Kurangi Polusi Udara, Erick Thohir Minta Tanam 70 Ribu Pohon Secara Serentak

Polusi Udara Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

JAKARTA – Dalam konteks kawasan perkotaan seperti DKI Jakarta yang sering kali terpapar polusi udara, penanaman pohon menjadi bagian integral dari strategi mitigasi terhadap dampak perubahan iklim

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Modern dan Tradisional dalam Sembilan Inspirasi Busana

Pohon-pohon tersebut membantu menjaga keseimbangan ekosistem, mengurangi suhu permukaan, dan meminimalisir dampak panas yang sering terasa di musim panas. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Hal itulah yang menginisiasi diluncurkannya kampanye Gotong Royong Boyong Pohon BUMN, yang menanam lebih dari 8.000 tanaman yang terkemas dalam vertical garden di area gedung Indonesia Re.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan

Kampanye ini bertujuan untuk menghijaukan wilayah Jabodetabek, khususnya DKI Jakarta, serta memperbaiki kualitas udara. Kampanye ini melibatkan 130 karyawan Indonesia Re, mulai dari jajaran direksi hingga staf dalam kegiatan penanaman vertical garden ini. 

Jadi Sorotan Media Asing, Erick Thohir Tegaskan Timnas Indonesia Akan Terus Terbang Tinggi

Kegiatan penanaman tanaman vertical garden di gedung Indonesia Re juga merupakan wujud realisasi CSV (Creating Shared Value) bagi perusahaan.

Robbi Y Walid, Direktur Manajemen Risiko, Kepatuhan, SDM, dan Corporate Secretary Indonesia Re, menyatakan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan di DKI Jakarta, khususnya di sekitar area lingkungan perusahaan. 

“Udara yang bersih tentunya akan berdampak bagi kesehatan karyawan dan masyarakat sekitar, sehingga CSV atas kegiatan penanaman pohon yang merupakan komitmen kami terhadap pembangunan yang berkelanjutan tercapai,” ujar Robbi saat penanaman pohon, dikutip dari keterangannya, Rabu 11 Oktober 2023.

Robbi menambahkan, pihaknya juga telah menunjukkan komitmennya dalam program perbaikan lingkungan melalui beberapa program lainnya yaitu penanaman Mangrove di Kepulauan Seribu, serta membuat Bank Sampah dengan mengurangi jumlah sampah yang terbuang langsung ke TPA melalui pengelolaan sampah terintegritas di Mandalika dan Likupang.

Sebelumnya pada acara penanaman pohon di Kementerian BUMN, Erick Thohir merasa yakin bahwa program ini akan efektif dalam upaya mengurangi polusi udara, berdasarkan prinsip kolaboratif.

 “Saya rasa harus dimulai oleh insan BUMN untuk mengatasi masalah polusi di Jakarta. Penanaman pohon dimulai dari lingkungan kantor BUMN dan seluruh karyawannya. Saya meminta untuk menanam 70.000 pohon secara serentak melalui gerakan Satu Orang Satu Pohon,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya