Waspada, Kandungan Berbahaya di Lipstik Bisa Rusak Otak

Berhias dengan lipstik.
Sumber :
  • Pixabay/Kaboompics

VIVA – Lipstik merah identik dengan rona seksi sekaligus anggun. Tak heran, warna lipstik merah menjadi kegemaran kaum wanita. Tetapi, di balik beberapa produk lipstik yang Anda gunakan, ternyata terdapat kandungan bahan kimia berbahaya yang patut diwaspadai.

Pakai Lipstik Bikin Batal Puasa? Begini Jawaban UAS

The Food and Drug Administration dan Campign for Safe Cosmetic memulai penelitian terkait lipstik merah sejak tahun 2007 dengan hasil 61 persen dari 33 merek lipstik populer positif memiliki kandungan bahan kimia berbahaya. Studi lanjutan yang dilakukan oleh FDA pada 2010 silam, menemukan kandungan racun berbahan metal di lipstik merah yang mencakup chromium, aluminum, dan manganese.

"Kontaminasi timbal pada lipstik ini bisa berdampak buruk pada ibu dan anak-anaknya. Bahkan, kandungan bahan kimia berbahaya juga ditemukan di produk untuk pria seperti pewarna rambut," ujar Direktur Kebijakan dan Program di Breast Cancer Prevention Partners, Janet Nudelman seperti dilansir dari Reader's Digest.

Lipstik Tertua di Dunia Berusia 3.700 Tahun Ditemukan di Iran

Dipaparkan peneliti, bahan kimia ini bisa memicu gangguan pada fungsi otak. Hal ini tentu berbahaya bagi anak-anak di usia muda yang menggunakan dan terpapar lipstik, karena otaknya masih dalam proses berkembang.

Walau hanya dalam jumlah kecil, kandungan bahan kimia tersebut bisa memicu bahaya seperti peningkatan tekanan darah dan anemia. Bahayanya lagi, paparan yang sudah berlebihan, bisa menyebabkan kerusakan pada otak, ginjal, dan organ lainnya hingga mengancam jiwa.

Intip Tren Warna Lipstik 2024, Ini yang Bakal Booming

"Anda bisa menghindari hal itu dengan melihat kandungan di dalam lipstik atau produk kecantikan lain. Dengan lebih jeli melihat kandungan di dalam produk favorit, bisa menjaga kesehatan Anda," ujar Nudelman.

Ivan Gunawan

Trik Simpel Ivan Gunawan, Agar Silaturahmi Lebaran Bisa Tetap Glowing

Menjalani tradisi silaturahmi Lebaran, kita akan berhadapan dengan banyak orang. Maka, tak sedikit yang memikirkan penampilan agar terlihat baik. Pun, bagi Ivan Gunawan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024