5 Tips Hemat Anti Boncos Buat Generasi Z, Dijamin Cukup Sampai Akhir Bulan

Ilustrasi tagihan uang
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Generasi Z, yang merupakan kelompok usia yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga awal 2010-an, seringkali dihadapkan pada tantangan keuangan, terutama dalam mengelola pengeluaran mereka. 

Baru Lunas di Usia 45 Tahun, Meisya Siregar Ingatkan Gen Z Soal Rumah KPR

Dengan biaya hidup yang terus meningkat, penting bagi Gen Z untuk mengembangkan kebiasaan hemat agar uang mereka cukup hingga akhir bulan. Berikut adalah lima tips hemat yang dapat membantu mereka mencapai tujuan tersebut dihimpun dari berbagai sumber.

1. Buat Anggaran Bulanan

Sri Mulyani Ungkap Mood dan Fokus Para Pembuat Kebijakan Keuangan Global Lagi Begini

Ilustrasi uang

Photo :
  • vstory

Langkah pertama untuk mengelola keuangan dengan baik adalah membuat anggaran bulanan. Tentukan pendapatan dan alokasikan sejumlah dana untuk kebutuhan pokok seperti makanan, transportasi, dan tagihan bulanan. 

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

Dengan memiliki panduan anggaran, Gen Z dapat lebih mudah mengontrol pengeluaran mereka dan mengetahui seberapa banyak yang bisa mereka sisihkan untuk keperluan lain.

2. Hemat di Belanja Online

Ilustrasi belanja online

Photo :
  • Tokopedia

Belanja online seringkali menjadi godaan besar, terutama dengan banyaknya penawaran diskon dan promo. Namun, Gen Z dapat menghemat uang dengan membandingkan harga dan memanfaatkan kode promo. 

Selain itu, bisa juga menunggu periode diskon besar seperti Harbolnas atau Black Friday. Selain itu, pertimbangkan untuk membeli barang bekas atau second-hand yang masih dalam kondisi baik untuk mengurangi pengeluaran.

3. Investasikan dalam Keterampilan Diri

Ilustrasi siswi kursus Bahasa Inggris

Photo :
  • ICR

Investasi tidak selalu berkaitan dengan uang, tetapi juga dengan keterampilan dan pengetahuan. Gen Z dapat menghabiskan waktu mereka untuk belajar keterampilan baru melalui kursus online atau sumber belajar gratis. 

Keterampilan tambahan dapat membuka peluang pekerjaan baru atau bahkan menghasilkan penghasilan tambahan, sehingga uang yang diinvestasikan dalam pendidikan diri dapat menjadi investasi jangka panjang.

4. Hindari Utang yang Tidak Perlu

Ilustrasi utang.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Kartu kredit dan pinjaman dapat menjadi jebakan untuk Generasi Z. Hindari mengakumulasi utang yang tidak perlu dengan hanya menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan mendesak dan memastikan untuk membayar tagihan tepat waktu. Sebisa mungkin, hindari pinjaman yang bersifat konsumtif dan fokus pada membangun keuangan yang stabil.

5. Buat Cadangan Keuangan

Ilustrasi tagihan uang

Photo :
  • Istimewa

Sangat penting untuk memiliki dana darurat yang cukup untuk mengatasi keadaan darurat atau ketidakpastian. Sisihkan sebagian kecil dari pendapatan bulanan untuk membangun cadangan keuangan. Hal ini akan memberikan rasa aman dan membantu menghindari situasi keuangan yang sulit jika tiba-tiba ada pengeluaran tak terduga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya