya