Andien Aisyah Terapkan Belanja Sesuai Kebutuhan Demi Kurangi Limbah

Andien Aisyah.
Sumber :
  • Instagram @andienaisyah

JAKARTA – Penyanyi solo ternama, Andien Aisyah sudah mulai menjalani pola hidup yang mementingkan kondisi lingkungan. Hal itu diterapkan Andien salah satunya dalam hal berbelanja demi memenuhi kebutuhan pribadi dan rumah tangga.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Andien mulai menerapkan konsep kesadaran dan kritis sebelum mengonsumsi dengan memikirkan terlebih dahulu dampak atas produk yang mereka akan pilih (conscious consumption). Andien memilih sebuah produk untuk digunakan melalui berbagai pertimbangan, dengan fungsi utama untuk memperhatikan lingkungan.

“Sebagai konsumen, sekarang kita membeli sebuah barang bukan hanya tindakan ekonomi semata, karena kita memilih sebuah produk melalui berbagai pertimbangan atas berbagai implikasinya mulai dari kesehatan, lingkungan, sosial, budaya, dan bahkan dari sisi psikologis," kata kata Andien Aisyah di kawasan Gunawarman Jakarta Selatan, Kamis, 24 Agustus 2023.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Andien Aisyah

Photo :
  • Prambanan Jazz Festival 2022

Andien merasa, membeli barang sesuai kebutuhan memiliki banyak manfaat untuk lingkungan salah satunya bisa mengurangi limbah. Seperti yang sudah diketahui, limbah dari produk yang sudah tidak digunakan dapat berpengaruh terhadap lingkungan.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

“Dengan membeli produk sesuai kebutuhan, sebaiknya kita tidak hanya memikirkan bagaimana kita dapat menghemat pengeluaran dengan menggunakan satu produk dalam jangka waktu yang lebih lama, namun juga memikirkan mengenai bagaimana produk tersebut diproduksi termasuk pertimbangan terhadap praktik yang bertanggung jawab terhadap pekerja yang terlibat dan sumber daya alam yang digunakan," kata Andien.

"Lalu, memikirkan juga bagaimana limbah dari sebuah produk yang sudah tidak digunakan akan dapat mempengaruhi lingkungan tempat tinggal kita," tambahnya.

Sekali lagi Andien menekankan pentingnya berpikir matang untuk membeli sesuatu. Sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada lingkungan, Andien yang juga seorang Social & Environmental Advocates ikut dalam kampanye yang diadakan oleh Danone-AQUA dengan tagar #PikirinDulu.

"Jadi, jika saya bisa menyimpulkan, pada dasarnya dalam membeli sesuatu, kita tidak hanya memikirkan benefit yang di dapat dari produk tersebut, tapi juga memikirkan benefit dari hal baik yang dapat kita perbuat dengan menjaga lingkungan dan masyarakat," kata Andien.

Ilustrasi belanja/sale.

Photo :
  • Freepik/freepik

"Oleh karena itu menurut saya meningkatkan awareness untuk selalu #PikirinDulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi sesuatu itu penting sekali, terutama di kalangan generasi muda," tambahnya.

"Selain menghadirkan air minum yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan hidrasi yang menunjang kesehatan masyarakat, kami pun selalu berusaha menjaga keseimbangan antara keberlanjutan bisnis dengan kelestarian alam untuk Indonesia yang lebih sehat, serta memberikan upaya terbaik untuk mengelola dampak lingkungan dan sosial sesuai dengan visi perusahaan," kata Arif Mujahidin selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya