Ketumbar Ampuh Jaga Stamina Pria, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi Ketumbar
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA – Ketumbar merupakan salah satu rempah yang sering digunakan dalam masakan. Selain bermanfaat sebagai bumbu masakan, ketumbar juga dikenal baik bagi kesehatan.

Tak Biasa, Rose BLACKPINK Suka Rasa Es Krim Unik Ini

Salah satu khasiat ketumbar yang sering diyakini masyarakat, yaitu dapat meningkatkan produksi sperma pada pria jika dikonsumsi secara rutin. Tapi hal tersebut cuma terbukti pada hewan saja dan belum teruji coba pada manusia.

"Pada hewan tikus yang diberikan ekstrak ketumbar, terbukti memang pergerakan sperma dan daya tahan sperma lebih baik. Kalau memang ingin dikonsumsi agar dapat efek ini, pria boleh saja mengonsumsi ketumbar sebagai bumbu masakan tapi tidak berlebihan," ujar spesialis farmakologi klinis, dr Lonah, SpFK dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin 7 Januari 2019.

Pria Cuma Sanggup 5 Menit? Ini 6 Trik Makin Perkasa di Atas Ranjang

Selain itu, ketumbar juga disebut-sebut ampuh meningkatkan stamina tubuh. Di dalam kandungan ketumbar sendiri, terdapat efek antioksidan yang dapat melawan stres oksidatif.

"Memang antioksidannya bagus untuk jaga stamina, tapi belum terbukti secara ilmiah. Boleh saja dikonsumsi jika ingin tingkatkan stamina, asal jangan berlebihan," paparnya.

5 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Turunkan Gula Darah

Lonah juga tidak menganjurkan mengonsumsi ketumbar berlebih atau dijadikan sebagai obat pada ibu hamil dan balita. Sebab, keamanannya belum terbukti dan teruji pada tubuh manusia.

"Jika berharap konsumsi ketumbar bisa memberi manfaat kesehatan seperti untuk hipertensi atau diabetes, boleh saja sebagai terapi tambahan. Untuk ibu hamil, memang tidak dianjurkan karena belum terbukti aman sebagai obat, namun untuk bumbu masakan boleh saja," kata dia. (ldp)

Ilustrasi herbal.

4 Bahan Herbal Terbaik Lancarkan Aliran Darah, Cegah Stroke dan Penyakit Jantung

Berikut ini adalah 4 tanaman herbal yang dipercaya bisa memperlancar aliran darah dan mencegah penyakit stroke dan jantung.

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023