Berawal dari Hobi Game Online, YouTuber Sain Mandra Bisa Beli Tanah hingga Bangun Rumah

Sain Mandra
Sumber :
  • dok pri

JAKARTA – Dunia digital kini sapat menjadi ladang rejeki yang tak terkira bagi sebagian orang, termasuk YouTuber Sain Mandra. Pemilik nama asli Felix Pranajaya itu tidak menyangka dapat menjadi seorang YouTuber sukses di usia yang masih muda.

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Ia mengawali karier sebagai penyuka game online Mobile Legends di tahun 2018. Saat itu, Sain Mandra menjadi joki game online dan mulai membagikan kontennya. Sayangnya, belum banyak orang yang tahu soal game itu sehingga namanya belum terkenal. Scroll lebih lanjut ya.

Melihat peluang lain di YouTube, Sain Mandra mulai melebarkan sayapnya untuk membuat berbagai konten menarik yang akhirnya bisa membesarkan namanya sampai saat ini.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

"Awal mula karier Felix di tahun 2018 adalah ngejoki akun Mobile Legends. Tadinya ngga ramai karena sedikit orang yang tahu Mobile Legends," kata Sain Mandra kepada pewarta di Jakarta, baru-baru ini.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

"Berkembangnya zaman, saya mulai nge-YouTube hingga sekarang, sampai punya sejuta lebih subscribers," tambahnya.

Sebagai YouTuber dengan jutaan pengikut lantas membuat Sain Mandra dibanjiri rejeki yang tak terhingga. Pendapatannya di YouTube pun meningkat dengan semakin banyaknya orang yang tertarik menonton konten buatannya.

Ilustrasi platform YouTube.

Photo :
  • Business Insider

Dari situlah, Sain Mandra mulai menabung hingga bisa membeli banyak hal yang sudah lama ia impikan. Sain Mandra berhasil membeli tanah hingga rumah di daerah asalnya yakni Sambas, Kalimantan Barat. Rumah tersebut masih dalam proses pembangunan sehingga Sain Mandra perlu menyiapkan beberapa hal.

"Beli tanah, bikin rumah, beli ruko di kawasan Sambas, Kalimantan Barat. Belum bisa membeli mobil karena masih kepikiran belum punya garasi dan faktor rumah belum selesai dibuat," tutur Sain Mandra.

Pendapatan Sain Mandra lewat kanal YouTubenya bisa menghasilkan hingga puluhan juta setiap bulan. Pendapatan paling besar yang masuk ke kantongnya itu berasal dari hasil kerjasama pengiklan yang dipasang di video saluran YouTubenya.

"Dari Adsense bisa dapat 50 sampai 70 juta rupiah perbulan. Adsense tertinggi pernah nyentuh 150 juta rupiah," bebernya.

Playoff Mobile Legends Season 6: Onic Esports Vs RRQ Hoshi.

Photo :
  • VIVA.co.id

Menjadi YouTuber sukses tidak membuat Sain Mandra kehilangan hobinya bermain game online Mobile Legends. Ia tetap menjadikan hobinya itu sebagai ladang rejeki dengan cara menjual diamond game. 

Pendapatannya dari menjual diamond itu memang tidak menentu karena peminat game tersebut tidak setiap saat mencari diamond. Namun saat ada event besar, Sain Mandra bisa menghasilkan uang hingga Rp30 juta dari penjualan diamond tersebut.

"Tapi itu penghasilannya ngga tentu ya. Biasanya ramainya kalau lagi ada event di gim tersebut, ya sekitar 20 sampai 30 juta rupiah kalau lagi ramai (penjualan diamond Mobile Legends)," ujarnya.

Di tahun 2024 mendatang, Sain Mandra bercita-cita membangun kos-kosan sebanyak 20 hingga 40 pintu untuk menyalurkan uang yang dimilikinya. Tak lupa, Sain Mandra juga ingin membuatkan tempat tinggal yang nyaman untuk kedua orang tuanya.

Ia pun berpesan untuk siapapun yang baru ingin merintis karier sebagai YouTuber maupun gamer agar selalu konsisten melahirkan karya dan menikmati proses untuk menuju kesuksesan.

"Harus merintis dan konsisten. Intinya semua proses ngga ada yang instan, jadi harus merintis dan menikmati perjalanannya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya