Godai Orang Lain Pakai Foto Makanan Saat Puasa, Bagaimana Pandangan Islam?

Ilustrasi pandangi makanan
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Tak sedikit yang ingin mencoba mengajak memberi lelucon untuk bisa mencairkan suasana sembari mengaitkannya dengan puasa Ramadhan ini. Salah satunya dengan menggoda orang lain melalui kiriman foto makanan yang menggugah selera.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Lantas, bagaimana pandangan Islam terkait itu? Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Mengirim foto makanan melalui media sosial atau pesan tertulis sudah menjadi hal biasa. Tapi, ketika dilakukan di bulan Ramadhan, dengan niat bercanda sekali pun, ternyata tidak baik secara Islam.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Dikutip laman Islmaqa, Ada pun berpuasa sendiri berarti tidak diperbolehkan makan atau minum di siang hari, dan dia harus melakukan itu (puasa) demi Allah dan mencari pahala di sisi-Nya.

Ilustrasi Makanan

Photo :
  • U-Report
Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Allah Ta'ala berfirman (tafsir artinya): "Makan dan minumlah hingga tampak bagimu benang putih (cahaya) fajar dari benang hitam (kegelapan malam), lalu sempurnakanlah puasamu hingga malam tiba", dalam surah Al-Baqarah ayat 187.

Sementara itu, hadist Al-Bukhari (7492) dan Muslim (1151) meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad SAW (berkah dan damai Allah besertanya) berkata: “Allah, semoga Dia dimuliakan dan ditinggikan, mengatakan: 'Puasa adalah untuk Aku dan aku akan hadiah untuk itu; dia meninggalkan keinginannya dan makanan dan minumannya demi Aku.’”

Maka, memperlihatkan gambar makanan dan minuman kepada orang yang berpuasa untuk mengganggunya, melemahkan tekadnya atau menggodanya untuk berbuka puasa adalah perbuatan haram.

Ilustrasi foto makanan.

Photo :
  • Pexels

Ini bertentangan dengan tujuan Pemberi Hukum, dan itu adalah pekerjaan Iblis yang menunggu orang beriman di setiap jalan, untuk menghalangi dia dari kebenaran, 

Sebagaimana Allah berfirman (penafsiran artinya): "Dan Setan (Setan) telah membuat perbuatan mereka tampak indah bagi mereka, dan telah menghalangi mereka dari jalan (Allah), sehingga mereka tidak mendapat petunjuk," surah an-Naml ayat 24.

“(Iblis) berkata: ‘Karena Engkau telah menyesatkanku, pasti aku akan duduk menunggu mereka (manusia) di Jalan Lurus-Mu. 'Kemudian aku akan mendatangi mereka dari depan dan belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka, dan Anda tidak akan menemukan kebanyakan dari mereka sebagai orang yang bersyukur (yaitu mereka tidak akan berbakti kepada Anda)'", surah al-A'raaf ayat 16, 17.

Ilustrasi makanan siap saji.

Photo :
  • U-Report

Jika perbuatan ini haram, maka melakukannya dengan cara bercanda adalah makruh (tidak disukai), dan tidak pantas.

Sebaliknya apa yang tepat adalah untuk menunjukkan rasa hormat kepada apa yang Allah perintahkan, dan mendorong dan membantu orang untuk melakukannya.

Mungkin gambar-gambar makanan ini dapat menggoda mereka yang lemah iman untuk berbuka puasa, sehingga orang yang membuat lelucon ini akan menanggung beban dosa sebagai akibatnya.

Jika tujuannya benar-benar untuk mengganggu orang yang berpuasa, dengan membuatnya merasa kehilangan karena terhalang dari makanan lezat ini, atau untuk melemahkan tekadnya atau membuat ide berbuka puasa menarik baginya, maka ini adalah haram.

Dan perbuatan haram karena bertentangan dengan apa yang dikehendaki oleh Pemberi Hukum sebagaimana tersebut di atas, dan karena menyeru manusia kepada maksiat dan kemaksiatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya