Peringati Europa Day, Delegasi UNI Eropa Gelar Alun Alun Eropa

Festival Alun-Alun Eropa.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia bersama dengan negara-negara anggota Uni Eropa di Indonesia telah menyelenggarakan Festival ‘Alun-Alun Eropa' pertama, sebagai bagian dari perayaan Hari Eropa (Europe Day), yang merupakan ‘hari nasional’ Uni Eropa.

Pemda dan Polres Purworejo Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan di Alun-alun

‘Alun-Alun Eropa’ berlangsung di Jakarta pada Sabtu, 6 Mei 2023 di Plaza Sudirman dan Taman Softball, Kompleks Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta, mulai pukul 07:00 hingga 21:30. Para pengunjung menikmati pertunjukan budaya Eropa dan aneka permainan interaktif untuk keluarga secara gratis, serta mencicipi beragam kuliner khas Eropa.
 
“Eropa kaya akan beragam budaya, destinasi menakjubkan, serta teknologi dan gagasan yang inovatif. Kami senang dapat mempersembahkan semua ini di Festival Alun-Alun Eropa dalam rangka merayakan Hari Eropa dan persahabatan antara masyarakat Eropa dan Indonesia. Dengan adanya festival ini, kami ingin terus mempererat persahabatan antara masyarakat Eropa dan Indonesia,” kata ujar Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket dalam keterangannya.
 
Alun-Alun Eropa menghadirkan suasana pasar-pasar di Eropa yang meriah, menampilkan stan dari Uni Eropa dan negara-negara anggotanya – termasuk Belgia, Denmark, Jerman, Spanyol, Prancis, Italia, Hungaria, Belanda, Polandia, Romania, Finlandia dan Swedia – serta tamu istimewa, Ukraina, dan beberapa perusahaan ternama Eropa.

Festival Alun-Alun Eropa.

Photo :
  • Istimewa
Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

 
Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Ada beragam pengalaman unik, seperti berdansa mengikuti irama flamenco, menjajal permainan Mölkky, serta bincang-bincang dengan travel influencer Kristian Hansen. Alun-Alun Eropa menawarkan beragam kegiatan unik untuk dinikmati semua orang. Di bagian makanan dan minuman, pengunjung berkesempatan untuk mencicipi aneka hidangan khas Eropa. Sementara, untuk pencinta film dan musik, ada pemutaran film spesial yang dipersembahkan oleh ‘Europe on Screen’ dan band terkenal Indonesia, The SIGIT, yang menampilkan lagu-lagu hits mereka.

Sebagai informasi, Hari Eropa diperingati tanggal 9 Mei setiap tahun untuk merayakan perdamaian dan persatuan di Eropa. Tanggal tersebut menandai lahirnya Deklarasi Schuman yang bersejarah. Deklarasi ini diumumkan pada 9 Mei 1950 di Paris, ketika Menteri Luar Negeri Prancis Robert Schuman menyerukan bangsa Eropa untuk bersatu pasca kehancuran akibat Perang Dunia Kedua. Gagasan Schuman yang visioner merupakan dasar integrasi Eropa yang kemudian melahirkan Uni Eropa yang kita kenal saat ini.
 
Setiap tahun di bulan Mei, institusi Uni Eropa dan kantor-kantornya di seluruh dunia mengadakan beragam kegiatan untuk masyarakat dari berbagai usia dalam rangka merayakan Hari Eropa.

Pemain Mamelodi Sundowns

Afrika dan Eropa Lengkap! 26 Tim Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Kuota peserta Piala Dunia Antarklub 2025 hampir sepenuhnya terisi. Dari 32 peserta, sebanyak 26 klub sudah memastikan diri lolos ke ajang yang akan digelar di AS.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024