Minum Obat Sebaiknya dengan Air Putih Hangat atau Dingin?

Minum air putih.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Konsumsi air putih sangat penting bagi tubuh. Air putih juga seringkali direkomendasikan sebagai pendamping minum obat terbaik dibandingkan dengan jenis minuman lain.

Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Putih yang Sering Diabaikan

Hal tersebut disebabkan karena air putih tidak menghambat metabolisme obat atau mengganggu penyerapan obat dalam tubuh.

Berbeda dengan minuman lain seperti minuman ringan atau minuman soda, kopi atau teh, alkohol  yang sering menyebabkan beberapa interaksi obat atau alergi dalam beberapa kasus yang terjadi pada pasien. 

Ngeri! Gegara Ogah Minum Air Putih dan Doyan Boba, Wanita Ini Jalani Operasi Angkat 300 Batu Ginjal

Meski demikian, banyak masyarakat yang masih bertanya konsumsi obat lebih baik dengan air putih hangat atau dingin?

Dilansir laman HealthSite, Koordinator Pemeriksaan Kesehatan Preventif,  Fortis Hospital Mohali mengatakan, ternyata suhu yang tepat pada air sangat penting ketika mengonsumsi obat-obatan.  

Ungkap Rahasia Awet Muda, Agnez Mo: Minum Air Putih dan Jangan Julid

Air pada dasarnya bertindak sebagai media transportasi untuk obat-obatan.  Ini mencegah tersedak dan juga meningkatkan penyerapan obat-obatan di lambung dan usus.

Menurutnya, air idealnya harus berada pada suhu kamar. Dalam kasus infeksi batuk dan tenggorokan, disarankan untuk mengambil obat dengan air hangat. Suhu air menenangkan tenggorokan dan bahkan mempercepat proses pelarutan. 

Bahkan, infeksi tenggorokan dan obat-obatan dingin tidak bereaksi negatif terhadap suhu air. Juga, teknik menelan pil yang tepat adalah minum beberapa teguk air sebelum meminum obat sehingga tenggorokan Anda tidak terlalu kering dan tablet dapat tertelan dengan mudah.

Hindari mengonsumsi kapsul dengan air panas karena menyebabkan lapisan kapsul mencair di mulut atau pada tahap awal. Kapsul harus selalu diminum dengan air pada suhu kamar. Namun, jika mengonsumsi parasetamol dan menderita pilek atau demam, memilih air hangat bisa menjadi hal yang tepat. 

Ini karena karena parasetamol larut lebih cepat dalam air panas dan karenanya dapat diserap pada tingkat yang lebih cepat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya