Mitos dan Fakta Pemanis Buatan, Benarkah Baik untuk Diet?

Ilustrasi pemanis buatan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pemanis buatan adalah bahan kimia yang dibuat untuk menggantikan gula sebagai pemanis pada makanan atau minuman. Biasanya pemanis buatan ini bersifat rendah kalori.

5 Jenis Minuman yang Menghambat Penurunan Berat Badan

Tapi, tak semua pemanis rendah kalori adalah pemanis buatan, karena ada beberapa jenis yang komposisinya dari bahan alami. Oleh karena itu, istilah yang lebih tepat digunakan adalah pemanis rendah kalori.

Faktanya, pemanis rendah kalori ternyata memiliki rasa manis yang lebih kuat ketimbang gula biasa. Meski begitu, produk pengganti gula ini tetap mempunyai nilai kalori yang lebih rendah daripada gula.

Makanan Manis Gak Baik Buat Kesehatan, Begini Tips Berhenti Kecanduan Gula dari Zaidul Akbar

Banyak makanan, minuman dan produk diet saat ini menggunakan pemanis buatan. Bahan pengganti gula ini diketahui aman bagi pelaku diet gula, baik yang berniat menurunkan berat badan, maupun penderita diabetes.

Dengan adanya pemanis buatan rendah kalori ini, diet terasa menyenangkan, karena tetap dapat mengonsumsi makanan dan minuman manis.

Gula Jagung Lebih Aman dibanding Gula Putih?

Benarkah demikian? Adakah efek samping pemanis buatan jika sering dikonsumsi? Seberapa efektif pemanis buatan untuk membantu menurunkan berat badan?

Mari kita kupas di acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, hari ini Selasa, 17 Juli 2018, pukul 13.00 WIB, bersama ahli gizi Dr med. dr. Maya Surjadjaja, MS, Sp,GK. Jangan lupa saksikan, ya.

Anda juga bisa mengikuti secara streaming di laman VIVA.co.id kanal VLIX, atau klik link ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya