Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan 3 Krisis Lingkungan Harus Diselesaikan Bersama

Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin
Sumber :
  • BPMI Setwapres

JAKARTA – Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Maruf Amin kembali menyerahkan Anugerah Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) kategori Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Peringkat kinerja PROPER dibedakan menjadi lima warna yaitu Emas, Hijau, Biru, Merah dan Hitam. Warna Biru adalah kategori ketaatan minimal, sedangkan Merah dan Hitam menandakan ada kriteria yang belum terpenuhi bahkan sampai pelanggaran. Sedangkan Hijau dan Emas adalah kriteria penilaian aspek yang masuk kategori lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance). Scroll untuk informasi selengkapnya.

Pemerintah mendorong semua perusahaan di Indonesia untuk memiliki ketaatan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Melalui PROPER, Kinerja Perusahaan diukur melalui berbagai inisiatif yang telah dilakukan terkait lingkungan. 

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Ma’ruf Amin menyatakan bahwa PROPER harus mengaplikasikan prinsip ekonomi hijau. Perlu selalu diingatkan persoalan tiga krisis lingkungan yaitu perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati dan pencemaran lingkungan, ketiganya memerlukan penyelesaian bersama.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

"PROPER seyogyanya menjadi platform bagi perusahaan untuk ambil bagian dalam pembangunan berkelanjutan. Penilaiannya juga ke depan semakin berkembang dengan penilaian daur hidup, inovasi sosial juga penilaian kepemimpinan hijau,” kata wapres.

"Guna memenuhi target SDG, peningkatan kolaborasi multipihak dan peran aktif dunia usaha menjadi salah satu kunci untuk menyelesaikan tantangan lingkungan yang ada,” tambahnya. 

Salah satu perusahaan yang mendapat PROPER kategori Emas adalah PT Tirta Investama – Pabrik Mambal (AQUA Mambal). Anugerah ini diterima langsung oleh Regional Operation Director Danone Indonesia Sigit Prayudo di Hotel Bidakara, Jakarta pada 20 Desember 2023 lalu. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar M.Sc. turut mendampingi Wapres pada kesempatan tersebut.

Tahun ini sebanyak 5 pabrik yaitu AQUA Mambal, Klaten, Subang, Cianjur, dan Ciherang sempat menjadi kandidat emas dan menjalani proses penilaian ketat dari Dewan PROPER, sebelum akhirnya AQUA Mambal yang lolos menerima PROPER Emas untuk keenam kalinya.

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto mengatakan, Danone Indonesia memiliki misi menghadirkan kesehatan bagi Indonesia melalui produk berkualitas sekaligus memberikan dampak positif bagi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. 

“Melalui berbagai program serta inovasi sosial, kami berharap dapat memperteguh posisi sebagai mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan Target Pembangunan Berkelanjutan, khususnya dalam penyediaan pangan sehat dan berkelanjutan yang akan mengurangi angka kelaparan, sembari mendorong pemberdayaan perempuan, mengurangi ketimpangan dan kemiskinan," beber Vera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya