Sikat Gigi Siang Hari Batalkan Puasa Ramadhan? Ini Kata Buya Yahya

KH Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Saat menjalankan puasa Ramadhan, tidak sedikit umat Muslim yang bingung terkait rumor di kalangan mereka. Misalnya saja soal sikat gigi saat siang hari dapat membatalkan puasa.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Sikat gigi pada siang hari di bulan Ramadhan sendiri kerap menjadi perdebatan hingga saat ini.

Prof. KH.Yahya Zainul Maarif atau Buya Yahya

Photo :
  • Istimewa
Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Lantas, benarkah menyikat gigi saat puasa dapat membatalkan?

Menjawab hal tersebut, Pengasuh Pondok Pesantren Al Bahjah, KH Yahya Zainul Ma'arif atau yang akrab disapa Buya Yahya mengatakan bahwa yang dapat membatalkan puasa adalah memasukkan sesuatu ke lubag mulut, dan yang dimaksud memasukkan adalah menelannya.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Oleh karena itu, selagi tidak menelannya maka tidak membatalkan, misalnya berkumur dalam wudhu.

“Sikat gigi kembali ke fiqih praktisnya. Yang membatalkan puasa adalah memasukkan sesuatu ke lubang mulut. Yang dimaksudkan memasukkan sesuatu ke lubang mulut itu adalah menelannya. Menelan itu yang membatalkannya,” kata Buya Yahya di YouTubenya dilihat Rabu, 20 Maret 2024.

Kendati tidak membatalkan puasa, Buya Yahya tetap menganjurkan untuk menyikat gigi sebelum imsak sehingga mencegah odol tertelan.

Ilustrasi sikat gigi.

Photo :
  • Pixabay

“Sikat gigi ada odolnya, kalau tertelan (puasa) batal karena itu. Karena odol ada bendanya, ada rasanya dimasukkin ke mulut batal,” paparnya.

“Maka lebih baik kita waspada sikat gigi sebelum seruan imsak. Sikat gigi selesai jangan sampai sikat gigi di siang hari kalau sikat gigi di siang hari tidak membatalkan asalkan tidak tertelan akan tetapi harus waspada,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya