Manfaat Sedekah Agar Pahala Berlipat Ganda di Bulan Ramadhan

Seorang wanita sedang memberi sedekah kepada pemulung di Jakarta.
Sumber :

VIVA – Sebagai perbuatan terpuji, sedekah adalah memberikan sesuatu kepada mereka yang berhak menerimanya. Selain memberikan sebagian harta, sedekah juga dapat dilakukan dengan berbuat baik, seperti tersenyum, membantu orang lain, berbicara dengan baik, dan mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Sedekah sangat disukai oleh Allah SWT dan memiliki banyak manfaat bagi mereka yang melakukannya, seperti mendapat pahala dari Allah SWT, memberikan ketenangan, kebaikan batin, membuat hidup lebih bahagia untuk diri sendiri dan orang lain, serta akan membawa keberkahan.

Ilustrasi bersedekah.

Photo :
Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Menurut Peraturan BAZNAS Nomor 2 tahun 2016, sedekah didefinisikan sebagai pengeluaran harta seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk keselamatan umat atau masyarakat umum. Sebaliknya, kata "Shodaqoh" berasal dari kata "sidq (Sidiq), yang artinya "kebenaran."

Berikut manfaat dari sedekah bagi mereka yang membutuhkan di bulan Ramadhan, dilansir dari Baznas Kota Yogyakarta pada Kamis, 14 Maret 2024 : 

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

1. Meningkatkan Pahala

Seperti yang sering kita dengar, segala amal yang dilakukan selama bulan Ramadhan akan diberi pahala berlipat ganda dari Allah SWT, sehingga sedekah yang dilakukan selama bulan ini dianggap lebih berharga dan memiliki nilai yang lebih besar.

2. Menghapus Dosa

Rasulullah SAW mengatakan bahwa sedekah memiliki kemampuan untuk menghapus dosa-dosa orang yang melakukannya, terutama jika dilakukan selama bulan Ramadhan. Orang yang melakukan sedekah ini akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT dan dibersihkan dari semua dosa-dosanya.

3. Menciptakan Kebahagiaan

Jika seseorang melakukan sedekah di bulan Ramadhan, itu dapat menghasilkan kebahagiaan dan keberkahan dalam kehidupan mereka. Orang yang menerima sedekah juga akan bahagia atas rezeki yang diberikan oleh Allah melalui orang tersebut. Dengan syarat bahwa orang yang memberi sedekah melakukannya dengan ikhlas dan tulus, mereka akan menerima pahala yang berlipat ganda.

4. Membantu Orang Miskin dan Mereka yang Membutuhkan

Bulan Ramadhan adalah saat di mana orang-orang yang tidak beruntung merasakan kebutuhan mereka. Dengan menyediakan makanan untuk berbuka puasa atau sahur, kita dapat membantu orang-orang yang kurang beruntung di bulan ini.

5. Mendekatkan Diri dengan Allah SWT

Salah satu dari banyak amalan ibadah yang dianjurkan selama bulan Ramadhan adalah sedekah, ini adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan menunjukkan rasa syukur atas rezeki yang diberikan-Nya.

Ilustrasi sedekah

Photo :

6. Meraih Keberkahan dari Rezeki

Rasulullah SAW mengatakan bahwa sedekah akan menambah kehidupan dan rezeki seseorang, bukan menguranginya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya