Harta Karun Tersembunyi! Keluarga Temukan Karya Seni Jepang Curian Perang Dunia II di Loteng

Keluarga Temukan Karya Seni Jepang Curian Perang Dunia II di Loteng
Sumber :
  • NPR

JEPANG – Di loteng sebuah rumah di Massachusetts, ditemukan bukan hanya satu, bukan dua, tapi 22 barang antik Jepang yang dicuri, termasuk peta yang digambar tangan, keramik, dan potret raja-raja Okinawa, beberapa di antaranya berasal dari abad ke-18 atau tahun 1700-an

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Barang-barang tersebut ditemukan tahun lalu di dalam kediaman seorang veteran Perang Dunia II, yang anak-anaknya sedang memilah-milah barang-barangnya setelah dia meninggal, menurut FBI.

Keluarga Temukan Karya Seni Jepang Curian Perang Dunia II di Loteng

Photo :
  • NPR
Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Keluarga tersebut kemudian memberi tahu pihak berwenang. Pada hari Jumat, FBI mengumumkan bahwa artefak tersebut telah sampai ke Jepang. Keluarga tersebut tidak mau disebutkan namanya, kata FBI.

Artefak yang dikembalikan meliputi enam potret, peta Okinawa yang digambar tangan, dan beberapa potongan keramik. Sebagian besar karya tersebut berasal dari abad ke-18 dan ke-19.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

“Inilah yang membentuk sebuah budaya. Dan tanpanya, Anda menghilangkan sejarah mereka,” kata Geoffrey Kelly, agen khusus FBI yang berbasis di Boston yang menangani kasus ini, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari NPR, Senin, 18 Maret 2024.

“Jadi, sangat penting bagi kita sebagai penjaga artefak dan warisan budaya untuk melakukan segala upaya yang kita bisa untuk memastikan bahwa benda-benda tersebut kembali ke peradaban dan budaya di negara tempat mereka berada,” tambahnya.

Jepang berencana mengadakan upacara repatriasi resmi artefak tersebut pada hari Jumat.

“Sangat berarti bahwa FBI, bersama dengan pihak lain di Pemerintahan AS, telah bekerja sama untuk mewujudkan pengembalian ini,” kata gubernur Prefektur Okinawa, Denny Tamaki, pada hari Jumat, menurut siaran pers FBI.

Museum Nasional Seni Asia Smithsonian Institution di Washington, D.C., juga membantu memastikan barang-barang tersebut dikemas dengan benar untuk dikirim ke Jepang.

Keluarga Temukan Karya Seni Jepang Curian Perang Dunia II di Loteng

Photo :
  • NPR

Menurut FBI, benda-benda tersebut mengejutkan keluarga tersebut, terutama karena ayah mereka belum pernah bertugas di Teater Pasifik.

Jadi, mereka melakukan penelitian dan menemukan bahwa beberapa barang milik ayah mereka telah dimasukkan ke dalam National Stolen Art File milik FBI sekitar 20 tahun yang lalu.

National Stolen Art File adalah database yang dapat dicari untuk membantu masyarakat dan penegak hukum menentukan apakah suatu barang pernah dicuri.

Pada tahun 1945, selama Pertempuran Okinawa dalam Perang Dunia II, banyak dokumen dan harta karun dari Kerajaan Ryukyu dirampas. Kerajaan Ryukyu memerintah di Okinawa dari tahun 1429 hingga 1879. Pada tahun 2001, pejabat Jepang mendaftarkan barang-barang yang hilang tersebut ke File Seni Curian Nasional AS.

FBI mengatakan di dalam rumah di Massachusetts terdapat surat yang tidak ditandatangani dan diketik, yang menyatakan bahwa barang-barang tersebut dikumpulkan di Okinawa pada hari-hari terakhir Perang Dunia II.

Lebih dari 20.000 item telah ditemukan melalui Program Kejahatan Seni FBI sejak diluncurkan pada tahun 2004.
Menurut National Stolen Art File, masih ada beberapa barang antik Okinawa yang hilang, termasuk potret dan mahkota kerajaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya