Gerakan Yoga Ini Ampuh Minimalisir Nyeri Punggung

Olahraga Yoga untuk meringankan nyeri punggung
Sumber :
  • Viva.co.id/Diza Liane

VIVA – Olahraga yoga dipercaya mampu membantu memperkuat organ-organ di tubuh. Bahkan, beberapa gerakan tertentu dalam yoga, bisa meredakan rasa nyeri pada tubuh bagian belakang.

Bukan Pegal Biasa, Nyeri Punggung Bisa Jadi Pertanda Penyakit yang Lebih Serius

Pengalaman instruktur yoga sekaligus mantan atlet gymnastik, Rida Setiani, harus mengalami cedera dan menyebabkan nyeri di area belakang tubuh mulai dari leher hingga mendekati bokong. Itu mengharuskan ia menjalani terapi, salah satunya dengan yoga.

"Dokter menganjurkan yoga untuk terapi back pain. Disarankan tiga kali dalam seminggu, minimal yoga dilakukan untuk membuat nyeri berkurang," ujar Rida, kepada VIVA, dalam temu media pil KB Andalan FE, di Bandung, Rabu 25 Juli 2018.

Ibu Hamil Rentan Alami Nyeri Punggung, Amankah Pakai Korset?

Gerakan yoga yang ringan namun paling ampuh meredakan nyeri tubuh bagian belakang yaitu paschimotanasana. Posisinya dengan tubuh duduk dan kaki dibiarkan lurus ke depan. Sambil perlahan tubuh menunduk hingga mencium lutut.

Olahraga Yoga untuk meringankan nyeri punggung

3 Gerakan Yoga dan Latihan Pernapasan untuk Bersihkan Diri dari Polusi

"Gerakan ini melatih fleksibilitas pada betis, lutut, dan telapak kaki. Biarkan perut menempel dengan paha bagian depan. Usai melakukan ini, nyeri punggung bisa langsung berkurang," kata dia.

Namun, gerakan ini harus dilakukan dengan teknik yang tepat. Dimulai dengan menarik nafas dalam saat sedang duduk tegap, lalu nafas dibuang perlahan saat tubuh mulai menunduk. Ulangi hingga tiga kali untuk kemudian tubuh dibiarkan merunduk selama 10 detik.

"Setelah tiga kali tarik dan buang nafas, saat tubuh menunduk ke bawah, ditahan sampai 10 detik atau bisa lebih lama jika nyaman."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya