3 Makanan Penting Dikonsumsi Pria untuk Sehatkan Sperma

Ilustrasi pria/laki-laki.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Kesehatan reproduksi khususnya pada sperma yang sehat, menjadi bagian penting dalam kehidupan kaum pria. Secara ilmiah, sperma sebagai agen reproduksi yang berperan besar bagi hidup manusia.

Seks di Pagi Hari Lebih Mudahkan Pasangan dapatkan Keturunan?

Untuk itu, kesehatan sperma harus selalu diperhatikan. Dikutip dari The HealthSite, konsultan psikiater dan seksologi, dr. Sanjay Kumawat mengatakan, ada tiga makanan penting untuk dikonsumsi pria untuk menyehatkan sperma miliknya.

1. Bayam

Pria Ini Punya 180 Anak dari Donor Sperma tapi Kok Masih Single?

Sayuran hijau seperti bayam sangat kaya akan asam folat. Kadar asam folat rendah bisa memicu kecacatan bentuk sperma seperti sperma dengan dua kepala atau dua ekor. Sperma yang kurang sehat juga meningkatkan risiko kelainan kromosom.

Sperma yang kurang sehat akan sulit mencapai sel telur. Jika sampai, tidak akan bisa menyuburkannya. Bahkan, jika berhasil membuahi sel telur, kemungkinan cacat lahir cukup tinggi.

Mantan Suami Jadi Pendonor Sperma, Pasangan Lesbian Ini Melahirkan Seorang Anak

2. Asparagus

Sayuran hijau sangat kaya akan vitamin C. Asparagus juga mampu menjadi sumber makanan yang meningkatkan produksi jumlah sperma. Vitamin C menjaga sel sperma dari efek merusak dari radikal bebas sehingga membuat penyimpanan sperma menjadi tetap banyak.

3. Biji labu

Biji labu mengandung phytosterols yang mampu meningkatkan produksi hormon testosteron dan menurunkan proses pembesaran ukuran prostat. Kedua faktor tersebut dapat meningkatkan jumlah dan volume sperma. Biji labu juga memiliki kandungan penting, yaitu asam lemak esensial yang bisa meningkatkan aliran darah menuju organ reproduksi pria.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya