Unik, Pameran Ini Mendukung Pertumbuhan Berkelanjutan Sektor UMKM

Meorient Exhibition International
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Meorient Exhibition International dengan bangga mengumumkan bahwa mereka akan menyelenggarakan Machinex, sebuah pameran dagang berskala internasional untuk mesin industri, peralatan, serta bahan dan jasa manufaktur. Acara ini dijadwalkan berlangsung dari tanggal 4 hingga 7 Juni 2024 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Kabar baik datang dengan adanya dukungan yang signifikan dari Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), yang menandai kolaborasi strategis antara kedua entitas dalam mendukung dan memajukan industri manufaktur Indonesia.

Kemenparekraf Kick Off Fase Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024, Diawali Dua Kota Ini

Machinex diharapkan akan menjadi platform yang signifikan dengan lebih dari 600 exhibitor dari berbagai belahan dunia yang akan memamerkan lebih dari 30 ribu produk inovatif terkait mesin industri, teknologi, dan peralatan terbaru. Fokus utama pameran ini adalah pada berbagai sektor seperti peralatan logistik dan rantai pasok, teknologi kompresor dan vakum, teknologi transmisi daya dan kontrol, mesin dan peralatan konstruksi, peralatan industri, teknologi pertanian, mesin plastik, mesin pengemasan dan pengolahan, serta mesin percetakan. Scroll lebih lanjut ya.

Larissa Zhou, General Manager Meorient Exhibition International, menyatakan, "Kerja sama dengan ALI merupakan langkah penting dalam misi kami untuk memperkuat industri logistik Indonesia. Machinex bukan hanya sebuah pameran, tapi sebuah platform bagi pelaku industri untuk mengakses teknologi terbaru, memperluas jaringan bisnis, dan mendorong inovasi yang akan memajukan industri logistik Indonesia."

Dari TikTok ke Kehidupan Nyata: Kisah Inspiratif Aisyah, Kreator Affiliate Sukses Bantu Keluarga

Data terbaru menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam industri logistik Indonesia pada tahun 2023. Menurut riset Ken Research, nilai pasar logistik di Indonesia diperkirakan mencapai US$278,4 miliar (sekitar Rp4,37 kuadriliun), dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai Rp1.090,2 triliun. Peningkatan ini merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan sektor-sektor lain berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Terpopuler: Polisi Gerebek Pameran Otomotif, Pesan Mobil Sport Listrik Rp1,1 Miliar

"Pertumbuhan ini menegaskan pentingnya sektor logistik bagi ekonomi Indonesia, serta menggarisbawahi peluang dan tantangan yang dihadapi oleh sektor ini dalam menjawab kebutuhan pasar domestik dan internasional," kata Larissa.

Meorient Exhibition International

Photo :
  • ist

Mahendra Rianto, Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), berharap bahwa Machinex dapat menjadi katalisator pertumbuhan untuk industri logistik di Indonesia, yang saat ini mengalami pertumbuhan yang signifikan. Ia menyatakan harapannya bahwa pameran ini akan didorong oleh pemulihan pasca-pandemi dan peningkatan kegiatan ekonomi, termasuk pemilu dan e-commerce. Berdasarkan data Supply Chain Indonesia, sektor ini diperkirakan akan terus berkembang seiring dengan meningkatnya permintaan pasar domestik.

"Dukungan kami terhadap Machinex mencerminkan komitmen kami untuk meningkatkan standar dan kapabilitas logistik Indonesia, yang akan memberi manfaat langsung kepada seluruh sektor industri. Kami memperkirakan kontribusi sektor logistik terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) akan lebih tinggi lagi pada tahun ini. Peluang terbesar diperkirakan berada pada industri pengolahan, makanan dan minuman, pertambangan, kehutanan, perikanan, pertanian, otomotif, UMKM, dan perdagangan online," kata Mahendra Rianto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya