5 Program Diet Terbaik yang Bakal Populer di 2019

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA – Momen awal tahun merupakan waktu yang tepat untuk memulai sebuah kebiasaan yang baru. Salah satunya dengan mengubah pola diet yang bisa membuat tubuh lebih sehat.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Namun, memilih diet yang tepat sendiri bukanlah hal yang mudah. Diet yang berhasil untuk seseorang belum tentu akan cocok untuk yang lainnya. Nah, bagi yang masih bingung untuk memilih diet yang tepat, berikut ini lima diet terbaik yang akan populer sepanjang 2019 dan bisa jadi acuan untuk Anda seperti dilansir laman The Sun.

1. Diet Mediterania

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Dua tahun berturut-turut, diet kaya minyak zaitun ini berada di urutan teratas berkat ketergantungannya yang besar pada sayuran segar, biji-bijian dan lemak sehat.

Dengan komposisi yang rendah gula rafinasi, daging merah dan makanan olahan membuat diet ini dinilai mampu menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi. Selain itu, diet ini juga dapat meningkatkan fungsi ginjal dan kesehatan usus.

Mau Diet Defisit Kalori saat Lagi Puasa? Begini Caranya

2. DASH Diet

Diet yang satu ini bukanlah diet yang tepat untuk mereka yang terburu-buru. DASH sendiri adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Diet ini dirancang khusus untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Aturan untuk diet ini ialah dengan mengurangi asupan garam dan mengisinya dengan makanan yang penuh dengan mineral, ramah jantung seperti kalsium, kalium dan magnesium. Selain itu, diet ini juga membatasi konsumsi daging merah, gula dan lemak.

3. Flexitarian Diet

Bagi yang kesulitan untuk membatasi konsumsi daging sepenuhnya, diet ini yang paling tepat. Kalian cukup membatasinya hanya dengan memakannya sekali atau dua kali seminggu. Hal ini secara signifikan mengurangi jumlah daging yang dimakan, dan terbukti efektif dalam memerangi penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker.

Selain itu, flexitarian juga dapat mengurangi kemungkinan terkena diabetes sebesar 28 persen hanya dengan mengurangi jumlah asupan daging.

4. MIND diet

Bagi yang belum tahu, MIND adalah kependekan dari Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay. Ini sebuah diet yang menggabungkan diet Mediterranian dan DASH dengan harapan meningkatkan kesehatan otak. Mereka yang menjalani diet ini harus makan setidaknya tiga porsi biji-bijian utuh, salad, sayuran, dan segelas anggur.

5. WW

WW sendiri ialah singkatan dari Weight Watchers. Beberapa menyebutnya sebagai salah satu diet untuk menurunkan berat badan terbaik. Dalam diet ini mereka diminta menilai makanan berdasarkan kalori, gula, lemak jenuh dan kandungan proteinnya.

Untuk makanan tersehat memiliki nol poin, yang artinya Anda bisa makan sebanyak yang Anda suka. Setiap harinya akan ada total poin harian yang dicatat dalam buku harian makan Anda. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya