Wanita, Lakukan 4 Hal Ini Usai Berhubungan Seks

Ilustrasi bercinta.
Sumber :

VIVA – Berbagai hal yang harus dilakukan setelah melakukan hubungan seks, salah satunya adalah berkemih. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari infeksi saluran kemih, begitu saran dari dokter obgyn.

Suka Pake Viagra Biar Genjreng di Ranjang? Hati-hati, Bisa Mengancam Jiwa

Namun, bukan hanya itu saja yang perlu diperhatikan, ada salah satu hal yang mungkin terlupa dan mungkin tidak pernah Anda lakukan. Padahal, itu sangat penting, terutama untuk membuat organ vital tetap sehat dan terjaga. 

Beberapa hal yang perlu dilakukan setelah bercinta yang disarankan oleh asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Keck School of Medicine University of Southern California,  Sara Twogood, MD.

Ustaz Khalid Basalamah Ungkap Posisi Istri Usai Berhubungan Seks Agar Cepat Mendapatkan Keturunan

Berikut ini, empat hal yang perlu diperhatikan setelah bercinta, seperti dilansir dari health.com:

1. Pergi ke toilet

Waktu yang Pas Berhubungan Seks di Bulan Ramadhan dan Aturan Mandi Junub Agar Puasa Tetap Sah

Dr Twogood mengungkapkan, walaupun kandung kemih Anda tidak penuh, cobalah untuk tetap membuang air kecil - aliran air kencing Anda akan membantu mengeluarkan bakteri dari uretra, saluran pendek yang membawa keluar urin dari tubuh Anda. Infeksi saluran kemih terjadi, ketika bakteri yang biasanya hidup di vagina atau usus besar secara tidak sengaja masuk ke uretra selama aktivitas seksual.

2. Keringkan vagina menggunakan handuk

Menurut Twogood, seks memang seharusnya basah dan cairan vagina bisa membuat alat wanita Anda sedikit basah. Anda bisa mengambil handuk atau tisu toilet untuk mengurangi kelembaban di area organ intim. Bakteri dan jamur berkembang dalam kondisi lembab, dan tidak mengeringkan dapat meningkatkan peluang mengembangkan infeksi jamur.

Keringkanlah area vagina dengan lembut, dan basuh vagina menggunakan air biasa dan sabun yang tidak memiliki wangi dan keringkan secara menyeluruh.

3. Tidak menggunakan celana dalam

Jika tidak ingin tidur telanjang, gunakan baju tidur yang longgar. Dan yang perlu diketahui adalah jangan menggunakan celana dalam hingga pagi hari. Ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya infeksi.  

"Jangan memakai celana dalam, hal ini dimaksudkan untuk membantu udara keluar dari organ intim dan membantu vagina bernapas sekaligus mengurangi risiko infeksi jamur atau kondisi gatal lain," kata Twogood memperingatkan.

4. Perhatikan kondisi alat vital

Anda pun harus memperhatikan sesuatu yang aneh pada area vagina Anda setelah berhubungan seks. Ketidaknyamanan itu bisa seperti gatal, nyeri, atau perdarahan. Jika ini terjadi ada baiknya langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya