Konsumsi Jamur Bisa Kurangi Risiko Alzheimer

Ilustrasi jamur.
Sumber :
  • Pixabay/Engin_Akyurt

VIVA – Jamur tidak hanya jadi pelengkap masakan. Jamur terkadang juga disajikan sebagai hidangan utama. Tak jarang pula, jamur dijadikan sebagai camilan praktis seperti jamur crispy. Namun siapa sangka, selain memiliki rasa yang enak, ternyata jamur juga memiliki manfaat baik bagi tubuh. 

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Penelitian terbaru mengatakan bahwa makan jamur berdampak besar terhadap seseorang yang memiliki risiko gangguan kognitif. Studi ini dilakukan oleh The National University of Singapore pada sekelompok warga senior dan hasilnya cukup menarik. 

Para manula yang makan jamur dua kali setiap minggu memiliki peluang mengalami penurunan gangguan kognitif ringan sebesar 50 persen. Ini diketahui bukan penelitian pertama yang melihat manfaat kesehatan dari jamur. Dua tahun lalu, tim peneliti lain menemukan bahwa jamur sangat kaya akan dua jenis antioksidan, dengan efek anti-penuaan.

Cara Efektif Hilangkan Ketombe Menurut Dokter, Kenali Dulu Penyebabnya

Lalu berapa idealnya makan jamur untuk mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh? 

Dari penelitian yang dilakukan di Singapura, lansia yang makan dua porsi jamur selama seminggu diketahui, setengahnya cenderung memiliki gangguan kognitif ringan atau MCI dibandingkan lansia yang makan jamur kurang dari sekali seminggu. Satu porsi jamur berarti tiga perempat cangkir jamur yang dimasak, atau sekitar 150 gram. 

5 Makanan Ini Jangan Dipanaskan Ulang Saat Sahur, Ahli Gizi Sebut Bisa Jadi Racun

Asosiasi Alzheimer menggambarkan MCI sebagai penurunan kemampuan kognitif yang ringan namun nyata dan terukur, termasuk memori dan keterampilan berpikir. Orang yang memilikinya memiliki risiko lebih tinggi terkena demensia atau Alzheimer. (ldp)

Ilustrasi buah dan sayur.

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi paling penting untuk tubuh. Protein bermanfaat untuk pembentukan otot, meningkatkan kekebalan tubuh hingga produksi kolagen.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024