Cara Mudah Sembuhkan Sakit Tanpa Perlu Minum Obat

Teknik akupresur
Sumber :
  • VIVA/Adinda Permatasari

VIVA – Penyakit ringan seperti batuk atau sakit kepala ternyata bisa diredakan dengan langkah sederhana tanpa perlu mengonsumsi obat. Yakni, dengan menggabungkan teknik akupresur dengan tanaman obat keluarga (toga).

Mpok Atiek Kena Tumor Jinak di Usus: Awalnya Cuma Perut Sakit, BAB Susah

Praktik menyembuhkan penyakit dengan cara seperti ini sudah dilakukan oleh kelompok binaan Asuhan Mandiri (Asman) Rosella di Kelurahan Koto Tengah, Payakumbuh, Sumatera Utara. Kelompok yang terdiri dari para ibu itu mendapatkan pelatihan dari Dinas Kesehatan setempat cara melakukan akupresur, serta menanam tanaman obat.

"Tergantung dengan sakitnya, bisa hanya kita beri akupresur saja, atau kita anjurkan untuk minum ramuan tanaman obat. Misalnya ada keluhan demam atau batuk, kita sarankan minum obat daun jinten tujuh lembar yang diseduh air panas," jelas Tuti Sumarni, Ketua Asman Rosella, kepada VIVA di tempat praktik Asman Rosella, Payakumbuh, Sumatera Barat.

Kapolres Blitar Sebut Gus Samsudin Tak Kantongi Izin Praktik Pengobatan Alternatif

Meski para anggota dari Asman Rosella merupakan ibu-ibu rumah tangga, namun jangan meragukan kemampuan mereka dalam memberikan pengobatan alternatif ini. Sebab, kelompok yang terbentuk dari 2017 tersebut sudah mendapatkan pelatihan intensif dari para petugas di Dinas Kesehatan Payakumbuh.

Perampok dengan Modus Pengobatan Alternatif Ditangkap Polisi di Tasikmalaya

Fadli Ahmadi, dari pengelola program kesehatan Puskesmas Arik Lantang, mengatakan, pelatihan ke tingkat rumah ini dilakukan secara terus-menerus. Setiap tahunnya, para peserta yang mendapatkan pelatihan pun akan mendapatkan penilaian.

Melakukan pengobatan di Asman Rosella pun tidak ditetapkan tarif tertentu. Pasien yang datang berobat dipersilakan memberikan uang sekadarnya kepada petugas yang merawat. Bahkan, masyarakat juga diperbolehkan mengambil tanaman obat apapun tanpa perlu membayar.

Mpok Atiek

Idap Tumor Jinak, Cerita Haru Mpok Atiek Kenang Kedua Orangtua Meninggal karena Kanker

Mpok Atiek saat ini tengah mengidap tumor jinak di usus. Saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Mpok Atiek kembali angkat bicara memberi penjelasan.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2024