Doyan Konsumsi Oncom Bisa Picu Kanker, Benarkah?

Tutug oncom (lustrasi)
Sumber :
  • Cookpad/Wulan Arkadia

VIVA – Oncom adalah asalah satu olahan kacang ampas yang banyak disukai. Dibuat dari hasil fermentasi bungkil kacang tanah yang mirip seperti proses pembuatan tempe yang terbuat dari kacang kedelai. 

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Namun yang membedakanya dengan tempe, oncom dapat diolah menjadi makanan sesudah kapang menghasilkan spora, sedangkan tempe siap digunakan pada saat kapang belum menghasilkan spora. 

Oncom biasa diolah dengan ditumis, sambal, pepes, perkedel, keripik, maupun olahan lainnya. Namun, bagi sebagian orang oncom dianggap tidak baik karena proses pembuatannya yang tak higienis, selain itu oncom juga dikenal sebagai makanan ampas yang tak memiliki kandungan gizi. Yang paling menakutkan, belakangan timbul anggapan dari masyarakat bahwa terlalu sering konsumsi oncom bisa memicu kanker. Benarkah demikian?

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Spesialis gizi klinis dr Ida Gunawan,M.S, SpGK(K) akan menjelaskannya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT (AHS) di tvOne, Kamis, 23 Agustus 2018.

Dipandu host dr Sheila Salsabila, BMedSc dan Indra Bekti, AHS juga akan tayang live streamingnya pukul 13.00-14.00 di laman ini.

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks
Sakit perut

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Penyakit radang usus adalah istilah yang mengacu pada penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, dua kondisi peradangan yang menyerang 1,6 juta orang Amerika.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024