8 Jenis Ikan Koi Terpopuler di Indonesia, dari Murah hingga Mahal

Ikan Koi
Sumber :
  • google

Jakarta – Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang sangat digemari banyak kalangan, selain warnanya yang mencolok, ikan ini digemari juga karena dianggap dapat membawa keberuntungan bagi si pemilik.

Ahli Feng Shui Sebut Tahun Naga Kayu Bisa Jadi Gudang Uang, Caranya Cuma Rapikan Bagian Ini di Rumah

Di masyarakat, seringkali ikan koi dianggap varian dari ikan mas, padahal secara genetik keduanya tidak sama. Ikan Koi adalah jenis ikan yang termasuk cyprinus rubrofuscus sementara ikan mas termasuk cyprinus carpio.

Jenis ikan koi dibedakan tergantung dari warna, pola, dan ukurannya. Beberapa unsur warna yang kerap dijumpai adalah putih, hitam, merah, kuning dan krem.

Tradisi Menyambut Perayaan Imlek, dari Sembahyang Para Leluhur hingga Terima Angpao

Lantas, apa saja jenis-jenis ikan koi?

Berikut informasi selengkapnya dilansir dari sejumlah sumber, Senin 27 November 2023:

Rahasia Keberuntungan Imlek: Mengapa Jeruk Mandarin Istimewa?

1. Koi Chagoi (Rp200 ribu)

Ikan Koi Chagoi

Photo :
  • YouTube

Chagoi merupakan jenis ikan koi dengan harga paling murah di pasaran. Koi Chagoi tidak memiliki corak, ciri khas koi jenis ini memiliki perpaduan warna abu-abu dilapisi warna kuning keemasan, hampir menyerupai warna cokelat.

2. Koi Sanke (Rp250 ribu)

Ikan koi

Photo :
  • Instagram/@bodhi_rocks

Sanke merupakan jenis ikan koi yang memiliki paling banyak penggemar di Indonesia, selain harganya tidak terlalu mahal, corak koi jenis ini juga terbilang indah dan cerah dipandang. Sanke memiliki ciri warna yang tajam, sirip berwarna putih, corak hitam atau sumi.

3. Koi Ochiba (Rp250 ribu)

Ikan koi Ochiba

Photo :
  • Tokopedia

Ikan koi ochiba shigure memiliki ciri khas warna dasar putih yang pucat, dipadukan dengan corak berwarna jingga pucat atau cokelat tembaga.

4. Koi Kohaku (Rp500 ribu)

Ikan Koi Kohaku

Photo :
  • YouTube

Kohaku juga merupakan jenis koi yang sangat disukai banyak orang. Koi jenis ini memiliki ciri tubuh putih, dengan tanda merah menyala di beberapa bagian tubuhnya. Ini dianggap sebagai salah satu varietas 'tiga besar' Koi, bersama dengan Sanke dan Showa.

5. Koi Tancho (Rp700 ribu)

Ikan Koi Tancho

Photo :
  • YouTube

Tancho merupakan jenis koi yang memiliki tubuh putih keperakan. Ikan jenis ini terlihat sangat minimalis dengan corak bulat berwarna merah terang pada bagian kepala.

6. Koi Shiro Utsuri (Rp700 ribu)

Ikan Koi Shiro Utsuri

Photo :
  • YouTube

Koi Shiro Utsuri adalah koi yang memiliki warna hitam putih. Berbeda dengan saudaranya jenis Shiro Bekko, Koi Shiro Utsuri memiliki sebaran warna hitam sampai ke daerah kepala, sementara Shiro Bekko tidak.

7. Koi Showa (Rp1 juta)

Ikan koi Showa

Photo :
  • Jual ikan koi

Showa adalah jenis ikan koi hias. Showa juga dikenal sebagai Showa Sanshoku. Showa memiliki tubuh hitam, dengan tanda merah dan putih di seluruh tubuh. Showa adalah salah satu jenis 'Tiga Besar', bersama terdiri dari Kohaku dan Sanke. Showa awalnya dikembangkan oleh Jukichi Hoshino sekitar tahun 1927.

8. Koi Slayer (Rp1,5 juta)

ikan koi Slayer

Photo :
  • YouTube

Salah satu jenis ikan koi yang terbilang cukup diminati para kolektor ikan hias adalah koi slayer. Ikan ini memiliki keunggulan berupa bentuk badan yang indah dan warna yang sangat beragam. Koi jenis ini memiliki ciri sirip yang panjang menyerupai kain.

Zodiak

5 Zodiak yang Sukses dan Hoki Besar di Tahun 2024, Ada Scorpio hingga Libra

Semua orang ingin sukses, tetapi tidak semua orang bisa mencapainya. Ada banyak faktor yang membuat seseorang bisa mendapat keberuntungan dan kesuksesan.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024