Mpok Atiek Kena Tumor Jinak di Usus: Awalnya Cuma Perut Sakit, BAB Susah

Mpok Atiek.
Sumber :
  • Instagram @mpok.atiek

JAKARTA – Komedian senior Mpok Atiek, saat ini tengah mengidap sakit tumor jinak di usus. Informasi itu disampaikan langsung oleh Mpok Atiek saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

Tetap Kompak, Momen Eko dan Akri Jenguk Parto, Minta Penggemar Jangan Khawatir Hal Ini

Mpok Atiek mengungkap awalnya ia merasakan sakit perut terus-menerus. Ia juga susah buang air besar (BAB). Sampai akhirnya, aktris kelahiran Cirebon itu memeriksakan kondisinya ke dokter ahli penyakit dalam dan didiagnosis menderita tumor jinak. Scroll untuk info lengkapnya.

"Iya betul (ada tumor jinak di usus). Gejala awalnya cuma perut sakit terus-menerus, kayak kembung, kayak begah, kayak sembelit begitu, terus BAB-nya kan susah, 3 hari 4 hari baru BAB. Setelah dikasih pelumas maaf dari anus baru bisa keluar," kata Mpok Atiek Rabu, 10 Januari 2024.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Mpok Atiek.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi.

"Singkat cerita terus berobat ke dokter internis, dari dokter internis dirujuk ke gastro khusus lambung, singkat cerita harus diendoskopi sama dikolonoskopi hasilnya banyak polip di dalam usus. Terus kalau yang kecil-kecil itu udah dibuang sisa ada satu yang besar dan sudah berakar di usus itu. Jadi tidak bisa diambil maaf lewat anus, jadi harus lewat perut," tambahnya. 

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Hingga saat ini, Mpok Atiek mengaku belum berani untuk menjalani operasi tumor. Maka dari itu, wanita 67 tahun tersebut memilih untuk menjalani pengobatan alternatif.

"Sebetulnya harus dioperasi lewat perut tapi kan udah diendoskopi kan jinak gitu, nah terus kalau untuk dioperasi belum punya keberanian, Mpok berobat di alternatif di Ciawi," ungkapnya.

"Ya kan Mpok punya hak. Kalau Mpok gak mau dokter gak bisa maksa. Jadi begitu ketauan disarankan cepat diangkat sebelum menjadi kanker gitu. Tapi Mpok belum punya keberanian. Ini udah berjalan dari Juni sampai sekarang ini Januari sudah 7 bulanan lah," tambahnya. 

Setelah menjalani pengobatan alternatif, Mpok Atiek bersyukur kondisinya kini sudah semakin membaik. Ia sudah tidak merasakan sakit dan BAB pun lancar. 

"Alhamdulillah hasilnya yang Mpok rasain udah gak rasain sakit, terus BAB-nya udah lancar," kata Mpok Atiek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya