Riset Penelitian: Pasangan yang Gelar Pernikahan Mewah Rentan untuk Bercerai 

Ilustrasi pernikahan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Sepasang pengantin baru-baru ini menuai sorotan warganet di media sosial. Hal tersebut tentu tak lepas dari perayaan pesta pernikahannya yang digelar secara besar-besaran dan super mewah. 

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Ya, kalian pasti sudah tidak asing dengan pasangan yang kerap disapa dengan crazy rich asal Surabaya. Pasangan tersebut menggelar pernikahannya yang mewah pada Sabtu, 18 November 2023 di sebuah hotel bintang lima yakni The Westin, Surabaya.

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Pasangan yang dijuluki crazy rich Surabaya tersebut menggelar pesta pernikahan dengan konsep royal wedding. Tak hanya itu, banyak mususi papan atas dari mancanegara pun dihadirkan untuk memeriahkan momen sakral tersebut. 

Konon katanya, acara resepsi ini digelar dengan menggelontorkan dana senilai Rp75 miliar. Menakjubkan bukan? Hal tersebut diketahui dari berbagai sumber, salah satunya akun TikTok @daily_conten.

4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Menggelar sebuah pesta pernikahan mewah dan besar-besaran sesuai impian tentu menjadi dambaan semua orang. Namun sebelum menggelar pesta pernikahan yang super megah dan mewah, seseorang harus tahu bahwa ada sebuah penelitian yang mengungkapkan jika pasangan yang menghabiskan banyak uang pada hari bahagianya, cenderung rentan terhadap perceraian lho. Benarkah begitu?

Mengutip laman The Independent, riset terkait dengan pesta pernikahan yang mewah di atas merupakan hasil penelitian dari profesor ekonomi bernama Andrew Francis-Tan dan Hugo M Mialon. 

Di mana keduanya sempat melakukan survei dengan bantuan 3.000 responden di Amerika Serikat yang sudah menikah dan pernah menikah.

Pernikahan mewah Crazy Rich Surabaya

Photo :
  • TikTok

Hasilnya mengejutkan, bahwa dari riset tersebut ditemukan kalau semakin banyak uang yang dibelanjakan, kemungkinan bercerai semakin besar pula, terutama mereka yang menghabiskan uang di atas 2.000 dolar AS atau setara dengan Rp31 juta hanya untuk membeli cincin pernikahan.

Lain halnya dengan pasangan yang mengadakan pesta pernikahan sesederhana mungkin atau hanya menghabiskan uang 500 dolar AS atau Rp7 juta saja untuk membeli cincin pernikahan, di mana pernikahan mereka justru langgeng sampai sekarang.

Sedangkan terkait biaya pernikahan, pasangan yang hanya menghabiskan 1.000 dolar AS atau Rp15 juta menunjukkan penurunan yang signifikan dalam kemungkinan perceraian.

Ilustrasi pasangan bercerai.

Photo :
  • inmagine

Para peneliti juga menemukan hal lain yang bisa menjadi pemicu perceraian, yakni seberapa penting penampilan antar pasangan dalam keputusan untuk menikah.

“Melaporkan bahwa penampilan pasangan penting dalam keputusan menikah secara signifikan dikaitkan dengan durasi pernikahan yang lebih pendek,” kata Profesor Mialon dikutip VIVA.co.id pada Senin, 27 November 2023.

Kendati begitu, tidak semua pasangan pengantin yang pernah menggelar pesta mewah dan megah bercerai begitu saja. Ditemukan juga, bahwa mereka yang menghabiskan banyak biaya saat bulan madu, justru berkaitan dengan risiko perceraian yang  rendah.

Daripada menghabiskan banyak uang untuk pesta pernikahan, ada baiknya menabung uang untuk liburan santai pasca pernikahan, dan menabung untuk kehidupan di masa depan. Bukan begitu?

Di mana dengan liburan bersama pasca pernikahan tentu memberikan dampak positif dan manfaat luar biasa lainnya untuk hubungan Anda dan pasangan Anda.

                        

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya